Ngenes! Mau Tutup, Pengunjung Duta Mall Banjarmasin Malah Menurun H-1 Lebaran, Puluhan Pemudik Diputarbalik di Pos Penyekatan Tabalong! Buat Jalur Khusus Jemaah, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin Gelar Salat Ied Hore! Remisi Lebaran Warga Binaan di Kalsel Diusulkan Bertambah, Segini Jumlahnya Pencarian Korban Longsor di Batu Bini HSS Kembali Dilanjutkan

Kisruh Plasma Sawit Tak Dibayar, DPRD Tapin Panggil PT KIU

- Apahabar.com Kamis, 16 Juli 2020 - 19:40 WIB

Kisruh Plasma Sawit Tak Dibayar, DPRD Tapin Panggil PT KIU

Dua warga Kecamatan Tapin Tengah mengadu ke DPRD Tapin, Senin (13/7). Foto-apahabar.com/Muhammad Fauzi Fadilah.

apahabar.com, RANTAU – DPRD Tapin akan segera memanggil pihak perusahaan PT Kharisma Inti Usaha (KIU) terkait aduan warga mengenai kejelasan plasma sawit yang tak dibayar.

Dalam rapat Badan Musyawarah (Banmus) Komisi I, II dan III, Rabu (15/7) kemarin terungkap, DPRD sepakat akan memanggil pihak perusahaan pada Kamis (23/7) depan.

Dewan berharap, pihak perwakilan perusahaan KIU dapat hadir untuk rapat dengar pendapat (RDP) terkait soal itu. Termasuk pula dari pihak pemerintahan.

“Akan kita panggil bagian dari pemerintahan, Camat Tapin Tengah, Dinas Perindustrian, Dinas Pertanian, Pengurus koperasi unit desa (KUD) Jasa Sinar Alam dan PT KIU,” ujar ketua Komisi II, Wahyu Nugroho Ranoro melalui pesan WhatsApp kepada apahabar.com, Kamis (17/6).

Sebelumnya, dari pemberitaan apahabar.com berjudul “Plasma Sawit Tak Dibayar, Warga Tapin Mengadu Ke Dewan,” yang beredar di grup Facebook Team Rescue Tapin rupanya mendapat respon warga yang memiliki kasus serupa. Kemudian, di antaranya membentuk sebuah koalisi di WhatsApp grup.

Terkait permasalahan serupa, Wahyu, dari Fraksi PDI Perjuangan itu, mengatakan masyarakat, baik dalam bentuk perwakilan, bisa datang langsung ke DPRD Tapin.

“Bisa langsung datang ke Komisi II, apabila permasalahannya dimungkinkan untuk RDP akan kita RDP-kan,” ujarnya kepada apahabar.com.

Sebagai perwakilan rakyat dari Komisi II yang bertugas di Bidang Ekonomi, Keuangan dan Kesejahteraan Masyarakat, Wahyu berpesan apabila ada masalah bisa langsung datang ke DPRD Tapin.

“Bisa koordinasi ke DPRD untuk kita sikapi bersama untuk mencapai jalan terbaik,” ujarnya.

Diwartakan sebelumnya pada Senin, (13/7) lalu, Haidin dan Rusbandi warga desa Pematang Karangan Hilir, Kecamatan Tapin Tengah mengadu ke DPRD Tapin.

Pengaduan itu disambut Wakil Komisi III H Muhammad Rian Jaya dan sekretaris Komisi II H Ihwanudin.

Disampaikan kedua warga itu, bahwa masih banyak masyarakat di Tapin Tengah belum menerima pembayaran dari PT KIU.

Mereka juga memperlihatkan kartu anggota kemitraan inti plasma kebun kelapa sawit dari Koperasi Unit Desa (KUD) bernama Jasa Sinar Alam milik PT KIU.

“Sudah 8 Tahun. Perjanjiannya 5 Tahun setelah tanam dan buah sudah menghasilkan akan dibayar, ini sudah lewat 3 tahun belum ada kejelasan,” ujar Rusbandi, dengan nada bicara pasrah di ruang tamu anggota DPRD, Senin tadi.

Dari penjelasan mereka, bahwa pihak KUD pun juga belum memberikan kepastian, padahal pihaknya sudah memenuhi prosedur dan kelengkapan administrasi.

Sementara itu, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Tapin, Panca Ibnu mengatakan, PT KIU berdiri sejak 2007 silam. Mereka memiliki izin Hak Guna Usaha (HGU) selama 35 Tahun.

Keseluruhan wilayahnya ada di 3 Kecamatan. Kecamatan Candi Laras Utara (Desa Sungai Salai dan Kaladan), Tapin Tengah (Desa Pandahan, Pematang Karangan, Sungai Bahalang dan Suka Ramai) dan Binuang (Desa Pulau Pinang dan Kelurahan Binuang).

“Pasca tanam, kelapa sawit 4 Tahun sudah menghasilkan,” ujar Panca, Senin (6/7) di ruangannya.

Lebih jauh Panca menyebutkan, luas wilayah keseluruhan PT KIU sebesar 30.149 ton. Dan hasil produksi yang dilaporkan ada 12.912,43 hektare. “Pelaporan itu diterima pada triwulan 1 Tahun ini,” ujarnya.

Panca menekankan, tugas pokok fungsi (tupoksi) pengawasan terhadap target yang dimiliki perusahaan dilakukan guna melihat kemajuan dari setiap perusahaan perkebunan di Tapin.

“Setiap perusahaan perkebunan di Tapin wajib melaporkan target dan perkembangan perusahaannya,” ujarnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Kalsel

Duh, Hampir 100 Warga Kalsel Tertular Covid-19 Hari ini
Bupati

Kalsel

Resmikan NU Mart, Ini Pesan Bupati Banjar
apahabar.com

Kalsel

Jadi Tuan Rumah Porprov, 2 Stadion di HSS Dibenahi
Banjir HST

Kalsel

Dari Baksos KS2 Tabalong, Seribu Quran hingga Trauma Healing untuk Korban Banjir HST
apahabar.com

Kalsel

Pengembangan Bandara Syamsudin Noor Paket II Siapkan Banyak Apron
apahabar.com

Kalsel

Obok-Obok Pembatuan, Tisu hingga Pelumas Jadi Barang Bukti
apahabar.com

Kalsel

Dishub dan Dirlantas Polres BalanganĀ Siapkan Pengamanan Arus Mudik dan Arus Balik
Denny Video

Kalsel

Video Paman Birin-Denny Indrayana Viral, H2D Buru-Buru Klarifikasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com