BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin Nasihat Umar bin Abdul Aziz Tentang Kematian

Masuk Terlalu Cepat, Petugas Kebersihan di Banjarmasin Diingatkan Kerja Sesuai Jadwal

- Apahabar.com Minggu, 12 Juli 2020 - 15:33 WIB

Masuk Terlalu Cepat, Petugas Kebersihan di Banjarmasin Diingatkan Kerja Sesuai Jadwal

Ilustrasi. Sumber: net

apahabar.com, BANJARMASIN – Petugas kebersihan khusus penyapu jalan diimbau masuk kerja sesuai waktu yang ditentukan. Keputusan ini diberikan bukan karena mereka kerap masuk terlambat, tapi karena terlalu cepat.

Waktu kerja petugas penyapu ini diatur Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin sesuai standart operasional prosedur (SOP) kerja yang ditetapkan. Di sana mereka masuk dari pukul 4 sore hingga 6 pagi. Kalau di luar waktu ini tentu jadi masalah.

“Jangan sampai masuk terlalu awal dari jadwal. Kalau pukul 10 atau 11 (siang) itukan aktivitas warga belum berakhir,” ujar Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Marzuki.

Marzuki menekankan, para petugas penyapu ini memang sewajibnya bekerja setelah aktivitas warga menurun. Sebab kalau tidak, pembersihan yang dilakukan menjadi tak maksimal.

“Contoh siang dibersihkan. Sore hingga malam kan masih ada aktivitas. Jadi saat pagi kotor lagi. Mereka bekerja harus setelah aktivitas warga berkurang. Jadi minimal pukul 3.30 sore sampai 6 pagi. Dan ini sudah diseragamkan,” ucapnya.

Selain soal aturan waktu, ia kembali mengingatkan soal penggunaan atribut yang harus selalu dikenakan saat bekerja. Di samping untuk keamanan juga memudahkan dalam segi pengawasan.

“Kan sudah dikasih, sayang kalau tak dipakai. Jadi bekerja harus pakai atribut yang sudah dibagikan. Kami mengawasi juga jadi mudah,” jelasnya.

Kemudian yang tak kalah penting soal wilayah kerja, sambungnya. Ambil contoh bagi mereka yang bertugas di Jalan Ahmad Yani.

Menurutnya, alangkah baiknya trotoar yang saat ini sudah diperbaiki juga diperhatikan kebersihannya.

“Selain jalan trotoar juga dibersihkan. Misal ada daun atau rumput liar ya dicabut. Kan sekarang trotoar A Yani itu sudah cantik. Nah mereka tugasnya juga membersihkan sampai area itu,” jelasnya.

Soal penekanan SOP ini memang sengaja dilakukan bagi petugas penyapu yang jumlahnya saat ini berjumlah sekitar 420 lebih.

Tujuannya tak lain agar mereka tetap fokus dalam bekerja, serta menghindari kesalahan-kesalahan yang bisa berujung pada nasib pekerjaan mereka.

“Ini sudah yang kedua kalinya kami kumpulkan. Kali ini memang khusus petugas di Jalan A Yani sektor kiri. Nanti yang lain menyusul,” ungkapnya.

Dengan begitu, ia berharap para petugas ini bisa bekerja dengan profesional. Sebab meski bekerja di lapangan, akan tetap memiliki tanggung jawab yang harus dipenuhi.

“Kita tetap menekankan hak dan kewajiban masing-masing. Dinas juga sudah memperjuangkan hak mereka, mereka juga harus tetap berkewajiban bekerja dengan SOP,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter : Bahaudin Qusairi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Brigpol Sucipto, Polisi Amuntai yang Dipecat Sempat Kerja Serabutan
apahabar.com

Kalsel

Dishub Banjarmasin Sambut Larangan Merokok di Atas Motor
apahabar.com

Kalsel

Awas, Desa Inan Balangan Banyak Jalan Berlubang
apahabar.com

Kalsel

Peroleh Restu Partai di Pilwali 2020, Fazlur Dorong Pemerataan Ekonomi di Pinggiran Kota
apahabar.com

Kalsel

Organisasi Masyarakat Dorong Program Cegah Lapor Berbasis Data
apahabar.com

Kalsel

HKSN di Kalsel, Mensos Bicara Soal Kesetiakawanan
MoU

Kalsel

Teken MoU, Dishut Kalsel Dongkrak Potensi Kayu Sengon
apahabar.com

Kalsel

Anggaran Capai Rp 273 M, Realisasi Baru 70 Persen
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com