BANYU LALU HAJA Tim Paman Birin Mau Polisikan Warga, Peradi-Komnas HAM Pasang Badan Duuh, 8 Kecamatan di Tanah Laut Hilang Disapu Banjir Dear Korban Banjir Kalsel, Telkomsel Bebaskan Telepon-SMS Demi Aliran Sungai, Pos Polisi di Jalan Veteran Banjarmasin Dibongkar Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi

Utamakan Edukasi, Satlantas Polres HST Tegur 50 Pengendara

- Apahabar.com Minggu, 26 Juli 2020 - 10:22 WIB

Utamakan Edukasi, Satlantas Polres HST Tegur 50 Pengendara

Satlantas Polres Hulu Sungai Tengah melakukan Operasi Patuh Intan 2020. Foto-istimewa

apahabar.com, BARABAI – Pada Jumat (24/7) kemarin, Satlantas Polres Hulu Sungai Tengah melakukan Operasi Patuh Intan 2020. Di hari kedua tersebut, mereka memberikan imbaun dan teguran kepada pengendara yang melintas di wilayah hukumnya.

Sebanyak 15 personel melaksanakan imbauan dengan teguran tertulis kepada pengguna jalan di Simpang 10 Barabai Simpang KPPN Barabai, Simpang Bulau Barabai dan Simpang Tengkarau Barabai.

Kegiatan yang menindaklanjuti kebijakan Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta terkait pemantapan Harkamtibmas tersebut dipimpin langsung Kasat Lantas AKP Supriyatno.

Dalam kegiatan razia tersebut anggota satuan lalulintas Polres Hulu Sungai Tengah menegur dan menginterogasi sejumlah pengemudi yang melanggar tidak menggunakan masker dan helm serta kelengkapan kendaraan lainnya.

Sebanyak 50 pengendara diberikan teguran oleh petugas Satuan Lalu lintas Polres Hulu Sungai Tengah yang melintasi lokasi razia. Diperintahkan mengambil masker untuk mencegah penyebaran Covid-19, sedangkan yang tidak memakai helm di perintahkan mengambil helm demi keselamatannya.

Operasi patuh Intan 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya tahun ini tak hanya menertibkan para pelanggar, tapi juga menetapkan protokol kesehatan.

Untuk pertama kalinya, Operasi patuh Intan digelar di tengah pandemi Covid-19. Pemeriksaan kendaraan bermotor maupun mobil ini tepatnya akan berlangsung selama 14 hari, dari 23 Juli sampai dengan 5 Agustus 2020. Dalam pelaksanaannya petugas tetap menerapkan protokol kesehatan.

Di jelaskan Kasat Lantas AKP Supriyatno mewakili Kapolres Hulu Sungai Tengah AKBP Danang Widaryanto,” Dalam operasi ini kami memberi teguran kepada pelanggar. Kegiatan Ops ini juga kita berikan imbauan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan Covid-19.”

Penertiban protokol kesehatan yang dilakukan bukan tanpa alasan, sambung Kasat. Sebab, sejak masa adaptasi kebiasaan baru (New Normal) sebagian masyarakat mulai menjalankan kembali aktivitasnya seperti semula. Kondisi ini membuat lalu lintas kembali ramai.

Untuk mendisiplinkan masyarakat, penindakan lewat penilangan tetap ada tapi presentasenya kecil, hanya 20 persen saja. Sisanya akan lebih banyak dititikberatkan ke edukasi, memberikan teguran dan penyuluhan ke masyarakat.

“Kemudian sebanyak 40 persen secara preventif dengan memberikan informasi dan imbauan lewat berbagai media, dan 40 persen lainnya dengan menjaga dan mengatur lalu lintas. Pendekatan tindakan hukum secara persuasif dan humanis tetap kita tingkatkan untuk menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas di wilayah hukum Polres Hulu Sungai Tengah,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Uji Vaksin Covid-19, Pemprov Kalsel Akan Prioritaskan Nakes
apahabar.com

Kalsel

BMKG Prakirakan 5 Daerah di Kalsel Hujan Disertai Petir
apahabar.com

Kalsel

Siswa SMAN 5 Banjarmasin Diduga Keracunan Kembali ke Sekolah
Bawaslu

Kalsel

Respon Bawaslu Kalsel Ikut Terseret Gugatan Denny Indrayana ke MK
Hotel

Banjarmasin

Sudah 5 Hari Mogok Kerja Karyawan Grand Mentari Banjarmasin, Manajemen Bungkam

Kalsel

Sudah Lama Alami Gangguan, Ternyata Pemanjat Sutet Mataraman Pernah Loncat ke Laut Berjam-jam
apahabar.com

Kalsel

Kodim 1007/Banjarmasin Gelar Komsos Kreatif Pencak Silat Budaya
apahabar.com

Kalsel

Berang, Dewan Sesalkan Tempat Umum di Banjarmasin Masih Buka
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com