Rekonstruksi Pembunuhan Agus ‘Banteng’ di Pasar Kasbah Banjarmasin, Pelaku Utama Buron Melawan, Pembunuh Sadis di Warung Remang Bungur Didor Tim Serigala Tapin Pembunuhan Sadis di Warung Remang Bungur Tapin, Pelaku ‘Lagi Tinggi’ Buron, Ketua Nasdem Tanah Laut Orbawati Sempat Ngeluh Sakit Dibui Seumur Hidup, Gembong Sabu Banjarmasin Pindah ke Nusakambangan?

Kendala Belajar Jarak Jauh, HMR: Mari Cari Solusi

- Apahabar.com Senin, 27 Juli 2020 - 12:36 WIB

Kendala Belajar Jarak Jauh, HMR: Mari Cari Solusi

Anggota DPR RI H Muhammad Nur (HMR) saat rapat kerja Komisi X. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota Komisi X DPR RI H Muhammad Nur mengungkapkan saat ini Banyak sekali permasalahan yang harus dicarikan solusinya terlebih terkait model pembelajaran di masa pandemi.

Ini terutama menurut HMR sapaan akrabnya, banyaknya keluhan orang tua yang merasa menjadi guru pengganti di masa pembelajaran jarak jauh ini. Para guru pun menjadi target kekesalan mereka, guru dianggap kehilangan nurani dengan memberikan tugas yang terlalu banyak dan berat bagi anak didik.

“Kita harus jeli melihat permasalahan ini, jangan sampai kita ikut menggiring opini masyarakat bahwa guru sosok yang kehilangan hati nurani,” kata HMR,

Dalam menyikapi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, HMR mengatakan harus dapat melihat dari berbagai sisi, tidak hanya dari keluhan orang tua tentunya mengalami kesulitan dalam mendampingi anak dalam belajar, tapi juga melihat dari sisi anak dalam menerima pembelajaran dan berbagai tugas.

“Tentunya dari sisi guru yang saat ini seakan-akan sebagai tertuduh tidak memberikan materi dan pemahaman akan bahan ajar tetapi hanya memberi tugas saja kepada siswa,” jelasnya.

“Di beberapa kesempatan saya bertemu dan mendengarkan keluhan dari para guru, mereka mengatakan bahwa mereka hanya menjalankan Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 dan Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 yang mewajibkan pendidik untuk menyusun RPP secara lengkap dan sistematis,” sambungnya.

Politisi Gerindra ini menyebut, pada saat ini terdapat istilah RPP daring dan RPP luring akan tetapi target pembelajarannya sama saja dengan kondisi sebelum pandemi, selain itu juga tidak ada juknis pelaksanaan pembelajaran jarak jauh yang akhirnya membuat guru kebingungan dan kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran.

“Selain itu, ada lagi keharusan guru mengunjungi rumah murid kalau kondisinya tidak memungkinkan PJJ, hal ini harus kita pikirkan juga karena tidak ada jaminan guru tidak terpapar pandemi,” kata HMR.

HMR menilai problem pelaksanaan PJJ ini terjadi karena pemerintah pusat tidak mengeluarkan aturan teknis pelaksanaan dan tidak ada perubahan terkait kurikulum, sehingga guru tetap menyiapkan bentuk RPP yang modelnya saja dirubah dari tatap muka menjadi daring, sedangkan konten dan targetnya tetap sama seperti tatap muka.

Tidak ada guru yang tidak khawatir dengan anak didiknya, lanjut HMR. Tidak ada guru yang tega memberikan beban lebih kepada anak didiknya. Tidak ada niat guru untuk melimpahkan tanggungjawabnya kepada wali murid karena guru juga dalam posisi yang sama, guru punya keluarga yang bebannya sama dengan wali murid yang lain.

“Hanya karena peraturan yang mengharuskan guru untuk melaksanakan PJJ, padahal di satu sisi tidak ada juknis yang jelas terkait pelaksanaannya serta tidak ada revisi kurikulum dan aturan terkait target pembelajaran dengan model PJJ, sehingga hanya model pembelajarannya saja yang berubah tapi target dan beban tidak berubah,” tutup HMR.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Ahya Firmansyah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Audisi Stand Up  Comedy di Café Rumah The Panasdalam Diserbu Komika dari Penjuru Kalimantan
apahabar.com

Kalsel

Pilbup Balangan 2020: Ansharuddin Minta Kader Golkar Jaga Nama Baik Partai
apahabar.com

Kalsel

Hadiri Rakor, Paman Birin Soroti Penanganan Banjir dan Masalah Anak
apahabar.com

Kalsel

Maju di Pilbup Banjar 2020, H Rusli Mantap Mundur dari Kursi DPRD Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Motif Bentrokan Maut yang Tewaskan 2 Pemuda di Veteran Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Tala Perjuangkan Jalan Warga Milik PTPN XIII Dibebaskan
apahabar.com

Kalsel

Setelah Ditutup, Kubah Guru Sekumpul Didisinfektan
apahabar.com

Kalsel

Cuaca buruk, BMKG Imbau Masyarakat Kalsel Berhati-hati Saat Mudik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com