ga('send', 'pageview');
Breaking News! Kabar Duka, Kadisdik Banjar Maidi Armansyah Meninggal Dunia Sebelum Wafat, Kondisi Wali Kota Banjarbaru Naik Turun Geger Mayat Mengapung di Laut Tanbu, Polisi Sulit Identifikasi Jelang Magrib, Api Gegerkan Blok Ikan Pasar Kandangan Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan




Home Hikmah Religi

Rabu, 8 Juli 2020 - 06:00 WIB

Orang Tua yang Beruntung dalam Islam, Siapakah Mereka?

Redaksi - apahabar.com

Ilustrasi. Foto-Net

Ilustrasi. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Tidak sedikit orang tua bernasib malang ditelantarkan anaknya. Juga, ada yang sampai akhir hayat di panti jompo karena tak ada yang mengurusnya. Akankah keberuntungan menghampiri kita dan menghadap Ilahi dalam keadaan husnul khatimah?

Ada kisah hari ulang tahun pernikahan ke-60 dari orang tua salah seorang pejabat tinggi negara. Kedua orang tua yang sepuh itu disandingkan layaknya pengantin baru.

Kesyahduan semakin terasa ketika anak nan berjaya menyampaikan sambutan.

“Bapak dan Ibu tercinta. Kami, anak dan cucumu mengucapkan terima kasih atas pengorbanan dalam membesarkan dan mendidik kami. Mohon maaf atas segala salah dan lengah kami dalam berbakti. Acara ini kami persembahkan sebagai tanda terima kasih, semoga Bapak dan Ibu bahagia.”

Baca juga :  Kisah Batu yang Membawa Lari Baju Nabi Musa AS

Lalu, sang Bapak itu pun menyahut. “Anak-anak dan cucuku tersayang. Sungguh, kami berdua sangat berterima kasih dan bahagia atas pengabdian kalian selama ini.

Mohon maaf jika telah merepotkan dalam mengurus kami. Semoga Allah SWT memberkahi hidup kalian dunia dan akhirat”. Ia pun terdiam sejenak menahan tangis, hingga anak cucunya memeluk mereka.

Anak yang berbakti (birrul waldain) pun, akan memperoleh keberuntungan. Pertama, akan mendapat ridha Allah SWT sebab ridha orang tuanya. (HR at-Turmudzi).

Kedua, akan diberi panjang umur dan lapang rezeki. (HR Ahmad). Ketiga, senantiasa mendapat kemudahan karena doa orang tuanya (HR Ahmad). Keempat, akan dibuka pintu surga yang tengah untuk dilaluinya. (HR Ibnu Majah). Kelima, akan dimuliakan Rasulullah SAW, seperti Uwais al-Qorni yang berbakti pada ibunya. (HR Muslim).

Baca juga :  Kisah Batu yang Membawa Lari Baju Nabi Musa AS

Keenam, anak-anaknya kelak akan berbakti kepadanya. (HR ath-Thabrani).

Akhirnya, menjadi orang tua yang beruntung bukan hanya karena ikhtiar dalam mendidik anak, melainkan juga karunia Ilahi. Semasa hidup mendapat bakti dan setelah wafat menerima doa anak yang saleh.

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.” (rep)

Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Muhammadiyah Keluarkan Fatwa Ibadah Ramadan Terkait Corona
apahabar.com

Habar

Ciri Malam Lailatur Qadar, Apakah Sudah?
apahabar.com

Religi

Beruntungnya Berteman Orang Baik, Abu Darda Mengalaminya
Update Penginapan Gratis Haul Guru Sekumpul: 10 Ribu Jemaah Sudah Booking

Habar

Update Penginapan Gratis Haul Guru Sekumpul: 10 Ribu Jemaah Sudah Booking
apahabar.com

Religi

Kisah Wali Allah di Banua, Makam Datu Nuraya Disebut Terpanjang di Dunia
apahabar.com

Hikmah

Tiga Peristiwa Bersejarah pada Bulan Ramadan
apahabar.com

Habar

PWNU Kalsel Ingatkan Masyarakat Ikuti Langkah Pemerintah Antisipasi Covid-19
Pengobatan Ala Nabi Muhammad: Manfaat Henna

Hikmah

Pengobatan Ala Nabi Muhammad: Manfaat Henna
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com