Ansharuddin Curhat, Eh Wabup Balangan Maradang INNALILLAHI, Anggota TNI Ditemukan Membusuk di Indekos Banjarmasin Kesbangpol dan KPU Jamin Hak 8.620 Pemilih Difabel di Kalsel Terpenuhi Tabir Kematian 2 Bocah di Benawa HST, Korban Dipocong Hidup-Hidup oleh Ibu Kandung Pembunuhan Wakar di Kelayan B Sudah Direncanakan, Pelaku Khilaf karena Luka Lama

Tanggulangi Karhutla, Ben Brahim Kenalkan Inovasi SPA ke Presiden

- Apahabar.com Jumat, 10 Juli 2020 - 23:46 WIB

Tanggulangi Karhutla, Ben Brahim Kenalkan Inovasi SPA ke Presiden

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat memperkenalkan inovasi SPA kepada Presiden Joko Widodo. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat musim kemarau, diperlukan inovasi agar dapat memadamkan api.

Bupati Kapuas, Kalteng, Ben Brahim S Bahat pun memperkenalkan sebuah inovasi untuk penanggulangan Karhutla kepada Presiden Joko Widodo dan jajaran saat datang ke Desa Bentuk Jaya Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kamis (9/7) lalu.

Inovasi itu adalah Sistem Penyediaan Air (SPA). Menurut Ben, SPA ini berjalan dengan kontruksi sederhana sumur bor dangkal, kolam penampungan sederhana dan konfigurasi sumur bor serta embung.

“Dengan SPA ini biaya lebih murah, juga efektif dan efisien dalam penanganan Karhutla,” kata Ben.

Bupati Kapuas dua periode ini, menjelaskan secara realita upaya pemadaman Karhutla seperti water booming, sekat kanal, dan hujan buatan tidak efektif dan efisien, makanya diusulkan konstruksi sederhana yang diyakini lebih efektif dan efisien.

“Sumur bor dangkal dengan menggunakan tenaga angin dan kolam (embung) berupa penampungan air sederhana untuk menampung air yang mengalir dari sumur bor dangkal dan secara terus-menerus selama ada angin,” beber Mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalteng ini.

Ben menjelaskan, konsepnya petakan titik rawan Karhutla dan dibangun SPA, sehingga ketersediaan air akan ada ketika musim kemarau maupun terjadi Karhutla.

“Karena selama ini sangat kesulitan air ketika ada Karhutla, apalagi lokasinya yang sulit ditempuh dengan armada kebakaran,” ujarnya.

“Fungsi lain dari sistem ini, juga dapat dimanfaatkan untuk kolam ikan, pertanian, rekreasi dan lainnya karena satu SPA bisa mengisi lebih dari satu embung,” pungkas Ben.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Ahc25 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Tunggakan Iuran Peserta Mandiri BPJS Kesehatan di Kapuas Capai Rp 17 Miliar
apahabar.com

Kalteng

Kabut Asap Makin Parah, Pemerintah di Kalteng Diminta Fasilitasi Salat Istisqa
apahabar.com

Kalteng

Urung 3 Hari, Pasar Besar Ditutup Hanya Sehari
apahabar.com

Kalteng

Pasien Positif Termuda di Kalteng Berusia 1 Tahun
apahabar.com

Kalteng

BREAKING NEWS, Sugianto Sabran Mengaku Positif Covid-19!
apahabar.com

Hukum

Libido Muncul, Rudi Nekat Onani di Tempat Umum Palangka Raya
apahabar.com

Kalteng

Catat, Jadwal Debat Terbuka Pilgub Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Staf Ahli Kalteng dan Kalsel Bertemu, Ada Apa?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com