Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki Benny Wenda Deklarasi Papua Merdeka, Pemerintah RI Jangan Diam!

Kalsel Usulkan Bantuan Modal Kerja Kreatif untuk 6 Ribu UMKM

- Apahabar.com Kamis, 23 Juli 2020 - 14:21 WIB

Kalsel Usulkan Bantuan Modal Kerja Kreatif untuk 6 Ribu UMKM

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor. Foto-apahabar.com/Musnita Sari

apahabar.com, BANJARBARU – Dalam rangka pemulihan ekonomi, Presiden Joko Widodo menyalurkan bantuan modal kerja kreatif untuk 12,4 juta pelaku usaha dalam hal ini koperasi dan UMKM (usaha mikro kecil menengah).

“Saya sudah perintahkan, cepat berikan relaksasi dan restorasi pada UMKM dan Koperasi agar tidak kena imbas dari pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat,” ucap Presiden Jokowi saat melakukan video conference bersama Gubernur Kalimantan Selatan, Kamis (23/7) siang.

Pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 1 triliun yang nantinya akan dibagikan masing-masing Rp 2,4 juta kepada pelaku usaha kreatif. Dari total 1.700 koperasi yang aktif, Kalsel mengusulkan sebanyak 6 ribu pelaku UMKM dalam program tersebut.

“Memang sudah ada beberapa yang menyampaikan permohonan dan pengajuan proposal. Sekarang dalam proses, semoga cepat dan bisa terealisasi kepada mereka,” ucap Kepala Dinas UMKM Kalsel, Gustafa Yandi di kantor Gubernur.

Pandemi Covid-19 membuat perekonomian terdampak cukup parah, namun seiring waktu kegiatan di sektor ini mulai bangkit. Bantuan modal ini, kata Yandi, dapat menjadi kekuatan bagi pelaku usaha kreatif untuk dapat menggerakkan perekonomian kembali.

“Kami sudah sosialisasikan, karena ini sangat ringan sekali. Bunganya turun 3 persen. Jadi harapan kita bisa dimanfaatkan oleh koperasi dan UMKM,” lanjut dia

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Kalsel menyambut baik program pemerintah dalam menyalurkan bantuan untuk menggerakkan perekonomian di daerah. Dia mendukung penuh percepatan agar ekonomi dapat pulih dan bergerak maju kembali.

”Bapak Presiden telah mengarahkan agar kebijakan-kebijakan yang bisa menggerakkan ekonomi koperasi dan umkmnya. Segera bantu mereka, percepatan harus segera dilakukan agar ekonomi kita pelan tapi pasti bergerak maju,” kata Sahbirin Noor.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Disdik Kalsel Kembangkan Metode Belajar Jarak Jauh
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Respon Paman Birin Terhadap Keluhan Ponpes Al Falah Banjarbaru Kerap Kebanjiran
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Targetkan Anugerah Parahita Ekapraya 2020 di Tingkat Mentor
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Lawan Covid-19, Gubernur Kalsel Paman Birin Ajak Goweser Banua Rayakan Haornas ke-37
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Gegara Covid-19, Puluhan Proyek di Kalsel Gagal Tender
DIPA

Pemprov Kalsel

Serahkan DIPA ke Kalsel, Ini 4 Fokus Pemerintahan dalam APBN 2021
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Pemprov Kalsel Setuju Kabupaten Banjar Terapkan PSBB
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Paman Birin Singgung Kalsel Tak Jadi Ibu Kota, Ini Kata Jokowi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com