Usai Kios Pasar Kuripan Dibongkar, Pemkot Banjarmasin Incar Ruko dan TPS Veteran BMW M1 milik mendiang Paul Walker “Fast and Furious” Dilelang Rumdin Kepala Kemenag HSU Ambruk ke Air, Begini Nasib Penghuninya 2 Segmen Rampung, Jembatan Bailey Pabahanan Tala Sudah Bisa Dilewati Kenakan Sarung, Mayat Gegerkan Warga Ratu Zaleha Banjarmasin

PFI Kecam Pernyataan Anji Soal Foto Jenazah Covid-19 Terbungkus Plastik

- Apahabar.com Senin, 20 Juli 2020 - 10:27 WIB

PFI Kecam Pernyataan Anji Soal Foto Jenazah Covid-19 Terbungkus Plastik

Anji Manji. Foto-Instagram/duniamanji

apahabar.com, JAKARTA – Organisasi profesi Pewarta Foto Indonesia (PFI) mengecam pernyataan Anji terkait sebuah foto karya jurnalistik mengenai jenazah Covid-19 yang menjadi viral di media sosial.

Dalam keterangan resminya, Senin (20/7), PFI mengecam Anji karena membuat opini penghakiman sepihak terhadap foto karya jurnalistik yang dibuat oleh Joshua Irwandi, fotografer yang mendapatkan grant dari National Geographic.

“PFI Pusat telah menghubungi Joshua Irwandi terkait foto tersebut untuk memastikan keabsahan dari karya jurnalistiknya yang viral itu. Dari hasil diskusi tersebut, Joshua telah mematuhi kode etik jurnalistik, mematuhi prosedur perizinan, dan mengikuti segala macam protokol kesehatan yang diwajibkan oleh pihak rumah sakit,” kata Ketua PFI Pusat Reno Esnir, Senin.

Lebih lanjut, Reno menegaskan bahwa Kerja Jurnalistik dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik. PFI pun mengeluarkan 6 pernyataan terkait pernyataan mantan personel Drive tersebut.

“PFI mengecam serta mengutuk opini yang tidak berimbang dan terkesan dibuat-buat dari saudara Anji, yang menyebabkan keresahan di kalangan pewarta foto, fotografer dan masyarakat umum,” ujar Reno Esnir.

apahabar.com

Postingan Anji terkait foto hasil karya Fotografer Joshua Irwandi. Foto-Instagram/duniamanji

Dia menambahkan bahwa PFI juga mendesak Anji untuk meminta maaf secara terbuka kepada seluruh pewarta foto Indonesia dan menghapus unggahan di akun Instagram pribadinya terkait foto karya Joshua Irwandi.

“PFI memdesak sdr. Anji untuk meluruskan apa yang sebenar-benarnya terjadi, sebelum, saat, dan sesudah proses pengambilan foto jurnalistik karya Joshua Irwandi di Instagram,” terang Reno.

“Kami berharap agar tidak lagi ada yang membandingkan kerja jurnalistik pewarta foto dengan buzzer, influencer, Youtuber, Vlogger, dan sejenisnya. Karena kerja jurnalistik dilandasi oleh fakta yang ada di lapangan, memiliki kode etik yang jelas, dan dilindungi oleh undang-undang,” tegas Reno.

Sebelumnya, Anji mengomentari sebuah unggahan foto karya Joshua Irwandi mengenai jenazah pasien Covid-19 yang menjwdi viral di media sosial. Anji menyebut ada beberapa kejanggalan dalam foto tersebut

Menanggapi hal itu, Anji pun berencana memberikan klarifikasi mengenai komentarnya terkait foto karya jurnalistik mengenai jenazah pasien Covid-19.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Kiki - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Ini 5 Destinasi Wisata di Papua yang Menarik Untuk Dikunjungi

Gaya

Ingin Sukses? Tiru 4 Kebiasaan Baik Ini
Adobe

Gaya

Adobe Flash Player Berakhir Mulai 12 Januari, Pengguna Disarankan Hapus Program
apahabar.com

Gaya

8 Profesi WFH Populer, Apa Saja?
apahabar.com

Gaya

Xiaomi Bakal Rilis Redmi Note 9 Akhir Bulan Ini
apahabar.com

Gaya

Harga dan Spesifikasi Realme C17, Tipe Tertinggi Seri C Pesaing Xiaomi Redmi Note 9
apahabar.com

Gaya

Selama WFH, Tablet Samsung Diminati untuk Bekerja
apahabar.com

Gaya

Tips Berkendara Aman Ala Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com