Dituduh 2BHD Curang dalam Sidang MK, Tim SJA-Arul Irit Bicara Breaking! 2 Penganiaya Brutal ABG di Hotel Banjarmasin Ditangkap Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Motif Penganiayaan Brutal ABG di Hotel Banjarmasin: Korban Menolak Dijual! Jejak 6 Preman Perbatasan Kalsel-Kaltim yang Disikat Polisi, Galang Dana dengan Memeras

Lebih Ringkas, Motor Pemadam dari Polsek Cerbon Langsung Tarik Perhatian

- Apahabar.com Jumat, 17 Juli 2020 - 17:18 WIB

Lebih Ringkas, Motor Pemadam dari Polsek Cerbon Langsung Tarik Perhatian

Bersama Wakil Bupati Batola, H Rahmadian Noor, Kapolres AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif menyaksikan pemasangan pompa di sepeda motor Bhabinkamtibmas Polsek Cerbon dalam simulasi karhutla, Jumat (17/7). Foto: apahabar.com/Bastian Alkaf

apahabar.com, MARABAHAN – Dari sekian kendaraan pemadam kebakaran, motor Bhabinkamtibmas Polsek Cerbon cukup menarik perhatian dalam simulasi penanggulangan karhutla di halaman Gedung DPRD Barito Kuala, Jumat (17/7) pagi.

Hampir semua kekuatan digunakan Batola dalam rencana penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang diperkirakan terjadi sejak September 2020.

Tak hanya armada dan tenaga dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) maupun pemadam swadaya, rencana pemadaman juga menggunakan tenaga Polres Batola dan Kodim 1005 Marabahan.

“Dalam rangka penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, Polres Batola dan jajaran menggunakan dua pertiga kekuatan,” ungkap Kapolres Batola AKBP Lalu Mohammad Syahir Arif.

“Penanganan kebakaran hutan dan lahan ini sesuai program prioritas Kapolda Kalimantan Selatan, selain Covid-19 dan Pilkada. Setelah pengecekan kendaraan, kami juga melakukan simulasi penanganan guna memastikan kesiapan,” imbuhnya.

Polres Batola sudah menyiapkan satu unit truk water canon. Kemudian beberapa sepeda motor Bhabinkamtibmas yang dimodifikasi agar dapat digunakan sebagai kendaraan pemadam.

Namun ketika hampir semua sepeda motor dimodifikasi membawa rak besi untuk menopang mesin penyedot air, motor milik Bhabinkamtibmas Polsek Cerbon justru tampil beda.

Secara umum motor yang biasa digunakan Briptu Haris tersebut terlihat biasa. Perubahan baru terlihat, setelah simulasi dimulai.

Haris mengeluarkan beberapa peralatan dari bungkusan. Tak lama berselang, sudah terpasang penyedot air mini yang menggunakan tenaga dari putaran magnet motor.

“Kami tidak membuat peralatan itu, karena tinggal membeli di toko online. Daripada menggunakan mesin penyedot, alat penyemprot kami lebih ringkas dibawa,” jelas Kapolsek Cerbon Iptu Saran.

Sepenuhnya menggunakan tenaga dari mesin motor, debit air yang disedot diklaim mencapai 2,6 liter per detik.

“Sudah kami coba dan jangkauan semprot dapat mencapai 30 meter. Untuk menambah kekuatan semprotan, tinggal menarik gas. Setelah simulasi tadi, banyak yang bertanya tentang penyemprot mini itu,” tandas Saran.

Dari 17 kecamatan di Batola, Cerbon termasuk kawasan rawan kebakaran bersama Jejangkit, Mandastana, Rantau Badauh, Cerbon, Kuripan, dan sebagian Marabahan.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Bastian Alkaf - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Berikan Layanan Prima, Kapolresta Banjarmasin Komando Polwan Patroli

Kalsel

Berikan Layanan Prima, Kapolresta Banjarmasin Komando Polwan PatroliĀ 
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Diprakirakan Hujan Ringan Hari Ini, Waspada Petir
apahabar.com

Kalsel

Warga Rejowinangun Kesulitan Air, BPBD Tanbu Sebut Belum Terima Laporan dari Camat dan Kades
apahabar.com

Kalsel

Kasat Polair dan Kapolsek Bati-bati Berganti
Kadis

Kalsel

Eks Kadis Kotabaru Tersangka Korupsi Dikabarkan Wafat, Cek Faktanya
apahabar.com

Kalsel

Status dan Gaji P3K Masih Belum Jelas
apahabar.com

Kalsel

BPOM Temukan Bahan Makanan Berbahaya di Tabalong
apahabar.com

Kalsel

2018, Kinerja Satpol PP Banjarbaru Garang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com