ga('send', 'pageview');
Baliho Jagoannya Ditutupi Paslon Lain, Relawan Cuncung-Alpi Tunjukkan Sikap Santun Karang Payau Kotabaru Geger, Ketua RT Hilang Diduga Dimangsa Buaya! Perampokan Brutal di Kotabaru, Korban Ditusuk dan Dilempar ke Sungai Kesan Mendalam Warga Pulau Burung ke Cuncung H Maming: Relakan Gaji untuk Membuka Isolasi Gali Lubang Buat Kabur, Napi Cina Lapas Tangerang Jadi Buruan Tim Khusus

Bahas Masa Jabatan Kades, Pagi Ini Apdesi HST Bakal Datangi Bupati

- Apahabar.com Jumat, 28 Agustus 2020 - 09:47 WIB

Bahas Masa Jabatan Kades, Pagi Ini Apdesi HST Bakal Datangi Bupati

Apdesi HST melakukan rapat internal terkait masa jabatan para Kades di Aula Kantor Kecamatan Barabai, Kamis (27/8) malam. Foto-apahabar.com/Lazuardi.

apahabar.com, BARABAI – Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia di Hulu Sungai Tengah (Apdesi HST) sepakat akan melakukan audiensi dengan Pemkab setempat pagi ini, Jumat (28/8).

Tujuannya, meminta kebijakan Pemkab HST terkait masa jabatan para kepala desa (Kades).

Terhitung, 150 dari 166 Kades se HST bakal habis masa jabatannya per 22 Oktober 2020 nanti.

Audiensi itu sudah dirapatkan oleh asosiasi yang diisi para Kades dari perwakilan 11 kecamatan di HST ini di Aula Kantor Kecamatan Barabai, Kamis (27/8) malam.

Ada beberapa orang perwakilan Apdesi yang nantinya melakukan audiensi dengan pihak Pemkab HST. Setelah itu, Apdesi melanjutkan Audiensi ke DPRD HST.

Dari hasil kesepakatan, ada 3 poin yang bakal disampaikan perwakilan Apdesi kepada Bupati HST, HA Chairansyah yang sudah dijadwalkan pukul 09.30 hari ini.

Baca juga :  Nyaris Diamuk Massa di Parkiran RSUD H Damanhuri Barabai, Warga Batu Benawa HST Ditetapkan Tersangka Maling Motor

Pertama, Kades se HST sepakat meminta kebijakan Pemkab agar ditiadakan pejabat sementara Kades yang diisi oleh ASN.

Kedua, mereka meminta memperpanjang masa jabatan Kades sampai Pilbakal pada Juni 2021 nanti. Pun demikian dengan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Sebab tanpa BPD, roda pemerintahan desa tidak bisa dijalankan.

“Jika hal tersebut tidak disetujui atau diterima, kami (para kepala desa-red) sepakat untuk meminta tali asih di akhir masa jabatan sebesar Rp50 juta,” kata Wakil Ketua Apdesi HST, Abdurrahman yang saat ini menjabat Kades Awang Besar Kecamatan Barabai.

Ditekankan Abdurrahman, hal itu perlu disampaikan kepada Pemkab HST. Mengingat Pilkades atau Pilbakal diundur hingga Juni 2021 akibat pandemi Covid-19.

Hal itu, kata Abdurrahman membuat para Kades merasa dirugikan. Sebab, rata-rata kades bakal mencalonkan diri pada pilbakal yang seharusnya digelar pada November atau Desember 2020 ini.

Baca juga :  Nyaris Diamuk Massa di Parkiran RSUD H Damanhuri Barabai, Warga Batu Benawa HST Ditetapkan Tersangka Maling Motor

Artinya, para kades yang ingin mencalonkan diri nanti bakal atau harus menunggu selama 8 bulan pasca habis masa jabatannya.

Karena hal itulah, para kades, terlebih yang ingin mencalonkan diri lagi merasa dirugikan karena menunggu terlalu lama. Apalagi sementara masa jabatan kosong nanti, sesuai Permendagri, bakal diisi pejabat yang berstatus ASN.

“Jika demikian, kami, ibaratnya sama dengan di-PHK. Dan merasa dirugikan selama pandemi Covid-19 ini. Maka dari itu kami meminta Bupati HST mengabulkan permimtaan kami,” kata Abdurrahman.

“Jadi rencanya 3 bulan sebelum Pilbakal nanti, kami akan mengundurkan diri,” tutuo Abdurrahman.

Editor: Puja Mandela

Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HST

Tangani Covid-19, Wabup HST Harapkan Kerja Sama Masyarakat
apahabar.com

HST

Terima CSR PLN UP3 Barabai, Chairansyah: Segera Salurkan!
apahabar.com

HST

Asrama Baru Mahasiswa Murakata Berdiri di Banjarbaru
apahabar.com

HST

Kementerian PUPR Serahkan Aset Milik Negara ke Pemkab HST
apahabar.com

HST

Pemkab HST Peduli, Wabup Berry Turun Tangan Sosialisasikan Pencegahan Covid-19
apahabar.com

HST

Ribuan KK di Pandawan Dapat BST, Penyaluran Dibantu Bank Kalsel
apahabar.com

HST

Serahkan BLT-DD, Wabup Berry Ingatakan Protokol Kesehatan Menuju New Normal
apahabar.com

HST

5 Anggota BPD di Meratus Terpilih, Bupati HST: Selamat Bertugas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com