Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Upaya Pemkot Menuju Wilayah Bebas Covid-19, Perbanyak Ini

- Apahabar.com Jumat, 3 Juli 2020 - 05:15 WIB

Upaya Pemkot Menuju Wilayah Bebas Covid-19, Perbanyak Ini

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin berupaya keluar dari wilayah berisiko tinggi penyebaran Covid-19.

Salah satunya dengan memperbanyak penetapan Kampung Tangguh Banua dari inisiatif warga untuk menangkal penyebaran Covid-19.

Dengan begitu hingga tercipta wilayah tanpa ada kasus Covid-19 lagi (zona hijau).

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina berharap, dua Kampung Tangguh Banua yang diresmikannya di Kelurahan Belitung Utara dan Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, akan menjadi contoh menjadi kelurahan zona hijau.

“Karena di dua kelurahan ini jumlah kasus orang terkonfirmasi positif Covid-19 sangat rendah, moga menjadi kelurahan yang mengawali kembali ke zona hijau, tidak ada lagi penyebaran Covid-19,” ujarnya saat peresmian kampung tangguh di Banjarmasin, Kamis (2/7).

Ibnu Sina mengatakan, daerahnya melakukan berbagai cara untuk mengatasi wabah ini terus meluas.

Andil masyarakat menurutnya nampak mulai besar, termasuk menetapkan wilayah permukimannya sebagai Kampung Tangguh Banua.

Dikatakan dia, fungsi Kampung Tangguh Banua adalah bagaimana masyarakat siap untuk memantau orang keluar masuk, kemudian juga ketika ada orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) dan ada yang ingin isolasi mandiri bisa dibantu, tidak dikucilkan.

Menurut dia, contoh wilayah demikian akan terus diperbanyak, sehingga rasa gotong royong untuk mengatasi masalah kesehatan ini dapat terwujud di semua wilayah, hingga kasus positif Covid-19 bisa ditekan signifikan.

Dia mengakui penambahan kasus positif Covid-19 di Banjarmasin terus terjadi. Bahkan pada hari ini kembali bertambah 35 orang terkonfirmasi positif, hingga jumlah totalnya sekarang yang terkonfirmasi positif menjadi 1.432 orang.

Untungnya, ucap dia, angka sembuh dari terinveksi positif Covid-19 ini terus juga meningkat. Hingga kini sudah mencapai angka 240 orang.

“Ada penurunan angka yang meninggal dunia dalam waktu terakhir ini, kini memang sudah 120 orang meninggal,” ujar Ibnu Sina.

Dia berharap, dengan makin banyaknya warga yang sadar dan mentaati protokol kesehatan, ditambah banyaknya berdiri Kampung Tangguh Banua ini, kasus positif COVID-19 baru Kamin turun bahkan bisa tidak ada lagi, namun kesembuhan terus banyak terjadi.

Hingga, kata dia, akan terwujud wilayah atau kelurahan dari 52 kelurahan di kota ini yang kembali menjadi zona hijau, akhirnya semua bisa beraktivitas seperti sediakala, dan ekonomi akan kembali bergerak cepat.

“Tempat ibadah kembali penuh, sekolah-sekolah kembali beraktivitas, ini yang harus kita perjuangkan bersama,” ujarnya.(ant)

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Uploader - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

2 Hari Hilang, Gadis Belia Ditemukan Tak Bernyawa di Kotabaru
apahabar.com

Kalsel

Akibat Korsleting, Kandang Ayam Senilai Rp 500 Juta Ludes
apahabar.com

Kalsel

VIDEO: Menegangkan, Detik-Detik Warga Kotabaru Rebut Jasad dari Mulut Buaya
apahabar.com

Kalsel

Selama PSBB di Banjarmasin, ‘Pasar Wadai Online’ Dibuka
apahabar.com

Kalsel

Positif Covid-19 di Kalsel Bertambah 116 Orang, 112 dari Banjarmasin

Kalsel

Geger Warga di Tanah Bumbu Diangkut Tim Densus 88
apahabar.com

Kalsel

FOTO: Ratusan Peserta Aksi Save Meratus Tumpah Ruah di Barabai
apahabar.com

Kalsel

Nekat, Pemuda di Amuntai Cabuli Istri Teman Sendiri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com