ga('send', 'pageview');
Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan Covid-19 di Bappeda Kalsel: Puluhan Positif, Satu Meninggal Dunia Tragedi Ledakan Berantai di Beirut: Puluhan Tewas, Ribuan Luka-Luka, Satu WNI Isu Save Meratus Mencuat, Konsesi PT MCM Masih Ada di HST Nih, Hasil Swab Wali Kota Banjarmasin Usai Bertemu Nadjmi Adhani




Home Habar Religi

Selasa, 7 Juli 2020 - 10:23 WIB

Pendaftaran Haji Dibuka Online, Syaratnya Diperketat

Redaksi - apahabar.com

Masjidil Haram. Foto-net

Masjidil Haram. Foto-net

apahabar.com, RIYADH – Pemerintah Arab Saudi membuka pendaftaran calon jemaah haji secara online, Senin (7/7). Dari total 10.000 kuota jemaah yang diterima, 70 persen jemaah haji akan diberikan kepada orang asing yang tinggal di Saudi, dengan warga lokal hanya mendapatkan sisa jatahnya, yakni 30 persen.

Seperti dilansir SaudiGazette, Arab Saudi memang telah memutuskan untuk mengizinkan hanya 10.000 peziarah domestik untuk melakukan haji tahun ini setelah pecahnya pandemi virus Corona. Kondisi kesehatan yang baik akan menjadi kriteria utama untuk memungkinkan pelaksaaan haji tahun ini.

Di antara warga Saudi, hanya praktisi kesehatan dan personel keamanan yang telah pulih dari virus Corona, yang diizinkan atau masih dapat melakukan haji tahun ini. Mereka akan diambil dari database orang-orang yang pulih yang telah memenuhi kriteria kesehatan untuk melakukan ibadah haji. Ini sebagai pengakuan atas peran terpuji mereka dalam menjaga kesehatan berbagai segmen masyarakat dalam semua fase perang melawan pandemi,
Kantor berita Saudi Press Agency melaporkan dengan mengutip sumber-sumber kementerian mengatakan bahwa pendaftaran di situs web (localhaj.haj.gov.sa) untuk ekspatriat dimulai pada Senin dan akan berakhir pada Jumat (10 Juli) dan hasilnya akan diumumkan pada Minggu (Juli) 12).

Baca juga :  Tidur Siang Dianjurkan Rasulullah, Ada Keutamaannya

Pemilihan ekspatriat yang memenuhi syarat dan kinerja ziarah mereka akan benar-benar sejalan dengan protokol pencegahan pandemi virus Corona.

Nantinya, hanya para ekspatriat atau pekerja asing yang berusia antara 20 tahun dan 50 tahun dan tidak menderita penyakit kronis yang bisa mendaftar.

Para pelamar harus menyatakan bahwa mereka tidak memiliki diabetes, tekanan darah, penyakit jantung, dan penyakit pernapasan. Orang asing di Saudi harus menyatakan diri tidak pernah terinfeksi virus corona atau menunjukkan gejalanya. Mereka harus pula memperoleh sertifikat setelah menjalani tes medis polymerase chain reaction (PCR).

Para pelamar harus memberikan pernyataan melalui pendaftaran di situs web bahwa mereka tidak melakukan haji sebelumnya dan bahwa mereka akan tetap di karantina rumah wajib selama 14 hari sebelum haji serta 14 hari setelah haji. Mereka harus juga bersedia melakukan kontak dengan Kementerian Kesehatan setiap hari melalui aplikasi mobile sesuai dengan protokol yang disetujui oleh kementerian.

Baca juga :  Khalifah Pertama yang Mundur dari Jabatannya

Kementerian haji Saudi juga mensyaratkan agar para calon jemaah haji tahun 2020 ini mengajukan pendaftaran melalui jalur elektronik. Dan ini akan diperlakukan sebagai pengajuan awal, dan nantinya pada pendaftaran akhir untuk haji akan dipakai sebagai dipertimbangan dan memastikan bahwa pemohon telah memenuhi semua kesehatan dan standar peraturan.

Hasil pengajuan pendaftaran haji akan dikirim ke pelamar melalui pesan teks pada nomor ponsel yang disebutkan dalam aplikasi. Kementerian juga menyatakan bahwa aplikasi tersebut akan dianggap dibatalkan jika terjadi ketidakpatuhan terhadap persyaratan kesehatan atau peraturan. Kementerian Haji juga berhak membatalkan persetujuan kapan saja jika menemukan perbedaan dalam informasi yang diberikan.

Editor: Muhammad Bulkini

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

Pengajian Ramadan Bersama Guru Zuhdi, Cara Masuk Surga Lebih Cepat dari Bidadari
apahabar.com

Habar

Jelang Haul ke 15 Guru Sekumpul,  Peziarah Makin Membludak
apahabar.com

Habar

Jumlah Jemaah Haul Meningkat, Kapolres Banjar Prediksi di Atas Satu Juta
apahabar.com

Habar

Kader Muda NU Hadirkan Habib Seggaf Baharun di Tabligh Akbar, Catat Tanggalnya
apahabar.com

Religi

Setelah Bertemu Syekh Yasin, KH Mahfudz Amin Mau Menonton Televisi
apahabar.com

Habar

Ribuan Pengamal Tarekat Hadiri Pembukaan World Sufi Forum di Pekalongan
Syekh Al Kandahlawi Sebut Tiga Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab

Hikmah

Syekh Al Kandahlawi Sebut Tiga Amalan Masuk Surga Tanpa Dihisab
apahabar.com

Religi

Haul Guru Sekumpul, Puluhan Sekolah Diliburkan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com