Gugatan 2BHD Diterima MK, SJA-Arul Pede Menangi Pilbup Kotabaru Alhamdulillah, 21 Warga Tanbu Sembuh dari Covid-19 Gunakan Pakaian Adat, Mitra Pariwisata Kapuas Galang Dana untuk Banjir Kalsel Terparah dalam Sejarah, Jokowi Blakblakan Biang Kerok Banjir Kalsel Wali Kota Beber Biang Kerok Banjir Banjarmasin, Bukan karena Hujan

Miliki Dua Alat Swab, Tanbu Siap Backup Kabupaten Lain

- Apahabar.com Sabtu, 25 Juli 2020 - 11:10 WIB

Miliki Dua Alat Swab, Tanbu Siap Backup Kabupaten Lain

Ilustrasi swab test. Foto-REUTERS

apahabar.com, BATULICIN – Kabupaten Tanah Bumbu sudah memilik dua unit PCR yang bisa melakukan tes swab. Dua unit alat swab tersebut ditempatkan di pusat Kota Batulicin dan Kecamatan Angsana.

Unit PCR atau alat swab beserta kelengkapannya tersebut didapat dari bantuan dana CSR perusahaan dan kerja sama dengan litbangkes di Tanah Bumbu.

“Pertama kita mendapatkan bantuan dari dana CSR perusahaan yang memberikan 1 unit PCR berikut dengan kelengkapannya. Adapun kapasitas dari PCR perusahaan ini mampu digunakan dalam 92 sample perhari,” ungkap Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, Rooswandi Salem, saat mengikuti rapat daring bersama Pemprov Kalsel, Jumat (24/7) sore.

Kemudian unit PCR kedua, Pemkab turut bekerja sama dengan litbangkes yang ada di daerah ini serta mengembangkan peralatan yang ada di litbangkes dengan menambah peralatan penunjang agar bisa dimanfaatkan untuk pemeriksaan swab.

“Ini pun sudah berjalan dengan kapasitas 46 sample perhari,” terang Sekda.

Sehingga dengan adanya dua unit PCR tersebut, Tanah Bumbu sudah memiliki kapasitas untuk melakukan swab dengan total hampir 150 sample perhari dari dua titik lokasi yang disiapkan.

Sebelumnya Pemkab Tanah Bumbu sendiri sudah sepakat dengan Pemprov Kalsel yang akan menjadikan Tanah Bumbu sebagai Lab Swab yang bisa digunakan untuk membantu kabupaten terdekat.

“Misalnya limpahan data dari kabupaten lain yang tidak bisa dilakukan provinsi. Pemeriksaanya bisa dilakukan di Tanah Bumbu,” jelas Sekda.

Namun, ujar Sekda, permasalahannya terletak pada biaya operasional pemeriksaan dari spesimen yang diserahkan.

“Kalau kami yang menyiapkan biaya operasional untuk melakukan pengecekan terhadap sample dari kabupaten lain, tentunya menjadi pertimbangan lagi. Tapi kalau untuk masyarakat Tanah Bumbu sendiri kami akan membiayai seluruh biaya lab untuk masyarakat kami,” tandasnya.

Untuk spesimen daerah lain, diharuskan ada kebijakan sharing biaya, kerena berdasarkan perhitungan satu kali pemeriksaan swab ini memerlukan biaya sekira Rp1.700.000,-.

Meski demikian, Rooswandi memohon kepada pihak provinsi agar mengkoordinasikan terkait kebijakan sharing biaya tersebut.

“Kalau memang Lab PCR yang disiapkan ini bisa dimanfaatkan, kita siap membackup apapun kebutuhan untuk penunjang bagi provinsi,” pungkasnya.

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Syahriadi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Bus Trans Banjarmasin Minim Peminat, Pemkot Dinilai Kurang Sosialisasi
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Bertekad Menjadi Sentra Peternakan Nasional

Kalsel

Niat Belikan Anak Sahur, Eh Malah Nyolong di Banjarmasin Utara
apahabar.com

Kalsel

Ketika Sispala SMKPPN Paringin Bukber, Ini yang Mereka Lakukan
apahabar.com

Kalsel

Pengawasan Pilkada 2020, Bawaslu Usulkan Rp 12 Miliar
apahabar.com

Kalsel

Mahasiswa Banjarmasin Gelar Unjuk Rasa Lawan Kekerasan di Balikpapan
apahabar.com

Kalsel

Ketua PWI Kalsel: Wartawan Patuh pada Kode Etik
apahabar.com

Kalsel

Catatan Ekonom: Lesunya Bisnis Emas Hitam hingga Kredit Macet Bank Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com