Masih Didera Covid-19, Denny Indrayana Tetap Perjuangkan PSU yang Jujur dan Adil Seluruh Tempat Wisata di Jaro Tabalong Ditutup Saat Idulfitri Ingin Pukul Ibunya, Seorang Adik di Telaga Langsat HSS Tikam Kakak hingga Tewas Pasca-satu Masjid di Balikpapan Terpapar Covid-19, Perum Bumi Nirwana Dijaga Ketat Petugas Skandal Baramarta, Eks Dirut Bongkar Sosok Oknum Jaksa Diduga Penikmat Korupsi Dana Taktis

Kendala Belajar Jarak Jauh, HMR: Mari Cari Solusi

- Apahabar.com Senin, 27 Juli 2020 - 12:36 WIB

Kendala Belajar Jarak Jauh, HMR: Mari Cari Solusi

Anggota DPR RI H Muhammad Nur (HMR) saat rapat kerja Komisi X. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota Komisi X DPR RI H Muhammad Nur mengungkapkan saat ini Banyak sekali permasalahan yang harus dicarikan solusinya terlebih terkait model pembelajaran di masa pandemi.

Ini terutama menurut HMR sapaan akrabnya, banyaknya keluhan orang tua yang merasa menjadi guru pengganti di masa pembelajaran jarak jauh ini. Para guru pun menjadi target kekesalan mereka, guru dianggap kehilangan nurani dengan memberikan tugas yang terlalu banyak dan berat bagi anak didik.

“Kita harus jeli melihat permasalahan ini, jangan sampai kita ikut menggiring opini masyarakat bahwa guru sosok yang kehilangan hati nurani,” kata HMR,

Dalam menyikapi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, HMR mengatakan harus dapat melihat dari berbagai sisi, tidak hanya dari keluhan orang tua tentunya mengalami kesulitan dalam mendampingi anak dalam belajar, tapi juga melihat dari sisi anak dalam menerima pembelajaran dan berbagai tugas.

“Tentunya dari sisi guru yang saat ini seakan-akan sebagai tertuduh tidak memberikan materi dan pemahaman akan bahan ajar tetapi hanya memberi tugas saja kepada siswa,” jelasnya.

“Di beberapa kesempatan saya bertemu dan mendengarkan keluhan dari para guru, mereka mengatakan bahwa mereka hanya menjalankan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 dan Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 yang mewajibkan pendidik untuk menyusun RPP secara lengkap dan sistematis,” sambungnya.

Politisi Gerindra ini menyebut, pada saat ini terdapat istilah RPP daring dan RPP luring akan tetapi target pembelajarannya sama saja dengan kondisi sebelum pandemi, selain itu juga tidak ada juknis pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang akhirnya membuat guru kebingungan dan kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran.

“Selain itu, ada lagi keharusan guru mengunjungi rumah murid kalau kondisinya tidak memungkinkan PJJ, hal ini harus kita pikirkan juga karena tidak ada jaminan guru tidak terpapar pandemi,” kata HMR.

HMR menilai problem pelaksanaan PJJ ini terjadi karena pemerintah pusat tidak mengeluarkan aturan teknis pelaksanaan dan tidak ada perubahan terkait kurikulum, sehingga guru tetap menyiapkan bentuk RPP yang modelnya saja dirubah dari tatap muka menjadi daring, sedangkan konten dan targetnya tetap sama seperti tatap muka.

Tidak ada guru yang tidak khawatir dengan anak didiknya, lanjut HMR. Tidak ada guru yang tega memberikan beban lebih kepada anak didiknya. Tidak ada niat guru untuk melimpahkan tanggungjawabnya kepada wali murid karena guru juga dalam posisi yang sama, guru punya keluarga yang bebannya sama dengan wali murid yang lain.

“Hanya karena peraturan yang mengharuskan guru untuk melaksanakan PJJ, padahal di satu sisi tidak ada juknis yang jelas terkait pelaksanaannya serta tidak ada revisi kurikulum dan aturan terkait target pembelajaran dengan model PJJ, sehingga hanya model pembelajarannya saja yang berubah tapi target dan beban tidak berubah,” tutup HMR.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Ahya Firmansyah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Pembekalan Mahasiswa Baru Uniska Banjarmasin Digelar Daring
apahabar.com

Kalsel

Kompak Edarkan Sabu, Kakak Beradik Ini Ditangkap
Tabalong

Kalsel

Tak Ada Klaster Baru Covid-19, PTM di Tabalong Bakal Diperluas
apahabar.com

Kalsel

Jembatan Dirusak Truk, Pelajar SMP Mandastana Terpaksa Jalan Memutar
Satpol PP

Kalsel

Resahkan Warga, Satpol PP Tabalong Pulangkan Anak Punk ke Daerah Asal
apahabar.com

Kalsel

Jadi Saksi Nikah Massal, Paman Birin Janji Akan Digelar Lagi
apahabar.com

Kalsel

Dukung Pariwisata Banjarmasin, KOREM 101/ Antasari Sulap Hutan Kota Jadi Kedai Kopi
apahabar.com

Kalsel

6 Anggota Polres Batola Terima Penghargaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com