Tim Paman Birin Blunder Ancam Polisikan Warga Soal Banjir Terima Kasih Warga Banjarmasin, Korban Banjir Batola Terima Bantuan dari Posko apahabar.com Operasi SAR SJ-182 Dihentikan, KNKT Tetap Lanjutkan Pencarian CVR Gempa Magnitudo 7,1 Guncang Talaud Sulut, Tidak Berpotensi Tsunami Potret Seribu Sungai, Serunya Memancing di Jembatan Sudimampir Banjarmasin

Tiba di Banjarmasin, Ada Hewan Kurban Kelelahan dan Patah Tulang

- Apahabar.com Selasa, 7 Juli 2020 - 17:14 WIB

Tiba di Banjarmasin, Ada Hewan Kurban Kelelahan dan Patah Tulang

Hewan kurban yang berada di Rumah Potong Hewan (RPH) Jalan Tembus Mantuil diperiksa secara rutin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Walau dibayangi pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Banjarmasin memastikan tetap melaksanakan kurban pada Idul Adha 1441 Hijriah yang tinggal menghitung hari.

Kepala Bidang Peternakan dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin, Anwar Ziyadi mengungkapkan tidak banyak perubahan pada pelaksanaan kurban tahun ini dengan kemarin.

Catatan, saat pelaksanaan wajib mengutamakan protokol kesehatan Covid-19. “Permintaan di sini sementara masih tetap stabil, karena mungkin orang sudah menabung selama setahun belakangan ini,” ucap Anwar Ziyadi.

Diketahui hewan ternak ini berasal dari peternakan lokal seperti Tanah Laut.

Namun hewan kurban itu juga didatangkan langsung dari daerah luar seperti Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Hingga sekarang jumlah mencapai 260 ekor.

Dengan begitu, Anwar bilang setiap hewan yang baru datang di Banjarmasin harus dilakukan pemeriksaan untuk memastikan hewan tersebut sehat dan aman dipasarkan.

Pemeriksaan sangat berkala, sebelum dan sesudah datang itu sudah diperiksa.

Hewan ini berada di Rumah Potong Hewan (RPH) Jalan Tembus Mantuil, Kelurahan Basirih Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

“Bahkan sebelum berangkat dari luar, ada pemeriksaan apakah ada penyakit berbahaya,” ucapnya.

Sementara itu, Medik Veteriner DKP3 Banjarmasin Drh Annang Dwijatmiko menjelaskan, dari pemeriksaan ada beberapa hewan yang mengalami kelelahan fisik akibat menempuh perjalanan jauh lewat jalur laut.

Bahkan ditemukan dua ekor sapi patah tulang. “Jadi untuk yang patah tulang ini akan langsung dipotong malam ini, untuk stok daging dipasaran. Karena kan syarat hewan kurban itu harus sehat,” jelasnya.

Ditambahkan Annang, ada beberapa penyakit pada hewan yang harus diwaspadai, Antraks, Tuberkulosis, serta infeksi cacing. “Untuk antraks saat ini belum ada temuan di Banjarmasin, tapi tetap harus kita waspadai terus,” sebutnya.

Adapun beberapa tips yang bisa digunakan masyarakat untuk memilih hewan kurban yang sehat. Annang membeberkan bisa diketahui dari mata hewan itu cerah, berdirinya kokoh, bulunya mengkilap, dan tidak mengalami cacat fisik.

“Hal-hal itu yang sangat perlu diamati masyarakat sebelum membeli hewan kurban,” jelas Annang.

Lantas apakah hewan kurban ini juga bisa terpengaruh Covid-19 ?

Annang menegaskan bahwa sapi tidak akan terpengaruh atau terpapah virus corona yang saat ini sedang melanda. Berbebda hal dengan ayam yang memang memerlukan adanya rapid test untuk memastikan terbebas dari virus flu burung.

“Kita pastikan sapi ini aman dari Covid-19,” tegasnya.

Sebelumnya diketahui, meski pandemi Covid-19 belum menunjukan tanda-tanda berakhir, pemintaan hewan kurban di Banjarmasin diprediksi tidak akan mengalami penurunan, atau masih sama dengan tahun lalu.

Oleh karenanya, jumlah hewan yang didatangkan Pemkot Banjarmasin masih tetap sama, yakni sekitar 2.000 ekor lebih sapi dan 1.500 ekor lebih kambing, untuk memenuhi keperluan masyarakat melaksanakan ibadah kurban.

apahabar.com

Hewan ini berada di Rumah Potong Hewan (RPH) Jalan Tembus Mantuil. Foto-Istimewa

Editor: Syarif

Editor: Reporter: Bahaudin Qusairi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Motor Senggol Truk, Warga Kapuas Tewas di Atas Jembatan Barito
apahabar.com

Kalsel

Rampok di Kantin GOR Hasanuddin Banjarmasin Napi Asimilasi!
apahabar.com

Kalsel

Puluhan Santri Banjiri PN Barabai, Tuntut Keadilan Korban Predator Anak
apahabar.com

Kalsel

Mulai Digarap, Jembatan Kelayan 4 Sedot Anggaran Rp 13 Miliar
aapahabar.com

Kalsel

Libur Tahun Baru, Basarnas Banjarmasin Waspadai Kawasan Pesisir

Kalsel

VIDEO: Upacara Adat Balian pada Perkawinan Suku Dayak Ma’anyan
apahabar.com

Kalsel

Bertambah 23 kursi DPR RI, NasDem Selenggarakan Sekolah Legislatif
Penyemprotan Disinfektan di Banjarmasin Dikritik

Kalsel

Penyemprotan Disinfektan di Banjarmasin Dikritik
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com