Lewat Udara, Paman Birin Salurkan Bantuan Korban Banjir dari Jokowi Pekan Ini, Rupiah Berpeluang Tembus Rp 14.000 Dini Hari, Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 1,8 Km Kanada Bakal Cabut Larangan Terbang Boeing 737 Max Peduli Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan ke Tanah Laut

3 Mobil Pusaka Awal Kemerdekaan RI, Intip Sejarahnya

- Apahabar.com Selasa, 18 Agustus 2020 - 07:00 WIB

3 Mobil Pusaka Awal Kemerdekaan RI, Intip Sejarahnya

Mobil Rep 1 di gedung penyimpanan koleksi mobil pusaka di Museum Gedung Joang '45 Jakarta. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Museum Gedung Joang ’45 jadi tempat dipamerkannya tiga mobil pusaka yang pernah digunakan pada awal kemerdekaan RI. Seperti apa sejarahnya?

Mobil pertama adalah Mobil Rep 1, yang merupakan mobil sedan hitam mewah jenis Buick seri 8, yang dikeluarkan oleh Buick Motor Division dan rilis pada tahun 1939 dengan kapasitas mesin 5247 cc.

Mobil Rep 1 adalah mobil kepresidenan pertama yang dimiliki pemerintah Indonesia dan digunakan oleh Ir Soekarno dalam menjalankan tugas sebagai presiden, di tahun 1945-1949.

apahabar.com

Mobil Rep 2 di gedung penyimpanan koleksi mobil pusaka di Museum Gedung Joang ’45 Jakarta. Foto-Antara

Sejarah yang menyertai mobil ini pun menarik. Mulanya, mobil ini dimiliki oleh Departemen Perhubungan Jepang, dan merupakan sebuah “barang curian”.

Sahabat Soekarno, Sudiro, mendekati sopir mobil Rep 1 yang sedang beristirahat, dan merayu si sopir untuk memberikan kunci mobil kepadanya. Sudiro lalu membawa mobil ke kediaman Soekarno di Jl. Pegangsaan Timur No. 56, dan sejak itu digunakan untuk pelaksanaan tugasnya sebagai presiden.

Mobil kedua adalah Mobil Rep 2. Mobil berwarna putih ini merupakan hasil keluaran DeSoto Cabriolet, dan merupakan mobil dinas Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Mobil mewah ini dibuat pada tahun 1938, yang awalnya adalah kepemilikan dari seorang pengusaha di Jakarta dan juga merupakan paman dari Mohammad Hatta itu sendiri.

Sang paman kemudian berpikir bahwa mobil itu cocok untuk dikendarai oleh keponakannya, yang merupakan Wakil Presiden Indonesia. Ia lalu memberikan mobil itu kepada Mohammad Hatta.

Terakhir, adalah Mobil Peristiwa Pemboman di Cikini, yang merupakan mobil hitam yang dikeluarkan oleh Chrysler Crown Imperial.

Mobil ini merupakan mobil yang dipakai oleh Presiden Soekarno saat mengantarkan sang putri, Megawati Soekarnoputri, menuju sekolahnya di Perguruan Cikini.

Namun, tiba-tiba mobil tersebut dilempari bom oleh para warga yang kurang menyukai Presiden Soekarno, dan peristiwa ini dikenal sebagai Peristiwa Cikini.

Selain ketiga mobil pusaka itu, Gedung Joang ’45 Jakarta juga menyimpan koleksi arsip, lukisan, foto, dan patung di masa detik-detik Kemerdekaan Republik Indonesia.(ant)

apahabar.com

Mobil Peristiwa Pemboman di Cikini, di gedung penyimpanan koleksi mobil pusaka di Museum Gedung Joang ’45 Jakarta. Foto-Antara

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Cuma di Mercure Banjarmasin, Modal Seribu Bisa Makan Sepuasnya
apahabar.com

Gaya

Mulai Tahun Depan, Lapan Akan Cari Kehidupan di Planet Lain
apahabar.com

Gaya

Pandemi, Waktu Tonton Konten Otomotif di Youtube Meningkat
apahabar.com

Gaya

Toyota Luncurkan Layanan Virtual Service Mobil Halobeng
apahabar.com

Gaya

Cara Maksimalkan Perlindungan Akun di Media Sosial
apahabar.com

Gaya

9 Destinasi Wisata Alam Sulawesi Selatan yang Wajib Dikunjungi Tahun Ini
apahabar.com

Gaya

Tragis, Wanita Ini Dadanya Terus Membesar Sampai Cup L
apahabar.com

Gaya

Instagram Reels Mirip TikTok Rilis Bulan Depan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com