Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Seruan Bupati Nadalsyah: Penerima Sertifikat Manfaatkan Tanah untuk Usaha

- Apahabar.com Kamis, 23 Juli 2020 - 20:23 WIB

Seruan Bupati Nadalsyah: Penerima Sertifikat Manfaatkan Tanah untuk Usaha

Bupati Barito Utara Nadalsyah menyampaikan sambutannya pada acara sidang panitia pertimbangan Landreform Kabupaten Barito Utara, di rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Kamis (23/7). Foto-Antara

apahabar.com, MUARA TEWEH – Masyarakat penerima sertifikat diminta memanfaatkan hak atas tanah yang diberikan untuk modal usaha di sektor informal.

“Bagi masyarakat penerima sertifikat hak milik atas tanah agar dapat memenuhi kewajibannya yaitu menggunakan, mengusahakan, memanfaatkan sendiri tanahnya,” ujar Bupati Barito Utara (Barut) Nadalsyah, Kamis (23/7).

Hal tersebut disampaikan Nadalsyah dalam sidang panitia pertimbangan landreform atau perubahan dasar struktur tanah kabupaten setempat di rumah jabatan bupati di Muara Teweh, siang tadi.

Selain itu, para penerima hak diminta untuk menaati penggunaan tanah sesuai ketentuan tata ruang yang berlaku, tidak menelantarkan tanah, dan tidak mengalihkan hak atas tanah kepada pihak lain.

“Kepada semua aparatur pemerintah dari tingkat desa, kecamatan, dan kabupaten saya mengajak agar ikut menanamkan kesadaran dan memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya legalisasi aset tanah,” jelas dia.

Terlebih saat ini mendapatkan bantuan melalui program redistribusi tanah di mana masyarakat tidak dikenakan biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dalam pembuatan sertifikat tanah tersebut.

Selain itu, dalam rangka pelaksanaan akses reform, Nadalsyah berharap masyarakat menggunakan tanah untuk modal dalam rangka usaha kecil dan menengah pada sektor informal di tengah perlambatan ekonomi nasional akibat Covid-19 dan ketimpangan sosial ekonomi yang semakin besar.

Peran Pemkab Barito Utara dapat memberikan intervensi melalui dinas-dinas terkait meliputi pembinaan organisasi ketenagakerjaan, peningkatan skill kewirausahaan dan pembinaan permodalan kredit Bank, serta penciptaan peluang kerja yang belum tertampung dalam sektor formal untuk peningkatan pendapatan masyarakat.

“Saya atas nama pemerintah daerah dan mewakili seluruh masyarakat Barito Utara mengucapkan terima kasih yang sebesar–besarnya kepada Presiden RI dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Harapan kita semoga hasil pelepasan kawasan hutan yang dapat diterbitkan sertifikat hak milik atas tanah akan memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat khususnya di Barito Utara,” kata Nadalsyah.

Sementara Kepala Kantor Pertanahan Barito Utara Joseph Wibisono mengatakan bahwa permasalahan penguasaan tanah di dalam kawasan hutan di Kabupaten Barito Utara telah menemukan titik terang.

Pada tanggal 14-16 Juli 2020 anggota panitia pertimbangan Landreform Barito Utara sesuai SK Bupati Barito Utara No 188.45/193/2020 telah melakukan rangkaian kegiatan penelitian lapangan terhadap calon subjek-objek penerima sertifikat retribusi tanah sebanyak 2.302 bidang di tiga Kecamatan dan 13 Desa.

Ke-13 desa tersebut adalah Desa Mukut Kecamatan Lahei, Desa Kemawen (Kecamatan Montallat), Desa Benao Hulu, Banao Hilir, Jangkang Lama, Jangkang Baru, Luwe Hilir, Luwe Hulu, Hihan Hilir, Nihan Hulu, Karamuan, Papar Pujung, dan Teluk Malewai (Kecamatan Lahei Barat).

“Pada tahun anggaran 2020, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Barito Utara mendapatkan target 5.000 bidang untuk kegiatan retribusi tanah,” kata dia.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Sekda Jainal Abidin, Kapolres Barito Utara AKBP Dodo Hendro Kusuma, Kepala Kantor Pertanahan Barito Utara, kepala perangkat daerah dan pejabat lainnya. (Ant)

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Bupati Nadalsyah

Pemkab Barito Utara

Bupati Nadalsyah Setujui Pembelajaran Tatap Muka di Barito Utara
apahabar.com

Pemkab Barito Utara

Uji Terbang Perdana di Bandara HM Sidik, Simak Kesaksian Pilot
apahabar.com

Pemkab Barito Utara

Bupati Barut Ralat Kelonggaran Salat Id Saat Pandemi
apahabar.com

Pemkab Barito Utara

Bantu Warga Miskin, Disperindagsar Barut Gelar Pasar Murah Bersubsidi
apahabar.com

Pemkab Barito Utara

Tenang, Rapid Test Para Pejabat di Pemkab Barut Non-Reaktif
Pemkab Barut Salurkan Bantuan Sembako pada Warga Miskin

Pemkab Barito Utara

Pemkab Barut Salurkan Bantuan Sembako pada Warga Miskin
Koyem

Pemkab Barito Utara

Besok, Jalan Koyem di Barut Ditutup Total, Simak Penjelasannya
apahabar.com

Pemkab Barito Utara

Ubah Mindset, Pengguna Narkoba Bukan Penjahat Tapi Korban
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com