Fix, Pengeboran Migas di Mahakam Ulu Kaltim Lanjut 2021 Seruan Jokowi: Buru Pelaku Pembantaian Satu Keluarga di Sigi! Malu-maluin! Pemuda di Kotabaru Jambret Wanita demi Komix Terungkap, Korban Tewas Kecelakaan di Tapin Warga Wildan Banjarmasin INALILAHI Hujan Lebat, Pengendara Vario di Tapin Tewas

Sultan Kasepuhan Cirebon Arief Natadiningrat Wafat

- Apahabar.com Rabu, 22 Juli 2020 - 12:25 WIB

Sultan Kasepuhan Cirebon Arief Natadiningrat Wafat

Foto Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat. Foto-Antara

apahabar.com, CIREBON – Kabar duka bagi warga Jawa Barat dan Cirebon khususnya, Sultan Sepuh XIV dari Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat meninggal dunia di RS Santosa Bandung, Rabu (22/7) karena kanker usus.

“Tiga hari kemarin keadaan menurun karena sakit kanker usus, bahkan sempat tidak sadarkan diri,” ujar adik Sultan Kasepuhan Cirebon Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat di Cirebon, Rabu.

RR Alexandra mengatakan Gusti Sultan pada Selasa (21/7) sempat tidak sadarkan diri dan meninggal dunia saat dalam perawatan di RS Santosa Bandung. Almarhum sudah beberapa hari menjalani perawatan itu rumah sakit itu.

Saat ini lanjut RR Alexandra, jenazah dalam perjalanan dari RS Santosa Bandung, ke Keraton Kasepuhan Cirebon dan rencana akan dimakamkan pada siang ini.

“Rencana pemakaman sehabis shalat dzuhur di Gunung Sembung Astana Gunung Jati,” katanya.

Beberapa postingan terakhir dari almarhum di facebook antara lain pada empat hari yang lalu berjudul “Kasultanan Kasepuhan Cirebon kiprahnya dalam pendidikan” dan “Anugerah Adiputra Budaya”.

Sultan mengungkap pada 1991 mendirikan SMK Kesenian Pakungwati dalam upaya melakukan kaderisasi seniman dan melestarikan kesenian khas Cirebon. “Sudah 25 angkatan alumni dan telah melahirkan seniman berijazah SMK, ada yang meneruskan S1 dan S2,” katanya.

Sultan juga menulis, pada tahun 2006, Kesultanan Kasepuhan mendirikan Pondok Pesantren Amparan Jati yang melahirkan para penghafal Al Quran. Pada tahun yang sama pula mendirikan SMK Caruban Nagari dengan jurusan otomotif yang telah meluluskan 11 angkatan.

“Sekolah ini gratis untuk yatim piatu dan fakir miskin,” katanya.

Terkait anugerah budaya dari Wali Kota Cirebon, Sultan menulis, anugerah ini adalah untuk keluarga besar Kasultanan Kasepuhan Cirebon dan masyarakat Cirebon.

“Terima kasih pada seniman, sanggar seni, para juru kunci, para abdi dalem, para wargi, dll. Kita belum selesai. Banyak yang harus kita kerjakan. Selalu semangat,” katanya.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

BEM Unej Sepakat Pertemuan Mahasiswa dengan Presiden Jokowi Harus Terbuka
apahabar.com

Nasional

Pesan Lebaran dari Jokowi: Kita Mampu Lewati Ujian Ini
apahabar.com

Nasional

Umrah Ditutup, Ada Jemaah Kalsel yang Tertahan di Arab Saudi
apahabar.com

Nasional

Jika Tak Ditangani, Lebih dari 60 Persen Populasi Dunia akan Terinfeksi Covid-19
apahabar.com

Nasional

Patroli Malaysia Sempat Intervensi KP Hiu Saat Amankan Dua Kapal di Perairan Indonesia
apahabar.com

Nasional

Mulai Oktober, Pemerintah Percepat Realisasi Dana Kesehatan
apahabar.com

Nasional

Jubir Pemerintah: Perlu Kajian Data Komprehensif untuk Relaksasi PSBB
apahabar.com

Nasional

Mardani H Maming Dukung Pelaksanaan Musda Online di Bali
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com