Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Kalsel Incar 10 Ribu Orang Jalani Test Swab, Tunggu Jadwalnya

- Apahabar.com Senin, 27 Juli 2020 - 20:08 WIB

Kalsel Incar 10 Ribu Orang Jalani Test Swab, Tunggu Jadwalnya

Ilustrasi alat swab test. Foto-merdeka.com

apahabar.com, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan segera melaksanakan 10 ribu test swab pada Agustus mendatang.

“Tadi pagi kami rapat menyusun juknisnya, direncanankan atau kita targetkan mudah mudahan bisa dilaksanakan di pertengahan Agustus,” ujar Plt Wakil Ketua Harian GTPP Covid-19 Kalsel, Roy Rizali Anwar dalam konferensi persnya di BPBD Kalsel, Senin (27/7) sore.

Juknis sendiri, katanya, ditargetkan selesai dalam tiga hari kedepan.

Untuk saat ini tim gugus tugas sedang menyusun identifikasi sasaran mulai kontak erat, suspect, probable dan terkonfirmasi positif. Begitu pula dengan hari pelaksanaannya yang diperkirakan minimal tiga hari dan kuota tes swab per kabupaten/kota.

“Sasarannya seperti di institusi, masyarakat dan lainnya, target kita mencari sebanyak banyaknya, kalau bisa jangan sampai terlewatkan. Harapan kita semua yang positif bisa di swab tidak ada yang terlewat,” ungkap Roy.

Selain itu, Roy juga tengah menyusun lokasi pengambilan sampel swab, gambarannya ada yang di puskesmas, rumah sakit, kemudian tempat lainnya dengan memastikan tidak mengakibatkan permasalahan baru.

Setelah memastikan kesiapan tes massal itu, gugus tugas juga akan memperhitungkan kapasitas alat tes polymerase chain reaction atau PCR.

“Kita pastikan kapasitas PCR kita, jangan cuma ambil sampel banyak tapi hasilnya menunggi berhari hari. Kita sedang menghitung fasilitas real alat PCR kita di Kalsel, minimal 3 hari setelah pengambilan sampel itu keluar hasilnya,” hendak Roy.

Untuk diketahui, alat PCR yang dimiliki Kalsel saat ini berkapasitas 1200 sampel, namun dalam melancarkan kegiatan tes swab massal, maka akan dimaksimalkan hingga kapasitas 2000 sampel.

“Kita akan hitung realnya berapa kapasitas kita. Harapan kita kabupaten/kota membantu termasuk tenaga sdm dan rumah karantina,” jelasnya.

Kemudian, lanjut Roy, jika ditemukan hasil positif, akan ada treatment yang dilakukan yakni diisolasi atau dikarantina.

“Untuk rumah karantina ada yang disiapkan kabupaten atau kota, selain karantina yang disiapkan pemprov Kalsel. Kita berharap kita memperoleh titik klimaks atau puncak dari tes massal ini,” terangnya.

Meski begitu, Roy menegaskan tim gugus tugas Kalsel tidak mengejar kuantitas tetapi kualitas.

Sedangkan, untuk stok logistik kata Roy tak perlu dikhawatirkan, pasalnya BNPB siap mendukung full untuk itu.

“Jangan kuatir swab, lebih kuatir apabila yang positif ini kita tidak dapat dan menyebarkan ke mereka yang rentan, kita tidak ingin itu terjadi. Mudah-mudahan Kalsel bisa mengendalikan Corona virus,” pungkasnya.

apahabar.com

Plt Wakil Ketua Harian GTPP Covid-19 Kalsel, Roy Rizali Anwar (tengah) saat menggelar konferensi pers di BPBD Kalsel, Senin (27/7) sore. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Nurul Mufidah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kalsel Ada Hujan Ringan Siang Ini, BMKG: Tetap Waspada Kilat dan Angin Kencang
apahabar.com

Kalsel

HST Tambah 5 Positif Covid-19, 1 PDP Sembuh
apahabar.com

Kalsel

PDP di Kalsel Naik, RSUD Ulin Tambah Ruang Isolasi
Rehabilitasi

Kalsel

Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan di Kalsel Berpotensi Tingkatkan Perekonomian
apahabar.com

Kalsel

Hari Ini, Tanah Bumbu hingga Barito Kuala Bakal Diguyur Hujan Disertai Petir
apahabar.com

Kalsel

Peduli Imbas Covid-19, Duta Wisata Tanah Bumbu Salurkan Bantuan untuk Warga  
apahabar.com

Kalsel

Geger Peti Mayat di Sekumpul, Polisi Turun Tangan
apahabar.com

Kalsel

Puluhan Kasus Positif Covid-19 di Kalsel Masih Didominasi Hasil Tracking
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com