Perselingkuhan Istri Polisi dan Penjual Buah di Palangka Raya Terbongkar Polisi Ungkap Kronologis Kebakaran Maut di Beruntung Baru Sakit Hati, Motif Disebarnya Video Mesum 13 Detik di Samarinda Banjarmasin Terendam, Analisa Pemkot Kenapa Meluas-Siapkan Pompanisasi Terungkap, Bendahara HKN Banjarmasin Sempat Tarik Duit Ratusan Juta

Pokdakan HST Dapat Bantuan PSBI Kalsel, Berry: Manfaatkan Sebaik-baiknya

- Apahabar.com     Rabu, 22 Juli 2020 - 11:04 WITA

Pokdakan HST Dapat Bantuan PSBI Kalsel, Berry: Manfaatkan Sebaik-baiknya

Wabup Berry dan Kepala Grup BI Kalsel, Rahmat Dwi Saputra meresmikan PSBI Dedikasi untuk Negeri di Telang, Selasa (21/7). Foto: Prokom HST for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kecamatan Batang Alai Utara (Batara), Hulu Sungai Tengah (HST) mendapat bantuan dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Perwakilan Kalsel.

Bantuan dari PSBI ini merupakan Dedikasi untuk Negeri 2019.

Program bantuan itu diserahkan kepada Pokdakan Maju Bersama Desa Telang dan Pokdakan Desa Labung Anak. Keduanya yang menerima bantuan berupa keramba, benih ikan serta pakannya.

apahabar.com

Wabup Berry mencoba memancing di kolam Pokdakan Maju Bersama di Telang, Selasa (21/7). Foto: Prokom HST for apahabar.com

Kemudian, PSBI itu diresmikan oleh Wakil Bupati (Wabup) HST, Berry Nahdian Forqan didampingi Kepala Grup BI Kalsel, Rahmat Dwi Saputra di Telang, Selasa (21/7).

Atas bantuan sosial itu, Berry mengucap terima kasih dan apresiasi atas kerja sama, partisipasi dan kepedulian BI. Sebab BI dinilainya ikut serta mendukung pembangunan sektor peternakan dan perikanan di HST.

“Semoga kerja sama antara BI dan Pemkab HST terus terjalin harmonis dan berkelanjutan,” ujar Berry.

Sebab, lanjut Berry, dengan terjalinnya kerja sama itu dapat menentukan dan melaksanakan langkah langkah koordinatif dan sinergitas. Terutama dalam mendorong pertumbuhan sektor riil dan UMKM melalui pengembangan program klaster budidaya ikan lokal.

“Kita tentunya sangat bersukur dengan adanya bantuan berupa keramba, benih ikan dan pakan, melalui program sosial Bank Indonesia,” ucap Berry.

Kepada Pokdakan Telang dan Labung Anak, Berry berpesan agar manfaatkan bantuan itu dengan sebaik baiknya. Terlebih di tengah pandemi saat ini.

Dengan sektor perikanan itu, Berry berharap mampu menjadi salah satu strategi untuk mendorong kembali pertumbuhan ekonomi.

“Kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, agar senantiasa meningkatkan fungsi dan tugasnya. Tetap bersinergi dan selalu berkoordinasi dengan para kelompok pembudidaya ikan. Terutama dalam upaya mendorong pertumbuhan di sektor perikanan,” pesan Berry.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Hj Sunar Wiwarni dalam laporannya mengatakan dasar pelaksanaan hal tersebut berdasarkan MoU atau Nota Kesepahaman Kantor BI Kalsel dengan Pemakab HST.

MoU tersebut bernomor 180/03/NKB/2018 Tanggal 6 Maret 2018.

“Tujuannya, mendukung program perikanan budidaya melalui penguatan program terpadu. Agar meningkatkan prodktivitas perbaikan managemen, memperbaiki distribusi produksi dan mekanisme pasar,” ujar Sunar.

Dia juga menjelaskan, dukungan kegiatan pembudidayaan ikan lokal mengalir dari pihak Pasca Sarjana Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

“ULM telah bekerja sama dengan Pemkab HST dengan melaksanakan pemetaan dan kajian sehingga terbentuk sentra-sentra atau dengan istilah Kampung Papuyu, Kampung Toman dan Kampung Haruan,” tutup Sunar.

Pada kegiatan ini Wabup Berry dan Kepala Grup BI, Rahmat Dwi Saputra beserta rombongan ikut serta memancing di kolam budidaya ikan milik Pokdakan Maju Bersama desa Telang.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Camat Batara dan Muspika Batara serta undangan lainnya.

Editor: Aprianoor

Editor: Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tanggap Corona, Pemkab HST Perketat Pengawasan Fasilitas Kesehatan
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tingkatkan Pengetahuan, Seratus Penyuluh Agama Islam Dibina

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Bahas Kebutuhan Pelayanan, Disdik HST Godok Renstra 5 Tahun ke Depan

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Baksos Pemuda Muhammadiyah Sasar Pegunungan Meratus HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dinilai Kooperatif, Bupati HST Apresiasi 17 Eks Peserta Ijtima Ulama
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dampak Sosial Covid 19 di HST, Bupati: Bansos Harus Tepat Sasaran
Putus Mata Rantai Corona, Fasum Jadi Sasaran Gugus Tugas di HST

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Putus Mata Rantai Corona, Fasum Jadi Sasaran Gugus Tugas di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Waspada Banjir, Tim Gabungan Siaga di Aliran Sungai Hantakan HST
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com