Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Kawal Aksi di Depan Kantor DPRD Kalsel, 500 Personel Polri Diturunkan

- Apahabar.com Selasa, 14 Juli 2020 - 09:54 WIB

Kawal Aksi di Depan Kantor DPRD Kalsel, 500 Personel Polri Diturunkan

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan memimpin pengamanan aksi digelar oleh gabungan elemen mahasiswa Kalsel di depan Kantor DPRD Kalimantan Selatan. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan, memimpin pelaksanaan pengamanan penyampaian aspirasi damai yang digelar oleh gabungan elemen mahasiswa Kalsel di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan, Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Senin (13/07) .

Dalam pengamanan aksi tersebut, Polresta Banjarmasin menghadirkan sebanyak 350 Personel dan diback-up 3 pleton dari Brimob Polda Kalsel serta Ditsamapta Polda Kalsel.

“Ada sebanyak 500 personel kita hadirkan guna memberikan pelayanan dan mengamankan berlangsung penyampaian aspirasi yang diperkirakan hadir kurang lebih 200 massa,” ucap Kapolresta Banjarmasin.

Usai pelaksanaan kegiatan pengamanan Kapolresta Banjarmasin menyampaikan bahwa kita patut bersyukur aksi ini berjalan dengan cukup baik, tidak ada gesekan-gesekan antara para peserta aksi dengan pihak Kepolisian.

“Alhamdulillah semua berjalan aman. Kita lakukan sesuai standar operasional prosedur (SOP), dengan tetap mendahulukan upaya persuasif dan humanis. Personel juga tidak dipersenjatai dengan senjata api, malah kita lengkapi dengan masker guna mencegah penyebaran serta tertular virus Covid-19 ” jelas Kapolresta Banjarmasin yang saat itu didampingi Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo.

Di sela pengamanan, Kapolresta Banjarmasin bersama personel tak henti-henti juga mengimbau kepada para peserta aksi dalam menyampaikan aspirasinya untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan cegah Covid-19 seperti tetap menjaga jarak serta selalu menggunakan masker.

Di akhir kegiatan, para personel pengamanan tak langsung membubarkan diri, namun terlebih dahulu disemprot cairan disinfektan oleh Tim Gegana Polda Kalsel.

Kapolresta Banjarmasin juga mengatakan bahwa hal tersebut merupakan standar operasional prosedur (SOP) yang merupakan penjabaran dari program Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta, yakni penguatan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Harkamtibmas) dengan meningkatkan kepekaan faktual terhadap situasi global, regional, dan lokal dalam upaya pencegahan pandemi Covid-19.

“Ini sebuah langkah yang perlu kita lakukan dengan menyesuaikan adaptasi kebiasaan baru dan tentunya dengan harapan guna mencegah penyebaran Covid-19, baik dari personel yang bertugas di tengah kerumunan maupun para peserta aksi itu sendiri, ” tutur Kapolresta Banjarmasin.

Untuk diketahui, aksi penyampaian aspirasi damai tersebut terkait Penolakan RUU OMNIBUS LAW khususnya di bidang Lingkungan Hidup dan Minerba (Pertambangan) itu melibatkan sebanyak 11 gabungan elemen mahasiswa Kalimantan Selatan.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kunjungi Batola, Danrem 101 Antasari Beri Penekanan Khusus
apahabar.com

Kalsel

FKTD 2019 Ajang Pelestarian Kebudayaan Daerah Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Cuti Kampanye, Darmawan Jaya Serahkan Fasilitas Negara ke Pemkot Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Apindo Singgung Sikap Komisi IV DPRD Kalsel: Tak Perlu Arogan
apahabar.com

Kalsel

Temui Mahasiswa, Anggota DPRD Banjarbaru Mengeluh Kepanasan
apahabar.com

Kalsel

57 Tahun Berdiri, Polres HST Akhirnya Terima Hibah
apahabar.com

Kalsel

Bawa Sabu, Sopir di Pangambau HST Ditangkap Polisi
apahabar.com

Kalsel

Geger, Warga Pantai Oka Oka Kotabaru Temukan Mayat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com