Waspada, Potensi Hujan Disertai Angin Kencang Ancam 9 Wilayah Kalsel Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans

RSUD, Bendungan, dan Wacana Bupati Tapin: Sektor Perkotaan Baru

- Apahabar.com     Rabu, 15 Juli 2020 - 10:33 WITA

RSUD, Bendungan, dan Wacana Bupati Tapin: Sektor Perkotaan Baru

Bupati Tapin, HM Arifin Arpan monitoring lokasi pembangunan RSUD Datu Sanggul Rantau baru. Selasa, (14/7) di Jalan Trantang Kelurahan Rangda Malingkung, Kecamatan Tapin Utara. Foto-Humas Pemkab Tapin.

apahabar.com, RANTAU – Pembangunan infrastruktur terus bertumbuh di Kabupaten Tapin. Bupati pun mewacanakan pembangunan kawasan kota baru atau Rantau Baru II di sekitar Jalan Trantang, Kelurahan Rangda Malingkung, Tapin Utara.

Wilayah itu, dianggap Bupati Tapin, HM Arifin Arpan memiliki lokasi yang sangat strategis untuk menumbuhkan perekonomian baru.

Saat ini Tapin sudah memiliki kawasan Rantau Baru yaitu di Kelurahan Rantau Kiwa, Tapin Utara. Kawasan itu difokuskan untuk wilayah perkantoran atau pusat pemerintahan, masih dalam proses pembangunan bertahap.

“Di wilayah Trantang, lokasi sekitar pembangunan RSUD Datu Sanggul baru akan kita buat kota baru atau Rantau Baru II,” ujar Arifin saat meninjau lahan pembangunan RSUD Datu Sanggul Baru, Selasa (15/7) kemari.

Lahan kosong yang masih luas dan akan menjadi lintas jalan nasional itu, menjadi alasan Arifin mencetuskan wacana perkotaan baru itu di Jalan Trantang.

“Nantikan angkutan-angkutan umum akan dialihkan ke jalan nasional sini dan jalan nasional ini nantinya akan menjadi jalur menuju Bendungan Tapin,” ujarnya.

Terkait, pembangunan RSUD Datu Sanggul Rantau yang baru di Jalan Trantang nantinya akan dibangun di tanah seluas 4,8 Hektar yang beberapa lalu sudah di sertifikati.

“Sebagai penunjang akan kita tambah sebanyak 10 hektar,” ujar Arifin.

Pemindahan RSUD Datu Sanggul Rantau itu bukan tanpa alasan, analisa pemerintah rumah sakit itu sudah tidak memadai dan tidak terdapat lahan yang cukup untuk di masa akan datang.

Digadang, rumah sakit itu akan memiliki tipe modern dan ramah lingkungan. Ditargetkan selesai Tahun 2021, untuk peletakan batu pertama nantinya direncanakan bulan September akan datang.

Melihat, situs laman PT. Sarana Multi Insfratruktur (Persero), proyek pembangunan RSUD Kelas C itu diperkirakan untuk alokasi: Pembangunan fisik RSUD sebayak Rp125 miliar dan pengadaan alat kesehatan sebesar Rp23,66 miliar total keseluruhan Rp148,66 miliar.

Terkait Bendungan Tapin, Proyek Strategis Nasional (PSN) itu sampai saat ini sudah masuk 95 persen tahap pembangunan, bukan termasuk jalan. Dari catatan apahaba.com Agustus mendatang akan dilakukan tahap perendaman.

Selain itu, masih ada lahan warga yang masih menunggu pembayaran, sekitar 10,55 hektar, 37 bidang sisanya.

“10,55 hektar, 37 bidang sisanya. Masih dalam tahap perhitungan tanam tumbuh setelah itu kami serahkan ke PUPR Pusat, mudah mudahan di bulan Juli sudah selesai. Mungkin pembayaran di bulan Juli juga sudah selesai,” terang Pejabat Pembuat Kometmen (PPK) PUPR Pusat, Toni Kushartono, Rabu (24/6) kepada apahabar.com.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Sungai Amandit Tercemar, Warga HSS Menjerit!
apahabar.com

Kalsel

Di Sela Kegiatan TMMD, Dandim 1022/Tanah Bumbu Sowan ke Alim Ulama di Tanbu
apahabar.com

Kalsel

Hujan Belum Beranjak dari Wilayah Kalimantan Selatan
apahabar.com

Kalsel

Legal Drafting, Buku Panduan Legislatif Godok Perda
Penangkapan Gembong Narkoba Banjarmasin, Pangeran Khairul Saleh: Usut Tuntas Dugaan TPPU

Kalsel

Penangkapan Gembong Narkoba Banjarmasin, Pangeran Khairul Saleh: Usut Tuntas Dugaan TPPU
apahabar.com

Kalsel

Kapolresta Banjarmasin Evaluasi Penanganan Covid-19 di Wilayah Hukumnya
apahabar.com

Kalsel

Pemkab Tapin Hadiri Acara Mahasiswa di Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Tak Terpengaruh Revisi Zonasi PPDB
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com