Bupati Anang Resmikan SAMTA, Sekolah Alam Perdana di Tabalong Warga Eks Bioskop Cempaka Geger, Pria Tewas Bersimbah Darah 7 POPULER KALSEL: Ibu Bunuh Anak di Benawa HST hingga Ketua Nasdem Tala Buron Positif Sabu, Oknum Anggota DPRD Tala Terancam Dipecat! Hasil Visum: 2 Anak yang Diduga Dibunuh Ibu di Benawa HST Mati Lemas!

Najwa Shihab dan Cerita Kedekatannya dengan Dunia Literasi

- Apahabar.com Sabtu, 25 Juli 2020 - 20:40 WIB

Najwa Shihab dan Cerita Kedekatannya dengan Dunia Literasi

Najwa Shihab.Foto-Akurat.co

apahabar.com, BANJARMASIN – Dunia literasi sudah tak asing bagi seorang Najwa Shihab. Tak heran jika Nana, sapaan akrabnya, akhirnya diberi kepercayaan sebagai Duta Baca Indonesia sejak 2016.

“Saya beruntung karena lahir di keluarga yang cinta ilmu dan pendidikan yang mendorong setiap keluarga untuk mau membaca buku,” ungkap Nana saat menjadi narasumber dalam Talkshow Virtual bersama Dispersip Kalsel, belum lama ini.

Sejak kecil, putri kedua dari pasangan Muhammad Quraish Shihab dan Fatmawati Assegaf sudah akrab dengan dunia literasi. Bahkan dalam tradisi keluarganya, mereka memiliki satu hari khusus untuk memenuhi koleksi bacaan di toko buku.

“Sepanjang saya SD, ada satu hari khusus di mana saya dan Kakak akan diajak Abi Quraish ke toko buku cukup besar di Jakarta setiap hari Kamis,” ungkapnya.

Selain berlangganan majalah anak-anak, koleksi bacaan yang dia miliki juga disulap menjadi perpustakaan mini di rumahnya. Perpustakaan mini itu kemudian dia sewakan untuk setiap tamu maupun tetangga yang ingin meminjam koleksi miliknya.

“Ada fee-nya Rp 25. Uangnya akan kami belikan buku lagi setiap hari kamis dan itu terus berulang,” tuturnya.

Jauh sebelum bisa mengeja kata, sang ibu lah yang menjadi guru pertama baginya dalam mengenal dunia buku. Kecintaan itu dia rasakan setiap kali mendengarkan sang ibu mendongeng sebelum tidurnya.

“Ibu saya selalu mendongeng lewat buku cerita. Saya merasa beruntung. Itu menjadi kunci karena bisa melahirkan anak yang bisa membaca sejak kecil,” ungkap mantan presenter Metro TV.

Kebiasaan yang ditanamkan sejak kecil tersebut akhirnya menjadi aktivitas rutin bagi wanita kelahiran 16 September 1977. Dia percaya peran keluarga memiliki andil dalam melahirkan anak-anak yang bisa mencintai buku dan ilmu pengetahuan.

“Rasanya ada yang kurang kalau sehari tidak membaca buku atau sekadar melanjutkan membaca novel, majalah dan koran,” katanya.

Peran keluarga menjadi contoh terbaik dalam menumbuhkan ketertarikan pada literasi. Orang tua menjadi contoh bagi anak agar terdorong bersikap kritis dan haus akan ilmu pengetahuan melalui buku yang dia baca.

“Lewat buku akan membuat kecintaan membaca lahir sejak dini dan bertahan sampai akhir zaman,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Repoter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

SBY: Dengan Bersatu, Masa yang Berat Ini Akan Berlalu
apahabar.com

Nasional

Tanggapan Boediono mengenai Ekonomi Dunia Saat Ini
apahabar.com

Nasional

Hari Bumi 2019, Pencinta Alam Kalsel Tegaskan Sikap Save Meratus!
apahabar.com

Nasional

Suara Misterius Juga Terdengar Meraung-raung di Langit Semarang
apahabar.com

Nasional

Viral Tak Capai Target Penjualan, Sales HP Dihukum Makan Terasi

Nasional

Jika Rizieq Penuhi Panggilan Polisi, Massa PA 212 Siapkan Strategi
cuaca

Nasional

Hari Ini, BMKG Prediksi Cuaca Berawan hingga Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Indonesia
apahabar.com

Nasional

Sidang MK, KPU: Situng Diretas 15 Menit Pulih
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com