Usai Beasiswa 1000 Doktor, SHM Bakal Cetak Ribuan Sarjana Baru di Tanah Bumbu Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri

Bantu Petani, Babinsa di Tabalong Bangun Penggilingan Padi

- Apahabar.com Senin, 3 Agustus 2020 - 17:02 WIB

Bantu Petani, Babinsa di Tabalong Bangun Penggilingan Padi

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani memberikan sambutan saat meresmikan penggilingan padi Antasari Jaya. Foto- apahabar.com/Ahc26

apahabar.com, TANJUNG – Babinsa Koramil 06 Banua Lawas Kodim 1008 Tanjung, Sertu Jarudin, mendirikan kilang penggilingan padi Antasari Jaya di Desa Bengkiling Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong.

Gagasan tersebut muncul setelah melihat warga setempat selama ini kesulitan menggiling hasil sawahnya.

Untuk menjadikan beras mereka membawa padinya cukup jauh, belum lagi harus mengantri lama dipenggilingan padi ditempat lain.

Melihat hal itu, muncul rasa kepedulian sebagai Babinsa terhadap wilayahnya, hingga ia pun membangun kilang penggilingan padi, dengan kapasitas 5 mesin, 3 mesin pemecah dan 2 mesin pemutih.

Dandim 1008 Tanjung, Letkol Inf Ras Lambang Yudha, memberikan apresiasi dan serta berterima kasih kepada anggotanya itu beserta seluruh unsur terkait yang telah membantu mendirikan kilang padi tersebut.

Ia pun berharap dengan adanya kilang Padi Antasari Jaya ini, kedepannya sudah tidak ada lagi masyarakat yang harus mengantri lama dan terpenting dapat mengurangi beban masyarakat dalam menggiling padinya.

“Terima kasih kepada Sertu Jarudin beserta seluruh unsur terkait yang telah membantu mendirikan kilang padi ini, semoga penggilingan padi ini dapat membantu warga,” kata Ras Lambang Yudha.

Sementara itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, saat meresmikan penggilingan padi Antasari Jaya mengatakan, upaya yang dilakukan TNI ini sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Ia mengungkapkan hingga Mei 2020, Tabalong surplus beras 22.877.
“Hingga akhir tahun biasanya kita surplus 40 ribu ton lebih dari kebutuhan se Tabalong 10 ribu ton lebih. Sebagian besarnya berasal dari Kecamatan Banua Lawas ini,” ujarnya Bupati saat meresmikan Kilang Penggilingan Padi Antasari Jaya tersebut.

Tak lupa ia mengapresiasi upaya yang dilakukan TNI tersebut. “Atas nama Pemkab Tabalong kami ucapkan terima kasih, semoga program seperti ini bisa dilantjutkan ditempat lain,” harap Anang.

Setelah panen yang terpenting kata dia, masyarakat dapat melakukan penjemuran dan penggilingan padi dengan mudah.

Acara peresmian ini ditandai dengan pemecahan kendi sebagai simbolisasi peresmian Kilang Penggilingan Padi Antasari Jaya oleh Anang Syakhfiani di dampingi Dandim 1008/Tjg Letkol Inf Ras Lambang Yudha.

Acara juga turut di hadiri oleh Camat Banua Lawas, Para Danramil jajaran Kodim 1008/Tanjung, Forkopinca Kecamatan Banua Lawas, Kepala Desa, Tokoh Agama, Kelompok Tani, serta masyarakat setempat.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Reporter: Ahc26 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dilanda Kabut Asap, Pemkab HST Imbau Warga Pakai Masker
apahabar.com

Kalsel

Malam Ini Banjarmasin Diselimuti Kabut Tipis Beraroma Pekat
apahabar.com

Kalsel

Heboh, Penjual Sayur Ditemukan Tewas dengan Beton di Kepala
apahabar.com

Kalsel

Mapaba Akbar di Kampus IAID Martapura Tanpa Izin GTPP Banjar, Simak Kata Dandim
apahabar.com

Kalsel

Polres Banjar Bongkar Jaringan Narkoba Banjarmasin-Kalteng

Kalsel

Tak Dapat BBM Besubsidi, Ribuan Nelayan Kotabaru Tidak Melaut
apahabar.com

Kalsel

Lanjutkan Program Penghijauan, Polres HST Tanam 1000 Pohon
apahabar.com

Kalsel

Update Covid-19 di Banjarmasin 10 Mei, Angka Kematian Lebih Tinggi dari Sembuh
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com