Razia Tambang Batu Gamping di Jaro, Polisi Tabalong Amankan Ekskavator dan Truk Nekat Takbir Keliling di Kalsel, Simak Sanksi yang Bakal Diterapkan Polisi Subuh Hilang Kontak, Seorang Pria di Telaga Biru Banjarmasin Ditemukan Jadi Mayat Dapat Hidayah, Warga Binaan Lapas Balikpapan Ini Ketika Bebas Ingin Jadi Guru Ngaji Simpan Sabu di Lipatan Kasur, Warga Kelayan Banjarmasin Ini Mati-matian Tak Mengaku

Bupati Banjar Ikuti Rakor Nasional Bahas Pengendalian Covid-19, Simak Paparan Mahfud MD

- Apahabar.com Kamis, 27 Agustus 2020 - 21:43 WIB

Bupati Banjar Ikuti Rakor Nasional Bahas Pengendalian Covid-19, Simak Paparan Mahfud MD

Bupati Banjar, H Khalillurrahman didampingi Kepala BPBD Banjar H Irwan Kumar Mengikuti Rapat koordinasi gubernur dan bupati/ walikota se-Indonesia yang digelar secara virtual, di Command Center Barokah Martapura, Kamis (27/8). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Bupati Banjar, H Khalillurrahman didampingi Kepala BPBD Banjar H Irwan Kumar mengikuti Rapat Koordinasi Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia yang digelar secara virtual, Kamis (27/8).

Rapat koordinasi tersebut dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian.

Hadir sebagai narasumber di antaranya Kepala BNPB, Doni Monardo, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Bahrullah Akbar, dan Ketua KPU Arief Budiman.

Pada Rakor tersebut dipaparkan arahan mengenai langkah-langkah pemulihan ekonomi dan kesiapan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.

Dibahas pula persoalan dan dampak dari pandemi di Indonesia, antara lain bagaimana sinkronisasi upaya pencegahan dan percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia, dan bagaimana upaya pemerintah pusat kepada daerah-daerah yang banyak zona merahnya.

“Kita tidak bisa memprediksi kapan Covid-19 ini berakhir. Jika kita tidak siap, maka masalah-masalah sosial pasti akan timbul,” ujar Mahfud MD.

Mahfud menuturkan, sejumlah negara melaporkan adanya penurunan ekonomi, bahkan sebagian mengalami resesi akibat pandemi Covid-19. Resesi dianggap sebagai bagian yang tak terhindarkan dari siklus perekonomian suatu negara.

“Diharapkan semua daerah dapat bersama-sama memerangi wabah Covid 19 ini agar dapat segera terselesaikan. Dan semua akses baik dari roda per ekonomian pendidikan kegiatan kegitan keagamaan bisa kembali pulih dan berjalan dengan normal,” harap Mahfud.

Terkait vaksin, Mahfud MD menyebut pemerintah masih berupaya melakukan riset. “Mengenai vaksin dan obat, pemerintah sedang melakukan riset dan uji laboraturium agar Indonesia bisa mendapatkan keabsahannya,” tutup Mahfud MD.

Sementara Mendagri Tito Karnavian menyampaikan penekanan Presiden Joko Widodo kepada kepala daerah dalam penanganan Covid-19 yang harus memberi kontribusi untuk mengendalikan daerahnya masing-masing.

“Terutama pelaksanaan langkah 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak) untuk masyarakat, dan 3T (testing, tracing, dan treatment) untuk pemerintah,” ujar Tito.

Melalui rakor ini diharapkan pemimpin daerah yang dikoordinatori oleh gubernur masing-masing, dapat saling bersinergi dengan bupati dan walikotanya.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: Hendra Lianor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Operasi Lilin

Kabupaten Banjar

Operasi Lilin Pengamanan Nataru Sampai 4 Januari, Sekda Banjar Pimpin Apel Pasukan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Akses Terhubung, Warga Biih Gembira Angkut Hasil Perkebunan Lancar

Kabupaten Banjar

Porak-Poranda Diterjang Banjir, SDN Sungai Batang Ilir Alami Kerugian Puluhan Juta
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pemkab Banjar Terbitkan Maklumat, Batasi Kegiatan Masyarakat
banjir martapura

Kabupaten Banjar

Bantuan Terus Mengalir untuk Korban Banjir di Kabupaten Banjar
Sampah

Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar Siapkan Agen Perubahan Atasi Masalah Sampah
Syekh M Arsyad Al Banjari

Kabupaten Banjar

Banjir Hampir 4 Bulan, Santri Ponpes Syekh M Arsyad Al Banjari Terpaksa Belajar Sambil Berendam
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Maknai Sumpah Pemuda, Mahasiswa Baca Puisi di Lapangan Murjani Banjarbaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com