Muatan Politis dalam Pencopotan Sekda Tanah Bumbu Kantongi 3 Barang Bukti, Bawaslu Dalami Dugaan Pelanggaran BirinMU BW, Eks Pimpinan KPK Buka-bukaan Alasan Turun Gunung Bantu H2D Gandeng BW, Tim H2D Laporkan Dugaan Pelanggaran Petahana Kalsel ke Bawaslu Duel Juventus vs Barcelona Liga Champions Malam Ini Tanpa Ronaldo vs Lionel Messi, Link Live Streaming SCTV!

Moderna Berencana Jual Vaksin Covid-19 Seharga Rp 720.000 per Paket

- Apahabar.com Rabu, 29 Juli 2020 - 20:30 WIB

Moderna Berencana Jual Vaksin Covid-19 Seharga Rp 720.000 per Paket

Ilustrasi - Peneliti berupaya menciptakan vaksin Covid-19. Foto-Shutterstock/am Via Antara

apahabar.com, NEW YORK – Perusahaan bioteknologi asal Amerika Serikat Moderna Inc berencana menetapkan harga vaksin Covid-19 sebesar 50-60 dolar AS (sekitar Rp 720.000-860.000) per paketnya.

Dikutip Financial Times, Selasa (29/7) waktu setempat, harga yang ditetapkan Moderna Inc untuk satu paket berisi dua dosis vaksin lebih mahal 11 dolar AS (sekitar Rp 159.000) dari vaksin yang dijual oleh Pfizer, perusahaan farmasi AS.

Pfizer bersama perusahaan bioteknologi asal Jerman, BioNTech, menjual vaksin seharga 39 dolar AS (sekitar Rp564.000) ke Pemerintah AS.

Sejumlah pengamat mengatakan harga jual yang disepakati Pfizer dan BioNTech bersama Pemerintah AS akan menyulitkan produsen vaksin lainnya untuk menetapkan harga sama.

Pfizer dan BioNTech telah menyepakati penjualan vaksin Covid-19 untuk 50 juta pasien senilai dua miliar dolar AS (sekitar Rp 28,9 triliun).

Harga vaksin yang ditetapkan Moderna Inc akan berlaku untuk AS dan negara-negara berpendapatan tinggi lainnya, demikian menurut laporan yang dikutip oleh Financial Times.

Seorang juru bicara Moderna mengatakan perusahaan masih membahas kemungkinan pengadaan vaksin yang disebut dengan mRNA-1273 dengan sejumlah negara.

Namun, ia tidak menyebutkan informasi mengenai harga jual vaksin mengingat “aspek kerahasiaan isi pertemuan dan kontrak bisnis”.

Harga akhir untuk vaksin buatan Moderna masih belum ditentukan, kata seorang narasumber yang mengetahui masalah tersebut.

Pfizer, Moderna, dan Merck & Co mengatakan mereka berencana mencari keuntungan dari penjualan vaksin, sementara produsen vaksin lainnya, Johnson & Johnson mengumumkan rencana harga vaksin ditetapkan tanpa pertimbangan mencari untung.

Sementara itu, AstraZeneca Plc sepakat untuk menyediakan 300 juta dosis calon vaksin sebagai timbal balik atas dukungan dana sebesar 1,2 miliar dolar AS (sekitar Rp 17,36 triliun) yang dibayar di muka.

Dengan demikian, harga vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca sebesar 4 dolar AS (sekitar Rp 57.000) per dosisnya.

Pemerintah AS menyiapkan hampir satu miliar dolar AS (sekitar Rp 14,47 triliun) untuk mendukung penelitian dan pengembangan calon vaksin buatan Moderna Inc.

Dana itu merupakan bagian dari kebijakan Presiden AS Donald Trump yang disebut “Operation Warp Speed”. Langkah itu bertujuan untuk mempercepat produksi vaksin Covid-19 yang saat ini telah menewaskan lebih dari 650.000 jiwa di ratusan negara.(Ant/Rts)

Editor: Aprianoor

Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Internasional

China Uji Coba Vaksin Covid-19 pada Manusia di Uni Emirat Arab
apahabar.com

Internasional

Enam Mayat WNI di Pantai Johor Malaysia, Diduga Pekerja Ilegal
apahabar.com

Internasional

Dililit Utang, Malaysia Airlines Terancam Bangkrut?
apahabar.com

Internasional

Kim Jong Un: Tak Akan Ada lagi Perang, Senjata Nuklir Hanya untuk Bertahan
apahabar.com

Internasional

Berikan Penghormatan untuk Korban Pembantaian, Ini yang Dilakukan Geng Suku Asli Australia di Depan Masjid Christchurch
apahabar.com

Internasional

Korea Selatan Wajibkan Tes Covid-19 Bagi Tentara AS
apahabar.com

Internasional

REG-COV2, Obat Eksperimen Covid-19 Dipakai Donald Trump
apahabar.com

Internasional

Satu Orang Meninggal Setiap 7 Menit di Iran Akibat Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com