‘Kado’ Harjad Ke-495 Banjarmasin, Lonjakan Covid-19 hingga PPKM Berjilid-Jilid Fakta Terbaru Rombongan Moge di Jembatan Sungai Alalak, Ternyata Diduga Dikawal Polisi Dear Presiden Jokowi, Jembatan Alalak Kalsel Harus Dibuka Hindari Macet Sudah Dilimpahkan, Nih Jerat Hukuman Sejoli Pembuang Bayi di Stagen Kotabaru BREAKING! KPK Periksa 11 Nama, Salah Satunya Bupati HSU Abdul Wahid

Sultan Kasepuhan Cirebon Arief Natadiningrat Wafat

- Apahabar.com     Rabu, 22 Juli 2020 - 12:25 WITA

Sultan Kasepuhan Cirebon Arief Natadiningrat Wafat

Foto Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat. Foto-Antara

apahabar.com, CIREBON – Kabar duka bagi warga Jawa Barat dan Cirebon khususnya, Sultan Sepuh XIV dari Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat meninggal dunia di RS Santosa Bandung, Rabu (22/7) karena kanker usus.

“Tiga hari kemarin keadaan menurun karena sakit kanker usus, bahkan sempat tidak sadarkan diri,” ujar adik Sultan Kasepuhan Cirebon Ratu Raja Alexandra Wuryaningrat di Cirebon, Rabu.

RR Alexandra mengatakan Gusti Sultan pada Selasa (21/7) sempat tidak sadarkan diri dan meninggal dunia saat dalam perawatan di RS Santosa Bandung. Almarhum sudah beberapa hari menjalani perawatan itu rumah sakit itu.

Saat ini lanjut RR Alexandra, jenazah dalam perjalanan dari RS Santosa Bandung, ke Keraton Kasepuhan Cirebon dan rencana akan dimakamkan pada siang ini.

“Rencana pemakaman sehabis shalat dzuhur di Gunung Sembung Astana Gunung Jati,” katanya.

Beberapa postingan terakhir dari almarhum di facebook antara lain pada empat hari yang lalu berjudul “Kasultanan Kasepuhan Cirebon kiprahnya dalam pendidikan” dan “Anugerah Adiputra Budaya”.

Sultan mengungkap pada 1991 mendirikan SMK Kesenian Pakungwati dalam upaya melakukan kaderisasi seniman dan melestarikan kesenian khas Cirebon. “Sudah 25 angkatan alumni dan telah melahirkan seniman berijazah SMK, ada yang meneruskan S1 dan S2,” katanya.

Sultan juga menulis, pada tahun 2006, Kesultanan Kasepuhan mendirikan Pondok Pesantren Amparan Jati yang melahirkan para penghafal Al Quran. Pada tahun yang sama pula mendirikan SMK Caruban Nagari dengan jurusan otomotif yang telah meluluskan 11 angkatan.

“Sekolah ini gratis untuk yatim piatu dan fakir miskin,” katanya.

Terkait anugerah budaya dari Wali Kota Cirebon, Sultan menulis, anugerah ini adalah untuk keluarga besar Kasultanan Kasepuhan Cirebon dan masyarakat Cirebon.

“Terima kasih pada seniman, sanggar seni, para juru kunci, para abdi dalem, para wargi, dll. Kita belum selesai. Banyak yang harus kita kerjakan. Selalu semangat,” katanya.(Ant)

Editor: Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kecam Macron, Ritel Modern di Banjarmasin Boikot Produk Perancis

Nasional

Bambang Brodjonegoro Positif Covid, Dirawat di RSPP Jakarta
Merapi

Nasional

Merapi 4 Kali Luncurkan Awan Panas Mencapai 3 Km
apahabar.com

Nasional

Walau Libatkan Asing, Presiden Jamin Tak Ada Pinjaman dalam IKN

Nasional

Sebagian Ventilator Produksi Indonesia Masih Uji Ketahanan
apahabar.com

Nasional

Hasil Penanganan 435 Kasus Korupsi: Rp 222 M Uang Negara Selamat, Sebagian Kelas Kakap
apahabar.com

Nasional

Jenazah 3 Prajurit TNI yang Gugur di Nduga Dievakuasi dari Timika
apahabar.com

Nasional

Jokowi: 105 Ribu APD untuk Tenaga Medis Segera Didistribusikan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com