Masih Berantakan, KPU HST Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Besok Bupati Sleman Positif Covid-19 Pascavaksinasi, Berikut Penjelasan Kemenkes Kecelakaan di Tabalong, Pengemudi Terios Meninggal Dunia Jubir Covid-19 Banjarmasin Tak Kebal Corona, Wali Kota Beber Faktanya Kalsel Hujan hingga Lusa, Tanbu-Kotabaru Kudu Waspada!

MPLS Online Terkendala Kuota, Ini Solusi SMAN 1 Banjarbaru

- Apahabar.com Senin, 13 Juli 2020 - 15:55 WIB

MPLS Online Terkendala Kuota, Ini Solusi SMAN 1 Banjarbaru

Kepala Sekolah SMAN 1 Banjarbaru, Finna Rahmawati saat ditemui apahabar.com, Senin (13/7) siang. Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

apahabar.com, BANJARBARU – Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara online di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Banjarbaru lancar meski terkendala kuota dan sinyal.

“Untuk MPLS online hari ini memang berbeda dari MPLS touring (bertemu langsung) ya karena jelas siswanya tidak berada di sekolah, jadi kita membuat semacam link untuk kegiatan MPLS dengan diisi materi-materi,” ujar Kepala Sekolah SMAN 1 Banjarbaru, Finna Rahmawati kepada apahabar.com, Senin (13/7) siang.

Ditanya kendala dalam penerapan MPLS melalui daring , Finna menatakan, “Jelas ada, kendalanya karena kita membutuhkan kuota internet, anak-anak baru di hari pertama ini ya mereka kesulitan masuk ke dalam (link) karena mereka tidak memahami aplikasi-aplikasi yang digunakan juga karena jaringan internetnya lelet,” ungkap Finna.

Ada lagi, lanjut Finna, siswa yang tidak punya email sehingga harus pelan-pelan diarahkan. Untuk itu, dia meminta kepada seluruh siswa baru agar tetap mengaktifkan telepon dan Whatsappnya agar mudah dihubungi.

“Karena kita akan bantu terus, jadi kakak-kakak dari OSIS-nya mereka membantu terus keluhan-keluhannya apa dan mereka membantu,” terangnya.

SMAN 1 Banjarbaru juga sebelumnya telah mengingatkan kepada para orang tua agar mendukung, membimbing, dan mengawasi putra-putrinya selama mereka mengikuti kegiatan MPLS.

Untuk kendala kuota, sebelumnya atau ketika PSBB, sekolah favorit ini telah memberikan bantuan melalui dana BOS kepada siswa kurang mampu sebesar Rp100 ribu guna keperluan internet.

Prakiraan untuk penggunaan kuota sendiri, menurut Finna sekitar 40 hingga 50 GB (Giga Bite) per orang (siswa) per bulan. Namun dikarenakan kemampuan pendanaan terbatas maka tidak bisa diberikan secara berkelanjutan.

“Mungkin dari Dinas Pendidikan provinsi akan ada bantuan kuota untuk anak yang kurang mampu tetapi tidak banyak paling untuk SMAN 1 sekitar 24 orang anak, mereka juga akan dapat bantuan peralatan sekolah,” jelasnya.

Solusi lain terkait kuota internet ini, Finna mengatakan, ia dengan para guru sepakat agar tidak selalu menggunakan video dalam penyampaian materi, kalaupun menggunakan video harus dengan resolusi rendah.

“Kami paham mereka membutuhkan internet, jadi guru nanti tidak terlalu banyak memberikan video-video. Saya akan mengingatkan pada guru-guru kalau mereka mengajarkan melalui video itu paling tidak resolusi diperkecil juga jangan terlalu banyak. Bikin sendiri bagaimana materi pelajaran bisa disampaikan,” bebernya.

Di luar dari kendala tersebut, Finna menerangkan kegiatan MPLS secara online berjalan lancar dengan kerjasama yang baik antara Osis dan siswa baru.

“Nanti akan ada streaming yang tidak bisa ditinggal, mereka bisa mengakses melalui aplikasi dan nanti mereka akan membuat semacam resume, puisi. Jadi mereka tetap harus mengikuti semua kegiatan itu walaupun mereka di rumah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan MPLS ini terbagi menjadi beberapa sesi dan berlangsung dari 13 hingga 15 Juli mendatang.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Nurul Mufidah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Diguyur Hujan, Pohon Langka di Jalan Ahmad Yani Tumbang

Kalsel

Ini Lho Sederet Program AnandaMu untuk Tingkatkan Budaya Literasi di Kota Banjarmasin
Pembunuh Sadis

Kalsel

Melawan, Pembunuh Sadis di Warung Remang Bungur Didor Tim Serigala Tapin
apahabar.com

Kalsel

Siang ini, Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat Bakal Guyur Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Sampel Swab Banjarmasin Masuk Daftar Tunggu, Ibnu Usulkan Beli Sendiri
apahabar.com

Kalsel

Pilbup Balangan 2020: Ansharuddin Minta Kader Golkar Jaga Nama Baik Partai
apahabar.com

Kalsel

Razia Masker H2, Warga di Banjarmasin Ngacir Saat Ditindak
apahabar.com

Kalsel

Ngantor ke DPRD Kalsel, Bang Dhin Naik Ojol Lokal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com