Breaking! 2 Penganiaya Brutal ABG di Hotel Banjarmasin Ditangkap Viral Aksi Brutal ABG Dianiaya di Hotel Banjarmasin, Pacar Pelaku Ternyata Salah Kamar Dituduh 2BHD Curang dalam Sidang MK, Tim SJA-Arul Irit Bicara Jejak 6 Preman Perbatasan Kalsel-Kaltim yang Disikat Polisi, Galang Dana dengan Memeras Pascabanjir Kalsel, Wamen LHK Siapkan 5 Aspek Pemulihan Lingkungan

Selama Pandemi, Kominfo Siapkan 3 Program untuk Dukung UMKM

- Apahabar.com Jumat, 17 Juli 2020 - 05:15 WIB

Selama Pandemi, Kominfo Siapkan 3 Program untuk Dukung UMKM

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate dalam konferensi pers di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (15/7). Foto-Antara/Arindra Meodia

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan 3 program dalam bentuk pelatihan untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah serta ultra mikro (UMKM/UMi) sebagai stimulus dalam menghadapi pandemi virus corona.

Pelatihan yang diberikan sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dibuat untuk mendorong masyarakat untuk membeli produk buatan UMKM lokal.

“Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini juga mengupayakan stimulus dalam bentuk pelatihan dan pendampingan terutama dalam penyesuaian bisnis ke ruang digital atau digital on boarding,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat konferensi pers peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Kamis (16/7).

Program pertama yang diadakan Kominfo berupa pelatihan Kewirausahaan Digital, yang merupakan bagian dari beasiswa Digital Talent Scholarship. Kominfo membuka kuota hingga 22.500 peserta dalam pelatihan Kewirausahaan Digital yang dibagi ke dalam tiga kelompok.

Digital Talent Scholarship ditargetkan bisa menjangkau 50.000 peserta, selama pandemi pelatihan dilakukan dari jarak jauh secara dalam jaringan atau online.

Program kedua berupa Scaling-Up UMKM/UMi, berupa pelatihan digital untuk petani dan nelayan untuk pengembangan dan pendampingan usaha di kedua sektor tersebut.

Gerakan ini sudah ada sejak 2017 melalui Gerakan UMKM Jualan Online dan akan ditingkatkan seiring dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Program terakhir adalah pelatihan bahasa Inggris dan pemasaran digital untuk UMKM dan ultra mikro, serta pelaku desa wisata di destinasi wisata superprioritas.

Program ini ditargetkan bisa melatih 2.000 peserta dengan masa pelatihan tujuh bulan.

Kominfo mengharapkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema #KitaBelaKitaBeli mampu mendorong pertumbuhan UMKM dan ultra mikro saat krisis, dan juga mengajak masyarakat untuk menggunakan produk lokal.

Keberhasilan gerakan ini, menurut Kominfo, perlu merlibatkan kolaborasi pemerintah, pelaku usaha, penyelenggara platform dagang online dan juga masyarakat.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Pertumbuhan Inklusi di Indonesia Bagian Timur Dinilai Lambat
apahabar.com

Ekbis

Mei, Honda Trio Motor Banjarmasin Target 14.500 Unit Motor Terjual
apahabar.com

Ekbis

Presiden Portugal Tertarik dengan Batik dan Kerajinan Indonesia
apahabar.com

Ekbis

Data Tenaga Kerja AS Membaik Dorong Penguatan Rupiah
apahabar.com

Ekbis

Jelang Pengumuman Bank Sentral AS, Rupiah Berpotensi Tertekan
apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Dunia Melonjak Pascaserangan AS ke Iran
apahabar.com

Ekbis

Anindya Bakrie: Tanpa Kemerdekaan, Tidak Mungkin Punya Keinginan Tinggi
apahabar.com

Ekbis

Rupiah Menguat Dipicu Perbaikan Data Ekonomi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com