Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Partisipasi Warga Kapuas ke Posyandu Masih Rendah, Kenapa?

- Apahabar.com Selasa, 28 Juli 2020 - 20:13 WIB

Partisipasi Warga Kapuas ke Posyandu Masih Rendah, Kenapa?

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bersama Ketua TP PKK Kapuas Ary Egahni saat meresmikan salah satu Posyandu di Desa Pulau Telo beberapa waktu lalu. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Tingkat partisipasi kunjungan masyarakat ke Posyandu di Kabupaten Kapuas, Kalteng masih terbilang rendah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas bahwa cakupan kehadiran masyarakat ke Posyandu rata-rata hanya 62,30 persen.

“Kenapa masih rendah, penyebab pertama karena pandemi Covid-19. Petugas kita dan kader posyandunya juga tidak keluar rumah karena ada imbauan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Apendi, di Kuala Kapuas, Selasa (28/7).

Penyebab kedua, menurut Apendi, para orang tua biasanya tidak lagi membawa anaknya ke Posyandu di saat anaknya berusia diatas satu tahun.

“Tujuan ke Posyandukan agar anak mendapatkan imunisasi dan sebagainya. Namun setelah anaknya berusia diatas satu tahun ibu-ibu tidak begitu membawa anaknya ke Posyandu mengingat hanya untuk ditimbang-timbang saja,” ujarnya.

Karena itu Apendi berpesan kepada semua kader Posyandu ditingkat kecamatan dan desa agar dapat mensosialisaikan kepada masyarakat akan pentingnya penimbangan untuk balita.

“Pentinganya penimbangan terhadap balita untuk mengetahui gizinya karena masa emas perkembangan balita itu dua tahun,” terang Apendi.

“Jadi, kita datang ke Posyandu itu bukan hanya untuk mendapatkan imunisasi saja, tetapi kita juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan bagi bayi maupun anak balitanya,” tambah Apendi.

Sementara itu Ketua TP PKK Kapuas, Ary Egahni Ben Bahat, mengajak pihak terkait untuk membuat program dengan ide yang kreatif dan inovatif sehingga angka kehadiran masyarakat ke Posyandu bisa meningkat.

Editor: Syarif

Reporter: Ahc25 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Cegah Corona, Tim Gabungan Gugus Tugas Barut Razia THM
apahabar.com

Kalteng

Maut di Muara Teweh, Sopir Truk Terpanggang Hidup-Hidup
apahabar.com

Kalteng

Barito Utara Mulai Diselimuti Kabut Asap
apahabar.com

Kalteng

Diduga Tersesat, Orangutan Masuk Dekati Permukiman di Desa Lampeong II
apahabar.com

Kalteng

Jantur Doyan, Air Terjun di Barut yang Doyan Makan Tumbal
kalteng

Kalteng

Sejumlah Desa di Barut Kelola Mata Air Pegunungan dari Dana Desa
apahabar.com

Kalteng

Demokrat Kalteng Kehilangan Sosok Edhie Wibowo
Tangani Covid-19, Pemkab Barut Tambah Anggaran Jadi 17,6 Miliar

Kalteng

Tangani Covid-19, Pemkab Barut Tambah Anggaran Jadi 17,6 Miliar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com