ga('send', 'pageview');
Breaking News! Kabar Duka, Kadisdik Banjar Maidi Armansyah Meninggal Dunia Sebelum Wafat, Kondisi Wali Kota Banjarbaru Naik Turun Geger Mayat Mengapung di Laut Tanbu, Polisi Sulit Identifikasi Jelang Magrib, Api Gegerkan Blok Ikan Pasar Kandangan Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan




Home Kalsel

Minggu, 12 Juli 2020 - 15:33 WIB

Masuk Terlalu Cepat, Petugas Kebersihan di Banjarmasin Diingatkan Kerja Sesuai Jadwal

Reporter : Bahaudin Qusairi - apahabar.com

Ilustrasi.
Sumber: net

Ilustrasi. Sumber: net

apahabar.com, BANJARMASIN – Petugas kebersihan khusus penyapu jalan diimbau masuk kerja sesuai waktu yang ditentukan. Keputusan ini diberikan bukan karena mereka kerap masuk terlambat, tapi karena terlalu cepat.

Waktu kerja petugas penyapu ini diatur Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin sesuai standart operasional prosedur (SOP) kerja yang ditetapkan. Di sana mereka masuk dari pukul 4 sore hingga 6 pagi. Kalau di luar waktu ini tentu jadi masalah.

“Jangan sampai masuk terlalu awal dari jadwal. Kalau pukul 10 atau 11 (siang) itukan aktivitas warga belum berakhir,” ujar Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Marzuki.

Marzuki menekankan, para petugas penyapu ini memang sewajibnya bekerja setelah aktivitas warga menurun. Sebab kalau tidak, pembersihan yang dilakukan menjadi tak maksimal.

“Contoh siang dibersihkan. Sore hingga malam kan masih ada aktivitas. Jadi saat pagi kotor lagi. Mereka bekerja harus setelah aktivitas warga berkurang. Jadi minimal pukul 3.30 sore sampai 6 pagi. Dan ini sudah diseragamkan,” ucapnya.

Baca juga :  Program Jumat Peduli Nelayan, Lanal Kotabaru Salurkan Peralatan Melaut

Selain soal aturan waktu, ia kembali mengingatkan soal penggunaan atribut yang harus selalu dikenakan saat bekerja. Di samping untuk keamanan juga memudahkan dalam segi pengawasan.

“Kan sudah dikasih, sayang kalau tak dipakai. Jadi bekerja harus pakai atribut yang sudah dibagikan. Kami mengawasi juga jadi mudah,” jelasnya.

Kemudian yang tak kalah penting soal wilayah kerja, sambungnya. Ambil contoh bagi mereka yang bertugas di Jalan Ahmad Yani.

Menurutnya, alangkah baiknya trotoar yang saat ini sudah diperbaiki juga diperhatikan kebersihannya.

“Selain jalan trotoar juga dibersihkan. Misal ada daun atau rumput liar ya dicabut. Kan sekarang trotoar A Yani itu sudah cantik. Nah mereka tugasnya juga membersihkan sampai area itu,” jelasnya.

Baca juga :  Isi HUT RI ke-75 dengan Bakti Sosial, Paman Birin: Polda Kalsel Jadi Pelopor

Soal penekanan SOP ini memang sengaja dilakukan bagi petugas penyapu yang jumlahnya saat ini berjumlah sekitar 420 lebih.

Tujuannya tak lain agar mereka tetap fokus dalam bekerja, serta menghindari kesalahan-kesalahan yang bisa berujung pada nasib pekerjaan mereka.

“Ini sudah yang kedua kalinya kami kumpulkan. Kali ini memang khusus petugas di Jalan A Yani sektor kiri. Nanti yang lain menyusul,” ungkapnya.

Dengan begitu, ia berharap para petugas ini bisa bekerja dengan profesional. Sebab meski bekerja di lapangan, akan tetap memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi.

“Kita tetap menekankan hak dan kewajiban masing-masing. Dinas juga sudah memperjuangkan hak mereka, mereka juga harus tetap berkewajiban bekerja dengan SOP,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Share :

Baca Juga

Kalsel

VIDEO: Deretan Kursi Kosong dalam Laporan Pertanggungjawaban Paman Birin

Kalsel

VIDEO: Polresta Banjarmasin Bekuk Budak Sabu 2,7 Kg
apahabar.com

Kalsel

Waspada, Cuaca Ekstrem dan Ombak Tinggi Ancam Perairan Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Puting Beliung Kampung Gadang Hantam 3 Rumah Warga
apahabar.com

Kalsel

Keinginan Penjaga Stand Minuman Duta Mall jika Bertemu Jokowi
apahabar.com

Kalsel

Heboh Warga Badandan di Batola Memperoleh Sumber Gas
apahabar.com

Kalsel

Sawah Warga di Banjar Terbakar, Polisi Gunakan Sepatu Hadapi Api

Kalsel

Peringati Hari Anak, Best Western Kindai Hotel dan Bank Kalsel Gelar Lomba Menarik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com