Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

207 Rumah Warga HSS Akan Diperbaiki Tahun Ini

- Apahabar.com Selasa, 18 Agustus 2020 - 16:18 WIB

207 Rumah Warga HSS Akan Diperbaiki Tahun Ini

Penyerahan bantuan PRS secara simbolis oleh Bupati HSS Achmad Fikry kepada perwakilan KPM Sumber: Humas Pemkab HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Sudah lebih 5 ribuan rumah warga telah diperbaiki, pada 2020 ini kembali disalurkan bantuan perbaikan sebanyak 207 buah rumah. Bantuan itu merupakan Program Rumah Sejahter (PRS) yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS).

Bupati HSS Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad memulai penyerahan perdana untuk wilayah Kecamatan Angkinang dan Kecamatan Telaga Langsat, Selasa (18/8) pagi di Kantor Kecamatan Angkinang.

Penyaluran PRS tersebut ditandai dengan penyerahan buku rekening secara simbolis oleh Bupati Achmad Fikry kepada perwakilan keluarga penerima manfaat (KPM) dari dua kecamatan tersebut.

Bupati HSS Achmad Fikry mengungkapkan, PRS sudah dimulai sejak 2014. Selama 6 tahun berjalan ungkapnya, sudah mencapai 5 ribuan rumah warga yang telah dibantu dalam memperbaiki.

Kepada para penerima PRS 2020, Bupati Achmad Fikry menyarankan pembangunan atau perbaikan diprioritaskan pada bangunan utama seperti ruang tamu dan kamar, bukan teras atau dapur.

“Kami hanya berharap masyarakat bisa nyaman tinggal di rumah yang telah diperbaiki, nyaman untuk beristirahat dan nyaman untuk beribadah,” tutur Achmad Fikry.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten HSS, Nordiansyah menjelaskan, 207 KPM tersebut menerima bantuan PRS setelah dilakukan verifikasi dan validasi. Bantuan yang bersumber dari APBD murni Pemkab HSS itu, dibagikan tersebar di 11 kecamatan di HSS.

Nordiansyah memaparkan, di Kecamatan Padang Batung penerima sebanyak 45 KPM, Kecamatan Simpur sebanyak 34 KPM, Kecamatan Sungai Raya sebanyak 27 KPM, Kecamatan Kalumpang sebanyak 24 KPM, Kecamatan Daha Selatan sebanyak 23 KPM.

Lalu, Kecamatan Telaga Langsat sebanyak 18 KPM, Kecamatan Daha Barat sebanyak 13 KPM, Kecamatan Kandangan sebanyak 7 KPM, Kecamatan Loksado sebanyak 7 KPM dan Kecamatan Daha Utara 1 KPM.

“Kecamatan Angkinang yang sebelumnya ada 10, menjadi 8 KPM karena ada 2 orang yang meninggal dunia,” ungkapnya.

Setiap KPM ungkapnya, akan mendapatkan dana sebesar Rp 13.900.000. Dana itu untuk biaya bahan material rumah, pembuatan WC, upah tukang dan biaya gotong royong.

“Dana disalurkan secara non tunai melalui rekening KPM yang bersangkutan, sedang untuk pengerjaan akan dilakukan secara gotong royong oleh warga masyarakat sekitar KPM berada. Namun untuk penyelesaian akhirnya akan dikerjakan tukang terampil dengan target penyelesaian selama 1 bulan ke depan,” pungkasnya.

apahabar.com

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Reporter: Ahc27 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Bersinergi dengan Dinsos dan Ponpes, Bantuan Baznas HSS Tepat Sasaran
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Bantu Danai Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa
apahabar.com

HSS

SGI HSS Wisuda 29 Guru
apahabar.com

HSS

Achmad Fikry Turun Tangan Semprot Disinfektan
apahabar.com

HSS

Pemkab HSS Gandeng Pengusaha Sukseskan Gerakan Sejuta Masker
apahabar.com

HSS

Dukung Percepatan Tanam, Bupati HSS Serahkan Bantuan ke Petani
apahabar.com

HSS

Rakor Bulanan, Ini Uraian Bupati HSS
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Tinjau Posko Lebaran
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com