Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres Live Streaming SCTV & Link Siaran Langsung Liga Champions Ajax vs Liverpool, Prediksi Pemain!

Pemkab Banjar Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik

- Apahabar.com Kamis, 16 Juli 2020 - 19:51 WIB

Pemkab Banjar Mulai Terapkan Tanda Tangan Elektronik

Bimtek penggunaan tanda tangan elektrik aplikasi BSrE di Aula Barakat Martapura, Kantor Bupati Banjar, Kamis (16/7). Foto-diskominfobanjar for apahabar.

apahabar.com, MARTAPURA – Tanda tangan elektronik Aplikasi BSrE mulai diterapkan di lingkup Pemkab Banjar.

Bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan tanda tangan elektrik aplikasi BSrE sudah dilaksanakan oleh Diskominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar, di Aula Barakat Martapura, Kantor Bupati Banjar, Kamis (16/7).

Sekda Banjar, HM Hilman menyebut tanda tangan elektronik merupakan salah satu implementasi dari Smart City di Kabupaten Banjar.

“Wujud dari tata kelola pemerintahan memanfaatkan sistem elektronik, yang dapat mempermudah penyelenggaraan pemerintahan, cepat serta sesuai dengan perencanaan,” ucap Sekda Banjar saat membuka Bimtek.

Hilman mengungkapkan transaksi elektronik dapat berdampak buruk seperti risiko penipuan identitas.

Untuk itu, kata Hilman, diperlukan mekanisme untuk menjaga integritas dokumen dan transaksi elektronik serta menjamin keaslian identitas para pihak yang bertransaksi secara elektronik.

Ia meyakini salah satu solusi untuk menjaga identitas terpercaya, adalah dengan menggunakan tanda tangan elektronik.

“Hal ini juga lebih diyakinkan dengan perlindungan keaslian tanda tangan di aplikasi ini di-bawah pengawasan BSSN, namun jika ditemukan adanya penyalahgunaan, maka sudah jelas dapat dikenakan sanksi hukum pidana,” terang Hilman.

Kadiskominfo, Statistik dan Persandian, HM Aidil Basith menyampaikan bimtek tentang Tanda Tangan Elektronik (TTE) sesuai Undang Undang No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Bimtek ini merupakan upaya percepatan implementasi penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dalam hal pemenuhan aspek keamanan informasi serta memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai sertifikat elektronik.

“Penerapan tanda tangan elektronik ini harapannya pada setiap instansi atau organisasi melaksanakannya, karena lebih menjamin keamanan dan kepastian hukum pada dokumen dan transaksi elektronik,” katanya.

Editor: Puja Mandela

Reporter: Hendra Lianor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

Jadi Dewas PD Baramarta, Ini Upaya Siti Mahmudah Majukan Perusahaan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

4 Pegawai Positif Covid-19, Pelayanan Tatap Muka Disdukcapil Banjar Diundur
apahabar.com

Kabupaten Banjar

PKB Isyaratkan Dukung Petahana Maju di Pilkada Banjar
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Komitmen Bupati Banjar Bangun Zona Bebas Korupsi
apahabar.com

Kabupaten Banjar

TMMD di Desa Biih Dibuka, Target 30 Hari Selesai
apahabar.com

Kabupaten Banjar

ODP di Martapura Didominasi Warga yang Datang dari Luar Daerah
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Gebrak Masker, Ketua TP PKK Banjar Bagikan Ribuan Masker Gratis
Apahabar.com

Kabupaten Banjar

Kemarau Diprediksi Awal Juli, Pemkab Banjar Bersiap Hadapi Karhutla
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com