3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa? PLTS Tak Berfungsi, Kades Panaan Mengadu ke Dinas ESDM Kalsel

Kumpulkan Dana Lebih Setengah Miliar, Warga Tegalrejo Gila-gilaan Percantik Goa Lowo

- Apahabar.com Minggu, 19 Juli 2020 - 13:56 WIB

Kumpulkan Dana Lebih Setengah Miliar, Warga Tegalrejo Gila-gilaan Percantik Goa Lowo

Goa Lowo di Desa Tegalrejo setiap akhir pekan selalu ramai pengunjung. Foto-apahabar.com/Masduki

apahabar.com, KOTABARU – Demi mempercantik wisata Goa Lowo, warga Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kotabaru rela patungan dana sendiri hingga setengah miliar rupiah.

Kekompakan warga eks transmigrasi tahun 1982 silam itu terungkap saat apahabar.com melakukan peliputan potensi wisata Goa Lowo akhir pekan ini.

Di kawasan wisata itu, terlihat puluhan warga sedang beramai-ramai melakukan pembenahan wisata. Diperoleh informasi, sebelumnya kondisi wisata itu memang terkesan biasa-bisa saja.
Namun, setelah pengelolaannya diambil alih oleh warga, melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dinamai Pesona Arjo Jaya, kini kondisinya sudah terlihat mentereng.

Meski dalam tahap pembenahan sejak Februari 2020 lalu, setiap akhir pekan, pengunjung, atau wisatawan dari berbagai daerah sudah ramai berdatangan.

Di balik semua itu, ternyata terdapat cerita yang luar biasa. Warga tidak hanya kompak mengorbankan tenaga. Tapi, juga rela mengeluarkan uang yang tak sedikit demi Goa Lowo itu.

“Jadi, memang untuk periode ini, kami bersama rekan-rekan dan masyarakat patungan dana sendiri, mas. Jumlahnya, Rp630 juta,” ujar Ketua BUMDes, Tri Widodo.

Menurutnya, pengembangan wisata Goa Lowo memiliki tujuan utama agar desa Tegal Rejo, Kelumpang Hilir memiliki wisata unggulan yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Berkat kerja keras, dan keseriusan BUMDes dalam pengelolaan tempat wisata itu, sudah dua perusahaan besar yang memberikan dukungan dan bantuan.

“Jadi, kami juga sangat bersyukur, selain kami harus patungan sendiri, kami juga didukung penuh oleh dua perusahaan. PT Indocement Tunggal Prakarsa Plant Tarjun, dan PT Pama Indo Mining,” ujar Tri.

Dimintai tanggapan, Anggota DPRD Kotabaru, Awaludin, yang kebetulan sedang berkunjung di wisata Goa Lowo mengaku bangga atas semangat kebersamaan dan kekompakan warga Tegalrejo.

Tidak hanya itu, politisi PAN ini berjanji akan terus memberikan support menjadikan wisata Goa Lowo menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kelumpang Hilir.

Kalau sudah masyarakatnya sendiri yang punya semangat yang tinggi, pasti segala sesuatu itu akan mudah diarahkan untuk maju.

“Ya. Pertama, saya bangga sekali melihat semangat warga. Sesuai tupoksi, saya bersma rekan-rekan dewan akan mendukung mereka. Tadi, sudah kita sarankan agar BUMDes segera mengajukan bantuan dana ke Pemda. Biar kami kawal nanti,” ujarnya.

Sekedar informasi, Goa Lowo saat ini tidak hanya memiliki segudang pemandangan yang eksotik, dan aseri. Goa ini juga bertingkat tujuh.

Beragam wahana juga tersedia untuk memanjakan pengunjung. Di antaranya, flaying fok, out bound, tempat camping, jogging track, kolam renang, dan wahana memanjakan pewisata lainnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter : Masduki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Infinix Zero 8 Segera Hadir di Indonesia, Simak bocorannya
apahabar.com

Gaya

Makan di Luar Saat Ini Lebih Berbahaya Daripada Naik Kendaraan Umum, Simak Alasannya
apahabar.com

Gaya

Memasak Sehat dan Berkualitas dari Royal VKB
apahabar.com

Gaya

Biaya Langganan Netflix Naik Mulai Agustus
apahabar.com

Gaya

Telegram Kembangkan Fitur Reaksi Pesan
apahabar.com

Gaya

Google Akan Batasi Iklan yang Disisipkan Teknologi Ilegal
apahabar.com

Gaya

5 Hal yang Cowok Inginkan Saat Pacaran
apahabar.com

Gaya

Sejak Pandemi Covid-19, Anak-anak Lebih Sering Online
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com