Kabar Baik! Banjarmasin Rencanakan Gelar Pekan Gebyar Vaksinasi Massal Ramuan Herbal Daun Sungkai Digunakan Warga Bantu Pengobatan Pasien Covid-19 di Banjar BREAKING! Ambulans Mendiang Istri Abah Guru Sekumpul Tiba di Ar-Raudhah Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Cerah Berawan, BMKG Minta Waspada Karhutla! BREAKING! Kabar Duka, Istri Pertama Abah Guru Sekumpul Meninggal Dunia

Selama Pandemi, Kominfo Siapkan 3 Program untuk Dukung UMKM

- Apahabar.com     Jumat, 17 Juli 2020 - 05:15 WITA

Selama Pandemi, Kominfo Siapkan 3 Program untuk Dukung UMKM

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate dalam konferensi pers di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (15/7). Foto-Antara/Arindra Meodia

apahabar.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan 3 program dalam bentuk pelatihan untuk membantu usaha mikro, kecil dan menengah serta ultra mikro (UMKM/UMi) sebagai stimulus dalam menghadapi pandemi virus corona.

Pelatihan yang diberikan sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang dibuat untuk mendorong masyarakat untuk membeli produk buatan UMKM lokal.

“Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia ini juga mengupayakan stimulus dalam bentuk pelatihan dan pendampingan terutama dalam penyesuaian bisnis ke ruang digital atau digital on boarding,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate saat konferensi pers peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Kamis (16/7).

Program pertama yang diadakan Kominfo berupa pelatihan Kewirausahaan Digital, yang merupakan bagian dari beasiswa Digital Talent Scholarship. Kominfo membuka kuota hingga 22.500 peserta dalam pelatihan Kewirausahaan Digital yang dibagi ke dalam tiga kelompok.

Digital Talent Scholarship ditargetkan bisa menjangkau 50.000 peserta, selama pandemi pelatihan dilakukan dari jarak jauh secara dalam jaringan atau online.

Program kedua berupa Scaling-Up UMKM/UMi, berupa pelatihan digital untuk petani dan nelayan untuk pengembangan dan pendampingan usaha di kedua sektor tersebut.

Gerakan ini sudah ada sejak 2017 melalui Gerakan UMKM Jualan Online dan akan ditingkatkan seiring dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Program terakhir adalah pelatihan bahasa Inggris dan pemasaran digital untuk UMKM dan ultra mikro, serta pelaku desa wisata di destinasi wisata superprioritas.

Program ini ditargetkan bisa melatih 2.000 peserta dengan masa pelatihan tujuh bulan.

Kominfo mengharapkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema #KitaBelaKitaBeli mampu mendorong pertumbuhan UMKM dan ultra mikro saat krisis, dan juga mengajak masyarakat untuk menggunakan produk lokal.

Keberhasilan gerakan ini, menurut Kominfo, perlu merlibatkan kolaborasi pemerintah, pelaku usaha, penyelenggara platform dagang online dan juga masyarakat.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Tiga Program BI Dorong Penguatan Ekonomi Syariah
apahabar.com

Ekbis

Penurunan Harga Pertamax Cs Bikin Tekor Pengusaha SPBU Kalsel!
apahabar.com

Ekbis

Optimalkan Produktivitas Secara Online, Telkomsel Hadirkan Layanan CloudX
dolar amerika serikat

Ekbis

Pagi Ini, Rupiah Mulai Ngegas! Dolar Loyo
apahabar.com

Ekbis

Raup Belasan Juta dari Perpaduan Jeans dan Kain Etnik Kalimantan
apahabar.com

Ekbis

Bijak Bermedsos Hindari Hoax
apahabar.com

Ekbis

Mendag Catat Ekspor 54 UKM Mencapai Rp 178 Miliar
Saham China Menuju Kenaikan Empat Hari Berturut

Ekbis

Saham China Menuju Kenaikan Empat Hari Berturut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com