Banjir Belum Reda, Warga Desa Bincau Terancam Kekurangan Makanan Update Covid-19: Belasan Warga Kapuas Sembuh, 1 Positif H2D Sidang Perdana di MK, Bawaslu RI ‘Turun Gunung’ ke Kalsel 4.840 Vial Vaksin Covid-19 Tiba di Tanah Bumbu Pengungsi Banjir Bertambah, Kalsel Perpanjang Status Tanggap Darurat

5 Jenis Minyak Sehat untuk Memasak

- Apahabar.com Sabtu, 15 Agustus 2020 - 06:30 WIB

5 Jenis Minyak Sehat untuk Memasak

Minyak dedak padi sehat untuk memasak. Foto-NDTV

apahabar.com, JAKARTA – Ahli gizi menyebut bahwa bahkan minyak zaitun memiliki banyak manfaat. Maka tak heran jika minyak ini sudah digunakan sejak berabad-abad lalu.

Namun, belakangan ini, ada jenis minyak lain yang diketahui memiliki manfaat. Melansir Times of India, berikut 5 jenis minyak sehat yang bisa Anda gunakan untuk memasak.

Minyak kelapa

Selain dikenal bermanfaat untuk kecantikan, minyak kelapa juga merupakan minyak sehat yang bisa digunakan untuk memasak. Ini dianggap sebagai salah satu minyak paling serbaguna yang telah digunakan untuk keperluan memasak maupun pengobatan.

Minyak kelapa dapat meningkatkan laju metabolisme dan menekan nafsu makan. Ini memiliki umur simpan yang lama dan telah ditemukan efektif dalam menyembuhkan penyakit jamur seperti kaki atlet, herpes, infeksi tenggorokan, dan kurap. Minyak kelapa mengandung lemak jenuh tinggi – 87 gram untuk setiap 100 gram minyak.

Minyak wijen

Minyak wijen kabarnya dianggap sebagai salah satu minyak paling populer yang digunakan di India sejak zaman kuno. Dibuat dengan menekan biji wijen panggang, minyak ini sebagian besar digunakan dalam masakan Asia.

Ahli Gizi Dokter Nupur Krishnan mengatakan, minyak wijen mengandung vitamin E, B6, magnesium, kalsium, tembaga, dan besi tingkat tinggi, ia memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan. Minyak ini dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol dan terutama bermanfaat bagi pasien diabetes.

Minyak biji rami

Minyak biji rami memiliki nilai gizi tinggi dan memiliki sejumlah besar asam lemak omega-3 untuk membantu pencernaan. Kualitas anti-inflamasinya membantu menyembuhkan kondisi rematik. Ini memiliki umur simpan rendah dan tidak dapat digunakan dalam memasak suhu tinggi.

Minyak biji anggur terasa bersih, ringan, pedas, dan berbuah. Ini digunakan untuk memberikan rasa halus untuk berbagai jenis makanan. Vitamin E dan asam lemak omega-6 dalam minyak biji anggur memiliki antioksidan alami, serta meningkatkan kolesterol baik.

Tapi itu juga bisa menyebabkan alergi pada orang yang alergi terhadap anggur. Ini memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda yang tinggi dan digunakan untuk membuat roti, sebagai bahan dalam dressing salad dan mayones.

Minyak dedak padi

Minyak dedak mengandung asam lipoat yang dapat menstabilkan kadar gula darah dan mengurangi kerusakan tubuh akibat kelebihan gula. Ini juga mengandung nutracenticals unik yang dikenal untuk menjaga keseimbangan kolesterol. (okz)

Editor: Syarif

Editor: Amrullah - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

WhatsApp

Gaya

Asyik, Fitur Pesan Menghilang Otomatis WhatsApp Sudah Tersedia
apahabar.com

Gaya

Makan Kimchi Diklaim Turunkan Risiko Tertular Covid-19, Benarkah?
apahabar.com

Gaya

Suka Duka Nor Kader JKN di Barabai, Beratnya Ditinggal Pergi
apahabar.com

Gaya

Musim Rambutan Datang Nih, Yuk Intip Manfaat Buah Ini
apahabar.com

Gaya

Minum Air Rebusan Pembalut, Ternyata Ini Akibatnya
Bold Riders Banjarmasin

Gaya

Rayakan Ultah Ketiga, Bold Riders Banjarmasin Tanam Bibit Pohon Buah di Kiram Park
apahabar.com

Gaya

Pakar Siber: Waspada Privasi dan Keamanan Saat Pakai VPN
apahabar.com

Gaya

Jalan-Jalan ke E & Kopi, Tempat Ngopi dan Diskusi Masyarakat Satui
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com