MUSDA Kian Sengit, Rikval Fachruri Bidik Posisi Ketum HIPMI Kalsel Tersetrum, Petugas PLN di Kandangan Nyangkut di Tiang Listrik Angin Puting Beliung Ngamuk, Puluhan Rumah di Banjar Poran Poranda Pak Jokowi, Kawasan Industri Jorong Tanah Laut Butuh Investor Baru! Dinkes Banjarmasin Langgar Prokes, Pejabat Pemkot Melempem

Presiden Perintahkan UMKM & Koperasi Segera Diguyur Stimulus

- Apahabar.com Kamis, 23 Juli 2020 - 13:26 WIB

Presiden Perintahkan UMKM & Koperasi Segera Diguyur Stimulus

Presiden Jokowi berharap di kuartal ketiga, pertumbuhan ekonomi sudah harus meningkat lagi. Foto: Antara

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar pelaku UMKM dan koperasi segera diberikan stimulus relaksasi.

Pasalnya, pertumbuhan ekonomi dunia tengah melambat imbas pandemi Covid-19.

“Saya juga perintahkan cepat berikan yang namanya relaksasi, berikan restrukturisasi kepada UKM dan koperasi secepat-cepatnya,” kata Presiden Jokowi dalam acara Penyaluran Dana Bergulir untuk Koperasi dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Negara Jakarta, Kamis (23/7).

Ia mengatakan pentingnya diberikan relaksasi tersebut agar sektor koperasi dan UMKM tidak terkena imbas dari pertumbuhan ekonomi dunia yang melambat.

Saat ini ada 215 negara yang sama keadaannya dengan Indonesia yakni terkena dampak pandemi Covid-19.

“Kena krisis ekonomi, sama persis. Oleh sebab itu kita berharap di kuartal ketiga kita sudah harus naik lagi kalau enggak, enggak ngerti lagi saya, akan tetap lebih sulit kita,” katanya.

Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk bekerja sama menumbuhkan ekonomi dalam negeri.

“Untuk itu saya mengajak kita semua untuk bergerak menumbuhkan ekonomi agar tidak makin turun tapi bisa diungkit lagi naik,” katanya.

Menurut Presiden, semua memahami sekarang adalah keadaan yang tidak mudah, dan cukup sulit.

“Bagaimana mengendalikan Covid-19 dan ekonomi ini supaya berjalan beriringan bukan hal yang mudah,” katanya.

Presiden Jokowi juga meminta pemulihan konsumsi masyarakat dan ekspor yang sudah terjadi di Juli 2020, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pelaku usaha dan juga lembaga pembiayaan termasuk koperasi untuk mengungkit perekonomian.

Karenanya, dana bergulir ke Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB KUMKM) yang disiapkan sebesar Rp1 triliun melalui program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), kata Presiden, perlu segera dikucurkan kepada koperasi.

“Kita inginkan semua koperasi bergerak, UMKM juga pada awal Agustus juga akan kita berikan kepada 12 juta UMKM yang kita namakan bantuan modal kerja produktif kepada 12 juta UMKM yang kita harapkan juga akan mengungkit ekonomi kita,” ujar Presiden Jokowi.

Para menteri dan pimpinan lembaga negara juga diminta Presiden untuk mempercepat realisasi anggaran agar memberi efek berlipat ke sektor riil.

“Saya sampaikan ini juga kepada semua menteri agar belanja APBN di tiga bulan ini. Kesempatan kita ada di sini,” ujar Presiden Jokowi.

Beberapa lembaga ekonomi internasional menyatakan pertumbuhan ekonomi global pada 2020 akan terkontraksi ke level negatif.

Bank Dunia menyatakan ekonomi global akan menurun hingga minus 5 persen, sedangkan Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) memproyeksikan perekonomian akan terjerembab ke minus 6 sampai minus 7,6 persen.

Sedangkan untuk Indonesia, Presiden Jokowi memperkirakan pada kuartal II 2020 atau periode April, Mei, Juni 2020, ekonomi akan terkontraksi ke level negatif ke minus 4,3 persen.

Namun di kuartal III 2020, Presiden Jokowi meyakini Indonesia akan memasuki masa pemulihan.

“Kita hanya punya waktu untuk mengungkit ini di Juli, Agustus, September. Kalau kita bisa mengungkit ini insyaallah kuartal keempat lebih mudah, tahun depan lebih mudah,” ujar Presiden Jokowi. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Cegah Covid-19, Petugas Gabungan Razia Cafe, Billiard hingga Rumah Makan
apahabar.com

Kalsel

Jumat, Hampir Seluruh Daerah Kalsel BMKG Prakirakan Cerah Berawan
apahabar.com

Kalsel

AKBP Takdir Mattanete Pimpin Sertijab 5 Perwira di Lingkup Polres Banjar
apahabar.com

Kalsel

KPU Banjarmasin Terima 1.698 Dus Surat Suara
apahabar.com

Kalsel

106 Desa di Balangan Pilkades Serentak, Dianggarkan Rp1,3 Miliar
apahabar.com

Kalsel

Polres Tapin Sebar Petugas pada 580 TPS
apahabar.com

Kalsel

PUPR Beberkan Anggaran Pembebasan Lahan Jembatan Alalak Senilai Rp40 Milyar
apahabar.com

Kalsel

Sukses Jalankan Program Angkutan Pelajar, Kemenhub RI Hadiahi Dishub Banjarbaru Bus Sekolah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com