ga('send', 'pageview');
Breaking News! Kabar Duka, Kadisdik Banjar Maidi Armansyah Meninggal Dunia Sebelum Wafat, Kondisi Wali Kota Banjarbaru Naik Turun Geger Mayat Mengapung di Laut Tanbu, Polisi Sulit Identifikasi Jelang Magrib, Api Gegerkan Blok Ikan Pasar Kandangan Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan




Home Ekbis

Senin, 6 Juli 2020 - 11:33 WIB

Rupiah Menguat, Respon Positif Atas Membaiknya Data Ekonomi

Redaksi - apahabar.com

Ilustrasi rupiah. Foto: Net

Ilustrasi rupiah. Foto: Net

apahabar.com, JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin (6/7) pagi, menguat seiring respon positif pasar terhadap membaiknya data ekonomi global.

Pada pukul 9.51 WIB, rupiah menguat 58 poin atau 0,4 persen menjadi Rp 14.465 per dolar AS dari sebelumnya Rp 14.523 per dolar AS.

Kepala Riset dan Edukasi Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Senin, mengatakan, pagi ini terlihat aset-aset berisiko menguat seperti indeks-indeks saham Asia dan indeks saham berjangka AS.

Baca juga :  Triwulan II, Intip Utang Luar Negeri Indonesia

“Tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun juga terlihat menguat lagi, yang mengindikasikan pasar melepas aset aman ini dan masuk ke aset berisiko,” ujar Ariston.

Menurut Ariston, pasar mungkin mulai merespon positif membaiknya data-data ekonomi yang positif di tengah pandemi yang dirilis di akhir pekan lalu.

Data tenaga kerja AS pada Juni menunjukkan perbaikan melebihi ekspektasi dan data indeks aktivitas sektor jasa dan manufaktur AS, China, dan Eropa pada Juni juga menunjukkan peningkatan melebihi ekspektasi.

Baca juga :  Triwulan II, Intip Utang Luar Negeri Indonesia

“Tapi di sisi lain, pasar masih akan mempertimbangkan peningkatan laju penularan Covid-19 global yang berisiko menurunkan kembali aktivitas ekonomi, seperti yang dilaporkan WHO dan ketegangan China yang makin memanas,” kata Ariston.

Ariston memperkirakan rupiah bisa terbantu menguat bergerak di kisaran Rp 14.450 per dolar AS hingga Rp 14.570 per dolar AS.

Pada Jumat (3/7) lalu, rupiah melemah 145 poin atau 1,01 persen menjadi Rp 14.523 per dolar AS dari sebelumnya Rp 14.378 per dolar AS.(Ant)

Editor: Aprianoor

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Hari UMKM Nasional, Telkomsel Kenalkan Layanan 99% Usahaku di Banjarmasin
apahabar.com

Ekbis

Ini Estimasi Biaya Perbaikan Mobil yang Terendam Banjir
apahabar.com

Ekbis

Benar Nih,  Insentif Gojek Singapura Capai Belasan Juta?
apahabar.com

Ekbis

Dewan Kota: Keberadaan PKL Bisa Diberdayakan
apahabar.com

Ekbis

Manjakan Pelanggan Setia di Banjarmasin, Gino Mariani Berikan Voucher Belanja
apahabar.com

Ekbis

Mendagri Minta Tambahan Anggaran Blanko e-KTP, Ini Alasannya
apahabar.com

Ekbis

Hasil Rapat Fed Diumumkan, Rupiah Menguat
apahabar.com

Ekbis

Asperindo Kalsel Batasi Pengiriman Lewat Udara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com