H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel Polda Kaltim Gagalkan Peredaran Sabu 6 Kg di Samarinda dan Balikpapan Banjarmasin Resmi Perpanjang Tanggap Darurat Banjir, Kecamatan Timur Terparah! Resmi! Banjarmasin Berlakukan Pembatasan Transisi Mulai Hari Ini Dear Korban Banjir Kalsel, Posko untuk Gugat Gubernur Sahbirin Segera Dibuka!

Tingkatkan Keamanan Pangan, Pemkab HST Gelar Advokasi Terpadu

- Apahabar.com Sabtu, 18 Juli 2020 - 08:35 WIB

Tingkatkan Keamanan Pangan, Pemkab HST Gelar Advokasi Terpadu

Wabup Berry menyerahkan plakat dari Pemkab HST kepada Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi BPOM Kalsel, Gusti Maulita Indriyana di Pendopo Bupati, Kamis (16/7). Foto-Prokom HST for apahabar.com.

apahabar.com, BARABAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST) berupaya meningkatkan kesadaran terhadap keamanan pangan.

Advokasi terpadu pun digelar. Pemkab mengundang Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Balai Besar POM Kalsel, Gusti Maulita Indriyana sebagai narasumber.

Kegiatan itu dibuka oleh Wabup HST, Berry Nahdian Forqan di Pendopo Bupati, Kamis (16/7).

Agenda advokasi terpadu itu, diharapkan dapat mengintegrasikan tiga program nasional Balai POM, sehingga dapat menumbuhkan komitmen pemerintah daerah dengan pemerintah desa.

Tiga program yang dimaksud yakni, gerakan keamanan pangan desa (GKPD), pasar aman dari bahan berbahaya dan pangan jajanan anak sekolah.

“Oleh karena itu ada beberapa perangkat daerah teknis dan unsur pemerintah desa yang dilibatkan dalam kegiatan advokasi terpadu ini. Sebab pangan merupakan kebutuhan dasar hidup yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia,” terang Berry.

Agar terwujud ketersediaan, keterjangkauan dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman, bermutu dan bergizi seimbang, harus menjadi tanggung jawab bersama dalam mengintervensi keamanan pangan yang akan dikonsumsi masyarakat.

Baik di tingkat nasional maupun daerah termasuk pedesaan hingga perseorangan secara merata. Terlebih pasar dan sekolah yang diintervensi agar mereplikasi program pada daerah lain.

Dukungan dan komitmen bersama, lanjut Berry, merupakan kunci sukses dari pelaksanaan program nasional pemberdayaan masyarakat itu.

Tujuannya tak lain agar terwujudnya masyarakat sehat yang menerapkan prinsip-prinsip dan memiliki kesadaran keamanan pangan. Sehingga dapat menjadi konsumen yang cerdas.

“Marilah kita bersatu padu dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di HST sehingga terwujud masyarakat yang agamis, mandiri, sejahtera dan bermartabat,” imbau Berry.

Di akhir sambutannya, Berry mengajak berbagai komunitas agar tergugah turut serta menyukseskan program nasional dari BPOM dan berpartisipasi serta mandiri dalam pembinaan dan pengawasan keamanan pangan di komunitasnya masing-masing.

Advokasi terpadu itu dihadiri Ketua TP PKK HST, Hj Ernawati Chairansyah, Kepala Kemenga HST dan para kepala OPD, kepala sekolah, kepala desa serta Kepala Puskesmas dan para Camat.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Penanggulangan Covid-19, Pemkab HST Sukseskan Grand Strategi Nasional
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Chairansyah Bagikan Sembako dan Masker ke Pengayuh Becak dan Pedagang
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Sepekan Operasi Yustisi di HST, Puluhan Warga Masih Langgar Prokes
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Tanggap Covid-19 di HST, Bupati dan Wakilnya Minta Wejangan Guru Bakhiet
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Sarasehan KTNA Jadi Momentum Peningkatan Sektor Pertanian di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Era Teknologi, Evaluator RB Pemkab HST Dituntut Siapkan Strategi
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Putus Mata Rantai Covid-19, Gugus Tugas HST Dibantu Lintas Sektoral
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Suling Pekan Ke-185, Wabup Berry Ingatkan Sanksi Langgar Prokes
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com