UPDATE 264 Rumah di HST Hilang Disapu Banjir, 9 Meninggal BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar

Kisah Nabi Idris Menemui Malaikat Pencabut Nyawa

- Apahabar.com Kamis, 23 Juli 2020 - 08:30 WIB

Kisah Nabi Idris Menemui Malaikat Pencabut Nyawa

Ilustrasi langit keempat yang menjadi tempat Nabi Idris bertemu Malaikat Pancabut Nyawa. Foto-Freepik

apahabar.com, JAKARTA – Nabi Idris Alihissalam merupakan nabi ke-2 dari urutan 25 nabi. Beberapa penafsir Alquran seperti Al Baizawi menyatakan bahwa Idris diambil dari kata bahasa Arab dars yaitu “untuk mengajarkan” wahyu Illahi.

Di dalam hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam tentang Isra Mikraj terdapat keterangan yang menyatakan bahwa Rasulullah bertemu Nabi Idris di langit keempat.

“ثُمَّ صَعِدَ بِي حَتَّى أَتَى السَّمَاءَ الرَّابِعَةَ فَاسْتَفْتَحَ، قِيلَ: مَنْ هَذَا؟ قَالَ: جِبْرِيلُ. قِيلَ: وَمَنْ مَعَكَ؟ قَالَ: مُحَمَّدٌ. قِيلَ: أَوَقَدْ أُرْسِلَ إِلَيْهِ؟ قَالَ: نَعَمْ. قِيلَ: مَرْحَبًا بِهِ، فَنِعْمَ المَجِيءُ جَاءَ. فَفُتِحَ، فَلَمَّا خَلَصْتُ إِلَى إِدْرِيسَ، قَالَ: هَذَا إِدْرِيسُ فَسَلِّمْ عَلَيْهِ. فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِ، فَرَدَّ ثُمَّ قَالَ: مَرْحَبًا بِالأَخِ الصَّالِحِ وَالنَّبِيِّ الصَّالِحِ”. وفي رواية مسلم زاد: قَالَ اللهُ تعالى: {وَرَفَعْنَاهُ مَكَانًا عَلِيًّا} [مريم: 57] .

Artinya: “Kemudian aku dinaikkan ke langit keempat. Jibril meminta pintu dibukakan. Penjaga langit keempat bertanya, ‘Siapa?’ ‘Jibril’, jawabnya. ‘Siapa yang bersamamu?’ tanyanya lagi. ‘Muhammad,’ jawab Jibril.

Ia kembali bertanya, ‘Apakah ia diutus kepada-Nya?’ ‘Iya,’ jawab Jibril. Malaikat itu menjawab, ‘Selamat datang. Sebaik-baik orang yang datang telah tiba.’ Kemudian dibukakan pintu. Ketika aku telah melewati pintu, di sana terdapat Idris.

Jibril mengatakan, ‘Ini Idris. Ucapkanlah salam kepadanya.’ Aku pun memberi salam kepadanya. Dan ia membalas salamku. Idris berkata, ‘Selamat datang saudara yang salih dan nabi yang salih.’ Dalam riwayat Muslim terdapat tambahan, Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, ‘Dan Kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi’ (QS Maryam: 57).”

Dikutip dari akun Youtube Tabligh, Rabu (22/7) Ustadz Ahmad Firmansyah menjelaskan, menurut kitab Jamillah Kurtubi bahwa yang mengangkat Nabi Idris hingga langit keempat yaitu Malaikat Pembawa Matahari, dan Nabi Idris berteman dengan Malaikat Pembawa Matahari tersebut.

Ia menceritakan, awal cerita ketika itu Nabi Idris kulitnya terkena panasnya matahari. Lalu Nabi Idris berpikir bahwa tugas dari Malaikat Pembawa Matahari merupakan tugas yang berat.

Kemudian berkat kejadian tersebut Nabi Idris berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar beban matahari dan panasnya matahari dapat dikurangi agar Malaikat Pembawa Matahari tidak mengalami kesulitan.

Doa tersebut diijabah oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, sehingga Malaikat Pembawa Matahari tidak mengalami kesulitan dalam mengangkat matahari.

Selanjutnya Malaikat Pembawa Matahari bertanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, “Ya Allah mengapa matahari ini menjadi ringan?” Lalu dijawab oleh Allah Ta’ala bahwa ada hamba-Nya yang bernama Idris berdoa kepada-Nya agar mengurangi beban matahari. Semenjak kejadian itu Malaikat Pembawa Matahari menemui Nabi Idris dan mereka berteman.

Nabi Idris berkata kepada malaikat itu, “Sesungguhnya Allah telah mewahyukan anu dan anu kepadaku, maka bicaralah kamu kepada Malaikat Maut agar sudilah ia menangguhkan ajalku supaya amalku makin bertambah.”

Malaikat itu lalu membawa Nabi Idris di kedua sayapnya menuju langit keempat. Kemudian diketemukannya Nabi Idris dengan Malaikat Maut dan dicabutlah nyawa Nabi Idris di langit keempat.

Sebelumnya Malaikat Maut diperintah oleh Allah Subhanahu wa ta’ala untuk mencabut nyawa Nabi Idris dilangit keempat, tetapi tidak tahu caranya bagaimana mencabut nyawa di langit keempat. Sedangkan Nabi Idris berada di bumi. Lalu dengan perintah dan semua keajaiban Allah Subhanahu wa ta’ala, akhirnya Allah mengangkat Nabi Idris menuju langit keempat. (okz)

Editor: Syarif

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Menlu RI Lobi Agar Jemaah Indonesia Diperbolehkan Umrah, Begini Tanggapan Arab Saudi
apahabar.com

Habar

Haul ke-20 KH. Herman Hasyim Hari Ini, KH. Hasanuddin dan H. Rusli Tampak Hadir
apahabar.com

Hikmah

Youtuber Mualaf Jay Kim: Dulu Takut Masjid, Sekarang Favorit
Imbau Malam Nisyfu Sya’ban di Rumah, MUI Kalsel Beberkan Amalannya

Habar

Imbau Malam Nisyfu Sya’ban di Rumah, MUI Kalsel Beberkan Amalannya
apahabar.com

Religi

Tajamnya Pandangan Guru Seman Mulya; Mengetahui Muridnya yang Datang Mengaji tanpa Izin Suami
apahabar.com

Habar

Konfercab NU HST, Kepengurusan Baru Harus Membawa Kemaslahatan
apahabar.com

Habar

Umrah di Masa Pandemi Mahal, Benarkah?
apahabar.com

Habar

PWNU Kalsel Ingatkan Masyarakat Ikuti Langkah Pemerintah Antisipasi Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com