Gubernur Sahbirin Mau Digugat karena Banjir Terparah, Walhi-Jatam Sepakat Class Action Data Lengkap Korban Longsor Mantewe Tanah Bumbu, Dari Amuntai hingga Kapuas Banjir Kalsel Berbuntut Panjang, Lawyer Banua Ancam Gugat Paman Birin Banjir Kalsel, Warga Kompleks Elite Nyinyir Rumah Miliaran “Calap Jua” Berakhir Hari Ini, Pembatasan Banjarmasin Ambyar Diterjang Banjir

Status Kelembagaan Sekretariat DPRD Kalsel Ditarget Naik Tahun Depan

- Apahabar.com Rabu, 22 Juli 2020 - 15:00 WIB

Status Kelembagaan Sekretariat DPRD Kalsel Ditarget Naik Tahun Depan

Kantor DPRD Kalsel. Foto-dok.apahabar

apahabar.com, BANJARMASIN – Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sedang mempersiapkan kenaikan status kelembagaannya menjadi tipe B.

Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, Riduansyah, Rabu (22/7), mengatakan kenaikan status itu ditargetkan rampung pada 2021.

Perubahan ini diupayakan karena status tipe C yang sudah disandang sejak 2016 dinilai tidak sesuai dengan kondisi Provinsi Kalsel.

Sederet indikator klasifikasi status kelembagaan yang ditetapkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk naik ke tipe B pun sudah dipenuhi Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel.

Jika dilihat dari indikator jumlah penduduk, Kalsel mendapat skor 60 karena sudah dihuni lebih dari empat juta orang. Jika dilihat dari luasan wilayah, Kalsel memiliki skor 50 karena memiliki luasan wilayah lebih dari 1.000 kilometer persegi.

Sedangkan dari variabel teknis, jumlah anggota DPRD Provinsi Kalsel sebanyak 55 orang memiliki skor 320, lalu dengan jumlah 8 fraksi, skornya 320, sehingga total skor yang dimiliki Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel sebanyak 630 poin.

“Total skor 630 itu menurut ketentuan harusnya tipe B. Jadi sudah layak,” kata Riduan.

Upaya menaikkan status kelembagaan ini juga sudah mendapatkan dukungan dari pimpinan dan anggota dewan setelah dibahas oleh Komisi I DPRD Provinsi Kalsel yang menangani bidang hukum dan pemerintahan.

Selanjutnya, langkah-langkah teknis administratif saat ini sedang dikomunikasikan dan difasilitasi oleh Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Kalsel.

Jika sukses naik menjadi tipe B, ada beberapa perubahan dalam struktur organisasi Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel.

Satu diantaranya adanya penambahan 3 sub bagian baru. Artinya, di bawah Sekretaris DPRD Provinsi Kalsel, ada 3 bagian dan 9 sub bagian.

Ada bagian tersendiri yang khusus menangani anggaran dan pengawasan, lalu bagian umum dan keuangan akan fokus mengurusi bagian sekretariat.

Bagian yang juga paling penting dalam pelayanan terhadap anggota dewan yaitu bagian fasilitasi anggaran dan pengawasan serta bagian persidangan dan perundang-undangan.

“Tentunya akan merubah kinerja. Otomatis lebih meningkat karena di struktur ditambah bagian-bagian yang lebih spesifik tugasnya masing-masing,” terang Riduan.

Ditambahkan Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Provinsi Kalsel, Idrus, jika status kelembagaan naik maka anggaran yang dibutuhkan dipastikan akan bertambah, terutama anggaran untuk gaji dan tunjangan ASN di sub-sub bagian yang bertambah.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Rizal Khalqi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

bapok

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Desak Jalur Distribusi Bapok di Wilayah Banjir Diamankan
apahabar.com

DPRD Kalsel

Anggota DPRD Kalsel Dorong Perbankan Konsisten Terapkan Relaksasi Kredit
apahabar.com

DPRD Kalsel

Sekretariat DPRD Kalsel Bagikan Puluhan Paket Sembako Kepada Warga Miskin
riam kiwa

DPRD Kalsel

Banjir di Banjar, Politisi Perempuan Kalsel Desak Pembangunan Bendungan Riam Kiwa
apahabar.com

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Ingin Tiru Pengelolaan Hutan di Yogyakarta
DPRD

DPRD Kalsel

Masuk Telinga Dewan Kalsel, Stok Es Pelabuhan Perikanan Batulicin Kurang
apahabar.com

DPRD Kalsel

Kalsel 6 Kali Raih WTP
apahabar.com

DPRD Kalsel

Kerja Sama Jamkrida dan Pemkab Tanbu Jadi Angin Segar untuk UMKM
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com