Breaking News! Warga Tangkap Buaya Pemangsa di Pantai Kotabaru Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir

Sebagian Pembaca Buku Lakukan Book Shaming, Ini Komentar Najwa Shihab

- Apahabar.com Sabtu, 25 Juli 2020 - 15:43 WIB

Sebagian Pembaca Buku Lakukan Book Shaming, Ini Komentar Najwa Shihab

Najwa Shihab. Foto-Media Indonesia.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Perilaku menyudutkan jenis bacaan atau buku (book shamming), kerap terjadi di antara sesama pembaca.

Kebiasaan menghakimi ini menurut Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab, tidak seharusnya dilakukan oleh pembaca yang khusyuk.

“Menurut saya, kualitas orang yang suka membaca itu tidak akan mudah menghakimi orang lain,” ucap Najwa saat menjadi narasumber dalam Talkshow bersama Dispersip Kalsel, belum lama ini.

Pembaca yang baik, menurutnya, adalah orang yang bersikap toleran. Tidak cepat mengambil kesimpulan, khususnya pada buku yang sedang dia baca.

“Pembaca yang khusyuk akan menahan untuk menjudge seseorang atau isi bukunya sampai selesai halaman terakhir dibaca,” lanjut dia.

Kemampuan memahami serta akumulasi setiap orang tidak sama, sehingga penafsiran yang diterima pun akan berbeda. Dari sikap telaten saat membaca, seseorang akan memahami bahwa informasi yang dia terima hanya sepersekian dari ilmu yang ada di dunia ini.

“Kita hidup di lingkungan yang sangat majemuk. Jangan ngaku suka baca buku kalau masih mudah menjudge orang lain,” tegasnya

Mantan pembawa acara berita di Metro TV ini juga memiliki prinsip untuk tidak membatasi buku bacaan. Justru dengan memperbanyak perbandingan buku akan meng-counter dan merefleksikan diri seseorang sebelum mengambil kesimpulan pada satu topik tertentu.

“Tidak ada buku yang tidak bisa dibaca. Bacalah sebanyak-banyaknya buku, tetapi juga harus kritis dengan bacaan yang anda terima,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kasus Penyiraman Asep Tak Kunjung Tuntas, Pelaku Diduga Orang Dalam
apahabar.com

Nasional

GMNI Banjarmasin Kecam Aksi Kekerasan Terhadap AU

Nasional

Terinfeksi Covid-19, Pollycarpus Terpidana Kasus Munir Wafat
apahabar.com

Nasional

Pemeriksaan Joko Driyono Lanjut 21 Februari
Gisel

Nasional

Hari Ini, Gisel dan MYD Diperiksa Polisi Sebagai Tersangka Kasus Video Syur
apahabar.com

Nasional

Setelah Erick Cs, Giliran Kapolri Tito Dipanggil ke Istana
apahabar.com

Nasional

Lantik Wantimpres, Jokowi Beberkan Alasan Pilih Wiranto Jadi Ketua
apahabar.com

Nasional

Lagi, TNI Kirim Kapal Perang Hadapi Konvoi Kapal China di Natuna
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com