VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Tanpa Masker, Panitia Kurban di Simpang Empat Yakin Tetap Aman

- Apahabar.com Jumat, 31 Juli 2020 - 15:27 WIB

Tanpa Masker, Panitia Kurban di Simpang Empat Yakin Tetap Aman

Prosesi penyembelihan hewan kurban di kawasan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (31/7). Foto-apahabar.com/Syahriadi

apahabar.com, BATULICIN – Iduladha identik dengan menyembelih hewan kurban. Di tengah pandemi Covid-19 juga tak menyurutkan niat umat Islam yang mampu untuk menunaikan.

Pelaksanaan kurban di tengah pandemi ini sedikit berbeda. Pelaksanaannya diatur dan harus menjalankan protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah.

Aturan tersebut dibuat sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 yang masih mewabah.

Pantauan apahabar.com di lapangan, sayangnya penyembelihan hewan kurban rata-rata masih kurang menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Pelaksanaan penyembelihan tak melakukan pengukuran suhu tubuh terhadap panitia dan pihak yang berkurban sebelum maşuk area.

Kemudian panitia yang bertugas melakukan penyembelihan, pengulitan, pencacahan, pengemasan dan pendistribusian daging kurban sebagian tidak menggunakan masker.

Tidak berpakaian lengan panjang dan sarung tangan yang telah dianjurkan, serta masih menggunakan kantong plastik untuk tempat daging kurban.

Terkait hal itu sebagian mempunyai alasan dan meyakini tetap sehat dan aman dari wabah.

“Kami di sini berkurban khusus lingkaran keluarga saja, jadi protokol yang ketat seperti disinfektasi dan lainnya tidak dapat kami laksanakan, karena tidak ada bahannya,” ungkap salah satu panitia kurban di wilayah Desa Sari Gadung, Kecamatan Simpang Empat.

Prosesi pemotongan hingga pendistribusian daging pun mereka lakukan khusus anggota keluarganya saja.

“Kami tidak mengundang orang luar lingkaran keluarga. Pembagian daging pun kami sendiri yang menyalurkan, jadi para penerima kurban menunggu di rumah saja,” pungkasnya.

Sebagai informasi, di tempat ini terdapat dua ekor sapi dan sekor kambing yang mereka sembelih untuk dibagikan kepada warga sekitar.

Editor: Fariz Fadhillah

Reporter: Syahriadi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Kemenag Kalsel Harap PPIU Jadwal Ulang Keberangkatan Umrah Jemaah
apahabar.com

Kalsel

Hindari Penyalahgunaan Trotoar, Dinas PUPR Pasang Bollard di Jalurnya
apahabar.com

Kalsel

Waspadai Transmisi Covid-19, Polda Kalsel Batasi Jumlah Personel di Ruang Kerja

Borneo

Terduga Maling Motor Hansip Dibekuk
apahabar.com

Kalsel

Beredar Calon Legislator Lolos ke DPRD Banjarmasin, Intip Nama-namanya
apahabar.com

Kalsel

Kopi Liberka Bisa Tumbuh di Sawah
apahabar.com

Kalsel

Bejo Menangis Saat Menerima Bansos 
apahabar.com

Kalsel

Tragedi Berdarah di Gambut, Rekonstruksi Polisi Peragakan 28 Adegan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com