ga('send', 'pageview');
Breaking News! Kabar Duka, Kadisdik Banjar Maidi Armansyah Meninggal Dunia Sebelum Wafat, Kondisi Wali Kota Banjarbaru Naik Turun Geger Mayat Mengapung di Laut Tanbu, Polisi Sulit Identifikasi Jelang Magrib, Api Gegerkan Blok Ikan Pasar Kandangan Peringatan 100 Hari Guru Zuhdi: Makam Ditutup, Streaming Jadi Andalan




Home Kalsel

Rabu, 29 Juli 2020 - 16:59 WIB

TMMD Rampung, Sungai Telan Besar Dapat Dimasuki Roda Empat

Reporter: Bastian Alkaf - apahabar.com

Pengerasan jalan yang dilakukan Satgas TMMD Kodim 1005 Marabahan di Desa Sungai Telan Besar. Foto-Istimewa

Pengerasan jalan yang dilakukan Satgas TMMD Kodim 1005 Marabahan di Desa Sungai Telan Besar. Foto-Istimewa

apahabar.com, MARABAHAN – Impian warga Desa Sungai Telan Besar memiliki jalan bagus, akhirnya benar-benar tercapai berkat kehadiran TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1005 Marabahan.

TMMD ke-108 di Desa Sungai Telan Besar dan Sungai Telan Muara, Kecamatan Tabunganen, resmi berakhir dan ditutup, Rabu (29/7). Sejumlah proyek fisik yang dikerjakan selama sebulan, juga berhasil dirampungkan.

Proyek tersebut berupa pengerasan jalan Sungai Telan Besar sepanjang 848 meter, serta penambahan bahu jalan yang menghubungkan kedua desa sepanjang 1.100 meter.

Kemudian pembuatan tiga jembatan selebar 3 meter dengan panjang masing-masing 12 meter, 40 meter dan 18 meter.

Juga terdapat sasaran fisik tambahan berupa rehab satu rumah warga, satu musala dan pembuatan lima buah sarana MCK.

Selain kegiatan fisik, sasaran non fisik juga rampung sesuai rencana. Mulai dari penyuluhan pertanian, Kamtibmas dan narkoba, KB kesehatan, pencegahan Covid-19 dan sosialisasi rekrutmen TNI.

Baca juga :  Breaking News! Kabar Duka, Kadisdik Banjar Maidi Armansyah Meninggal Dunia

Melengkapi kegiatan non fisik adalah bakti sosial berbentuk rapid test masal, pengobatan gratis dan pemberian sembako.

“Alhamdulillah TMMD ke-108 ditutup dalam keadaan aman, lancar dan tertib. Kami berterimakasih kepada semua pihak, mengingat pelaksanaan TMMD tidak bisa dilakukan sendiri,” papar Dandim 1005 Marabahan Letkol Kav Sugianto.

“Selama 30 hari pekerjaan, kendala yang dihadapi hanya hujan. Selain menunda pekerjaan, dropping material ke lokasi pengerjaan juga terganggu,” sambungnya.

Kesuksesan TMMD ke-108 di Tabunganen, juga mendapat apresiasi tinggi dari Pemkab Batola. Penilaian itu dilakukan lantaran kondisi geografis Sungai Telan Muara dan Sungai Telan Besar.

“Seandainya pekerjaan di kedua desa itu dilelangkan, kami tidak yakin banyak kontraktor yang berani memasukkan penawaran,” sahut Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor.

Baca juga :  Covid-19 di Kalsel 12 Agustus: 6.889 Positif dan 4.261 Sembuh

“Namun berkat kerja keras Satgas TMMD, pekerjaan yang seharusnya selesai selama empat bulan, berhasil rampung 100 persen hanya dalam satu bulan,” imbuhnya.

Imbas TMMD ke-108 pun langsung dirasakan warga Desa Sungai Telan Besar. Kendati tidak diaspal, pengerasan dan penambahan bahu jalan menjadi sesuatu yang patut disyukuri.

“Kami sudah tak khawatir lagi dengan kondisi jalan becek dan tergenang air, terutama ketika memasuki musim hujan atau air sungai pasang,” papar Amberin, Kepala Desa Sungai Telan Besar.

“Petani juga tak lagi menggunakan jukung menuju sawah untuk bekerja maupun mengangkut hasil panen, karena sudah bisa menggunakan transportasi darat. Bahkan sekarang kendaraan roda empat juga dapat masuk ke desa kami,” tandasnya.

Editor: Syarif

Share :

Baca Juga

Kalsel

Belanda Pulangkan Keris Diponegoro, Tengkorak Demang Lehman Kapan?
apahabar.com

Kalsel

Kapal Perang KRI Tombak 629 Merapat ke Banjarmasin!
apahabar.com

Kalsel

Tantang Paman Birin, Gerindra Kalsel Inginkan Julak Abidin
apahabar.com

Kalsel

Jembatan Baundang di Kusan Hulu Hanyut Tergerus Banjir
apahabar.com

Kalsel

Lebaran Sebentar Lagi, Perajin ‘Parcel’ Kebanjiran Rezeki
apahabar.com

Kalsel

BMKG: Siang Hari di Kalsel Hujan Lokal

Kalsel

VIDEO: Korban Tenggelam di Sungai Alalak Ditemukan Tewas Mengapung!
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Kedatangan Pejabat Pusat, Ibnu Sina Minta Laboratorium
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com