Dampak Libur Panjang, Banjarbaru Kembali Zona Merah! Dikejar Polisi, ASN Buang Sabu dari Jendela Mobil di Banjarmasin Sejumlah Guru di Banjarbaru Positif Covid-19, 2 Sekolah Hentikan Pembelajaran Tatap Muka BREAKING NEWS! Kabar Duka, Ananda Suami Mama Lita MasterChef Meninggal Dunia Geger Buaya Pemangsa Petambak di Kotabaru Muncul ke Permukaan

Terkesan Ceramah Guru Jaro, Kapolda Kalsel akan Sampaikan Kejajarannya

- Apahabar.com Jumat, 17 Juli 2020 - 16:58 WIB

Terkesan Ceramah Guru Jaro, Kapolda Kalsel akan Sampaikan Kejajarannya

KH Akhmad Sanusi (Guru Jaro) menyampaikan sekapur sirih di hadapan Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta dan undangan yang hadir pada kunjungan di KTB, Komplek Swadarma Lestari. Foto - apahabar.com/Ahc26

apahabar.com, TANJUNG – Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Nico Afinta merasa senang dan adem mendengar sekapur sirih dari KH Akhmad Sanusi atau biasa dipanggil Guru Jaro, pada kunjungannya di Kampung Tangguh Banua (KTB) Komplek Swadarma Lestari Kelurahan Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, beberapa hari lalu.

Dalam ceramahnya Guru Jaro menyentil perkara tasawuf terkait memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak. Ulama karismatik di Tabalong itu menyebut hal yang utama adalah menjaga hati terlebih dulu.

Jika hati sudah terjaga dengan baik, maka lahiriyah mudah melakukan kebaikan. Seperti berkata baik dan menaati protokol kesehatan.

“Alhamdulillah saya dapat ilmu baru, nanti saya sampaikan pada seluruh jajaran Polda Kalsel, karena itu yang lebih penting,” kata Irjen Pol Nico Afinta, Kamis (16/7).

Sebelumnya dalam sekapur sirih, Guru Jaro menyampaikan, Covid-19 yang melanda negara merupakan ujian dari Allah SWT, karena datangnya dari Allah, Covid-19 tidak memberi mudharat , tidak mematikan, yang mentakdirkan orang mati adalah Allah SWT. Kami berserah dan bergantung kepada Allah, inilah orang yang tangguh sesungguhnya.

Bergantung dan berhajat kepada Allah harus dijalankan secara syariat dengan melakukan usaha. Seperti menaati protokol kesehatan.

“Kita pakai sarung tangan, jaga jarak, cuci tangan, apa rahasianya? Supaya virus ini jangan menyebar. Sebenarnya ada filosofi lebih berat dari korona adalah hati yang kotor, busuk, iri dengki yang mengeluarkan sumpah serapah di mulutnya. Yang mengeluarkan fitnah, mengeluarkan adu domba, yang lebih menghancurkan dari pada virus korona ini. Kehancuran di dunia, lebih-lebih di akhirat nanti,” jelas Guru Jaro.

“Pakai masker maknanya tutup mulutmu, jangan menyebarkan fitnah, adu domba, jangan menyebarkan perpecahan, ini ternyata Allah beri pelajaran pada kita semua,” tambah ulama itu.

Cuci tangan, sambung Guru, bersihkan tanganmu dari maksiat dan dosa, dari pada kezaliman, mendzalimi hak orang lain, menyakiti orang lain. Jadikan tanganmu kasih sayang kepada makhluk Allah.

“Jaga jarak, jangan-jangan orang disamping terkena virus. Tapi ada virus berbahaya, penyakit hati, bathin. Jangan-jangan kalau ada orang yang kena akan menular, jangan sampai orang tertular akhlak busuk diri kita.”

“Ini diantara rahasia pelajaran kepada kita semua, apa makna Allah datangkan virus ini, sebenarnya bukan bencana, tapi ada hikmah di balik ini kalau kita mau mempelajarinya, ternyata dengan asbab ini udara kita lebih segar, ” pungkas Guru Jaro.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: AHC26 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tabalong

Semester Pertama, Ratusan Perkara Diputus PN Tanjung

Tabalong

BPBD Tabalong Dirikan Posko Siaga Bencana
apahabar.com

Tabalong

Besok, Bupati Tabalong Akan Lantik 10 Pejabat Esellon II
Hari Guru Nasional

Tabalong

Hari Guru Nasional di Tabalong, Bupati Anang Syakhfiani Berikan Penghormatan Khusus
apahabar.com

Tabalong

Kunker ke Tabalong, Plt Gubernur Kalsel Kunjungi Ruang Isolasi Covid-19
apahabar.com

Tabalong

Selesaikan SKK, Kejari Tabalong Dapat Apresiasi dari BPJS

Tabalong

Kinerja Para Bhabinkamtibmas Dievaluasi Sat Binmas Polres Tabalong
pelanggar

Tabalong

7 Pelanggar Prokes di Kelua Tabalong Disuruh Membeli Masker
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com