Tim Paman Birin Blunder Ancam Polisikan Warga Soal Banjir Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin

Peran Pengawasan Dewan Kota Mampu Turunkan SILPA APBD 2019

- Apahabar.com Kamis, 2 Juli 2020 - 14:30 WIB

Peran Pengawasan Dewan Kota Mampu Turunkan SILPA APBD 2019

Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya dan Wakil Ketua DPRD Banjarmasin HM Yamin HR. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya menyambut baik kinerja Pemerintah Kota Banjarmasin dalam menurunkan Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (SILPA) APBD 2019 menjadi sekitar sisa Rp269 miliar dibandingkan SILPA APBD tahun 2018 sekitar Rp381 miliar.

Keberhasilan itu tak lepas pula dari peran serta anggota dewan Banjarmasin. Dikatakan Harry, dewan dalam menjalankan fungsi pengawasan dewan selalu berusaha menekan SKPD untuk memaksimalkan anggaran masing-masing.

“Saya mengapresiasi penggunaan APBD 2019, yang berhasil menurunkan SILPA dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Banjarmasin HM Yamin senada Harry Wijaya juga mengapresiasi kinerja Pemkot Banjarmasin memaksimalkan APBD 2019, sehingga berhasil menurunkan SILPA.

“Saya berharap penggunaan APBD ini efisien, akuntabilitas, dan transparan. Sehingga pembangunan Banjarmasin lebih maksimal,” sebutnya.

Sementara Wali Kota Ibnu Sina menjelaskan, APBD 2019 dibandingkan tahun sebelumnya menurun dari Rp381 miliar menjadi Rp269 miliar atau sekitar 29 persen.

Menurutnya, Silpa tersebut wajar karena dalam penggunaan APBD selalu ada efisiensi. Selain itu, dalam pengadaan kegiatan proyek selalu ada sisa anggaran.

“Misalnya pagu proyek nilainya Rp20 miliar namun dilelang dan dapat pemenang di angka Rp14 miliar, maka terdapat sisa,” terangnya.

Menurut Ibnu Sina realisasi Pendapatan lebih dari 92% dan realisasi belanja daerah 82% merupakan angka yang bagus. Bukan tanpa alasan, Ibnu menyebut Pemkot Banjarmasin berhasil menekan Silpa tahun anggaran 2019 sebesar Rp269,7 miliar, lebih rendah dibandingkan Silpa di APBD 2018 sekitar Rp381 miliar.

“Artinya banyak APBD yang bisa kita realisasikan yang diserap untuk pembangunan, SILPA nyaris tidak bisa dihindarkan, sebab Pemkot Banjarmasin melakukan efesiensi anggaran,” tandasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Ahya Firmansyah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Siap-Siap, Satlantas Polresta Banjarmasin Segera Gelar Razia
apahabar.com

Kalsel

Biddokes Polda Kalsel Gelar Foto Extra Oral 50 Tahanan
apahabar.com

Kalsel

Wakil Rakyat Sesalkan Kisruh Napi di Kalsel Terancam Gagal Nyoblos
apahabar.com

Kalsel

PMI Tapin Salurkan 50 Karung Pakaian Layak Pakai ke Korban Kebakaran Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Diresmikan Bupati, Yayasan Saber HST Buka Layanan
apahabar.com

Kalsel

6 Tenaga Medis RSUD Kotabaru Positif Covid-19, Pelayanan Klinik Ditutup Sementara!
apahabar.com

Kalsel

Tenang, Stok Daging Beku untuk Haul Sekumpul Ke-14 Dijamin Aman
apahabar.com

Kalsel

Setahun Raib, Motor Kesayangan Pemuda Tapin Kembali
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com