Jam Tayang & Link Live Streaming UFC 254 Khabib vs Gaethje di ESPN+, Duel Dua Juara! Jadwal Timnas U16 Indonesia vs UEA Malam Ini, Live NET TV & Live Streaming Mola TV, Prediksi Skor! Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup!

Soal Pembukaan Tempat Wisata, Ini Penjelasan Dinas Pariwisata Kalsel

- Apahabar.com Selasa, 28 Juli 2020 - 19:35 WIB

Soal Pembukaan Tempat Wisata, Ini Penjelasan Dinas Pariwisata Kalsel

Salah satu objek wisata di Tanbu. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan belum mencabut secara resmi aturan terkait penutupan objek wisata yang tertuang dalam surat edaran Gubernur per 24 Maret lalu hingga kini.

Kendati demikian, jika mengacu pada kebijakan yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pembukaan objek wisata diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing daerah.

“Sesuai kebijakan yang diambil Kemenparekraf, karena daerah yang mengetahui persis situasi dan kondisi dengan melihat indikator pendukungnya, ” kata Plh Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Abdul Hamid kepada apahabar.com, Selasa (28/7).

Indikator yang dimaksud Hamid di antaranya menerapkan protokol Covid-19 serta memiliki manfaat bagi masyarakat khususnya dari segi perekonomian.

Dalam hal ini yaitu sumbangan retribusi atau pajak dari tempat wisata yang dimaksud. Meski tidak secara resmi memberikan izin tertulis, tapi Pemprov Kalsel menyerahkan kewenangan pada masing-masing dinas pariwisata setempat.

“Pihak Dispar Provinsi Kalsel akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap objek wisata yang telah dibuka. Sesuai hasil monev di lapangan akan dibuat arahan, saran atau imbauan, ” katanya.

Hal ini dapat menjawab permintaan perizinan untuk pembukaan lokasi wisata di Kalsel. Salah satunya dari anggota kelompok Masyarakat Mitra Polisi Kehutanan (MMP) yang menginginkan ekowisata di RPH Jaro Tabalong dapat dibuka kembali.

“Pemerintah kabupaten/kota tentu punya pertimbangan berdasarkan analisis yang dilakukan dari indikator tadi. Tentunya juga harus menyediakan sarana dan pengawasan untuk menegakkan protokol kesehatan, ” jelasnya.

Editor: Puja Mandela

Reporter: Musnita Sari - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemprov Kalsel

Tambah Faskes Rujukan, RS Ansari Saleh Disiapkan
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Dana Dialihkan ke Covid-19, Jalan Mataraman – Sungai Ulin Batal Dibangun
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Dukung Belajar #dirumahaja, Dispersip Hadirkan Aplikasi iKalsel
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Disdik Kalsel Kembangkan Metode Belajar Jarak Jauh
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Resmi Dimulai, Hari Pertama SKB CPNS Kalsel Terpantau Lancar
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Target 10 Ribu Tes Usap di Kalsel, Wali Kota Banjarmasin Beri Saran
apahabar.com

Pemprov Kalsel

Resmikan Masjid SMAN 5 Banjarmasin, Nama Gubernur Kalsel Paman Birin Jadi Filosofis
apahabar.com

Pemprov Kalsel

24 Ribu Siswa SMA/SMK di Kalsel Akan Dapat Bantuan Paket Internet Gratis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com