Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres Live Streaming SCTV & Link Siaran Langsung Liga Champions Ajax vs Liverpool, Prediksi Pemain!

Jokowi: Tantangan Kejahatan yang Dihadapi Polisi Sangat Berat

- Apahabar.com Selasa, 14 Juli 2020 - 11:09 WIB

Jokowi: Tantangan Kejahatan yang Dihadapi Polisi Sangat Berat

Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka Jakarta pada Senin (13/7). Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut tantangan kejahatan yang dihadapi perwira kepolisian ke depan sangat berat karena sudah menggunakan teknologi sangat canggih ditambah dengan kejahatan siber lintas negara.

“Tantangan kejahatan yang dihadapi perwira kepolisian sangat berat, kejahatan yang menggunakan teknologi sangat canggih dan kejahatan siber lintas negara memerlukan kemampuan antisipasi dan mitigasi yang lebih baik,” kata Presiden Jokowi yang hadir secara virtual dalam acara Prasetya Perwira (PRASPA) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia Tahun 2020 dari Istana Negara, Selasa (14/7).

Oleh karena itu, ia meminta para perwira TNI dan kepolisian untuk terus mengikuti dan mengejar perkembangan zaman.

Selain itu, mereka diminta Jokowi untuk harus menjadi bagian dari kualitas SDM Indonesia yang hebat yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Yang lincah dan inovatif dalam menghadapi perubahan dengan karakter kebangsaan penjaga NKRI dan penjaga Pancasila yang sejati,” katanya.

Kepala Negara mengaku bangga bisa melantik para perwira remaja tersebut yang diharapkan menjadi calon pemimpin Indonesia ke depan.

Meskipun pelantikan pada tahun ini dilakukan secara berbeda karena adanya pandemi Covid-19.

“Kita tidak melakukan upacara secara tatap muka di halaman Istana tetapi kali ini kita lakukan secara virtual hanya penerima Adhi Makayasa dan orang tuanya yang hadir secara fisik di Istana secara virtual mewakili semuanya. Kita harus mengambil makna dari pandemi Covid-19 saat ini yang melanda 215 negara di dunia,” kata Kepala Negara.

5 perwakilan tersebut merupakan penerima Adhi Makayasa dan perwakilan dari masing-masing matra TNI dan Polri. Para penerima Adhi Makayasa tersebut adalah Ivan Pradipta (Akpol), Angga Andika Yudha (Akmil), Juanda Siregar (AAU), dan Rizqy Zaeland Djuhaeri (AAL).

Pelaksanaan acara ini digelar berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 55 Tahun 2020 dan Nomor 56 Tahun 2020 tentang Pengangkatan Taruna dan Taruni Akademi TNI dan Kepolisian menjadi perwira Tentara Nasional dan Perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Presiden RI, menimbang dan seterusnya, mengingat dan seterusnya, memutuskan, menetapkan dan seterusnya, kesatu, mengangkat taruna dan taruni lulusan Akademi Militer, Akademi Angkatan Laut, Akademi Angkatan Udara dan Akademi Kepolisian menjadi perwira TNI AD, Perwira TNI AL, Perwira TNI AU dan Perwira Kepolisian Negara Republik Indonesia,” ujar kutipan yang dimuat dalam Keppres.

Setelah pembacaan Keppres, Jokowi memimpin pengambilan sumpah para perwira remaja.

“Bahwa saya akan memenuhi kewajiban perwira dengan sebaik-baiknya terhadap bangsa Indonesia dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945. Khusus perwira TNI, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi sumpah prajurit dan sapta marga. Khusus perwira Polri, bahwa saya akan menegakkan harkat dan martabat perwira serta menjunjung tinggi tri bratha dan catur prasetia,” ujar Jokowi membacakan sumpah yang diikuti para perwira remaja.

Acara ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti memakai masker, menjaga jarak, hingga membatasi jumlah peserta yang berada di lokasi.

Pengambilan sumpah ini menjadi bagian pelantikan perwira remaja yang dilakukan setiap tahun.(Ant/Kpr)

Editor: Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Lewat Telepon, Jokowi Ucapkan Selamat Iduladha ke Erdogan
apahabar.com

Nasional

Sepekan Penerapan PSBB di Jakarta, Kasus Harian Covid-19 di Atas 1.000
apahabar.com

Nasional

Positif Covid-19 di Jakarta Kembali Tertinggi
Jumlah Pasien Sembuh dari Covid-19 di Yogyakarta Terus Bertambah

Nasional

Jumlah Pasien Sembuh dari Covid-19 di Yogyakarta Terus Bertambah
apahabar.com

Nasional

Jokowi Izin Pindah Ibu Kota ke Kalimantan, Intip Respon Paman Birin
apahabar.com

Nasional

Ngawur, Anggota DPR RI Usul Ekspor Ganja
apahabar.com

Nasional

Kisah Pilu Ibu Muda, Ditinggal Suami Karena Bayinya Cacat
apahabar.com

Nasional

Dokter di Pedalaman Amazon Positif Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com