Jadwal Liga Inggris Sheffield United vs Man City Malam Ini, Live Streaming Mola TV, Guardiola Tanpa Aguero! Video Viral Pria Bawa Jenazah Ibunya Pakai Motor di Atas Bronjong, Sang Perekam pun Ketakutan! Video Detik-detik Mobil Tabrak Gerbang Masjidil Haram Mekkah dengan Kecepatan Tinggi Video Viral Rombongan Klub Harley Keroyok 2 Anggota TNI, Polisi Melerai Dicuekin, Ini Gara-garanya Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap

Belajar Daring Membosankan, Guru di HSS ‘Jemput Bola’ ke Padang Batung

- Apahabar.com Senin, 3 Agustus 2020 - 13:02 WIB

Belajar Daring Membosankan, Guru di HSS ‘Jemput Bola’ ke Padang Batung

Guru di SD Negeri Batu Bini mengunjungi muridnya, untuk memberikan pembelajaran langsung saat pandemi Covid-19. Foto: Istimewa

apahabar.com, KANDANGAN – Guru SD, dan SMP di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) turun langsung mengunjungi murid sebagai siasat belajar daring atau online akibat pandemi Covid-19.

Program ini dinamakan kegiatan Guru Kunjung. Guru kunjung, adalah kegiatan para guru SD dan SMP di HSS dengan mengunjungi murid secara langsung dari rumah ke rumah.

Menariknya, kegiatan belajar ini juga bisa dilakukan dengan berkelompok. Baik di tempat terbuka, atau didampingi guru secara langsung.

Di SD Negeri Batu Bini di Kecamatan Padang Batung misalnya. Siswa-siswi di sini yang sebagian besar tinggal di pegunungan, kesulitan mengakses internet jika harus belajar secara online.

“Pembelajaran secara online kurang efektif di SD kami. Sebab berada di daerah pegunungan,” ucap Kepala SD Negeri Batu Bini, Muhammad Sani kepada apahabar.com, Senin (3/8).

Belum lagi untuk membeli paket internetnya. Menurut Sani, ekonomi kondisi pandemi yang berpengaruh pada perekonomian masyarakat, akan menambah beban jika harus membelinya.

“Uang sepuluh ribu saja, mungkin sangat berarti bagi mereka di masa pandemi ini,” ujarnya.

Pihaknya merasa perlu menerapkan sistem ini. Setiap kelas akan didatangi gurunya. Dibagi beberapa kelompok. Sesuai dengan protokol kesehatan, yakni satu kelompok maksimal lima siswa.

Kepala Disdik Kabupaten HSS, Siti Erma bilang latar belakang dilaksanakan Guru Kunjung, karena berbagai kendala yang terjadi saat anak didik melaksanakan pembelajaran online.

“Sebagian besar daerah di Kabupaten HSS tidak memungkinkan untuk melaksanakan pembelajaran secara daring, seperti akses jaringan internet belum memadai,” sebut Siti Erma.

Lalu, sebagian anak didik yang ekonomi keluarganya lemah, tidak memungkinkan untuk terus-menerus membeli paket internet.

Selanjutnya, keluarga atau orang tua tidak mungkin mendampingi anak-anak secara terus-menerus untuk belajar di rumah.

Sebab, orang tua memiliki kesibukan masing-masing seperti mencari nafkah atau bekerja.

“Kita tahu, belajar secara daring sangat tidak efektif, anak-anak sudah mulai bosan. Walau kita sudah bekerja sama dengan stasiun televisi dan radio lokal, tapi ternyata anak-anak mulai bosan juga,” ujar Erma.

Berbagai alasan itulah ucap Siti Erma, yang mendasari para guru memiliki inisiatif untuk melakukan kegiatan guru kunjung.

“Kita mendukung dan mengijinkan para guru, melaksanakan tugas ini dengan syarat sesuai dengan protokol kesehatan,” tuturnya.

Selanjutnya, Siti akan meminta tiap sekolah atau guru, melaporkan kepada Disdik kondisi dan hasil evaluasi selama melaksanakan guru kunjung.

Ia meyakini kegiatan guru kunjung itu menjadi pilihan yang terbaik untuk saat ini.

“Semoga kegiatan ini tidak menimbulkan efek yang negatif untuk anak dan pengajar kita,” pungkasnya.

Editor: Fariz Fadhillah

Reporter: AHC27 - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

HSS

Resmi Dibuka, Wisata Loksado Langsung Dibanjiri Pengunjung
apahabar.com

HSS

KKN di HSS, 98 Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin Diminta Cepat Beradaptasi
apahabar.com

HSS

Safari Ramadan, TP PKK Kalsel dan HSS Gelar Pasar Murah Serta Sunatan Massal
apahabar.com

HSS

Melanggar Protokol Kesehatan di HSS, Denda Ratusan Ribu Menanti

HSS

Baru Dibuka, Diskominfo HSS Pertama Jajal Wisata Balanting Halunuk Loksado
apahabar.com

HSS

Warga Muning Dalam Akhirnya Nikmati Aliran Listrik
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Sebut Bukber Mengukuhkan Silaturahmi
apahabar.com

HSS

Bupati HSS Minta Masyarakat Aktif Sukseskan Pemilu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com