Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2020, Morbidelli Pole Position, Rossi Start Ketiga, Live Trans7 KDRT di Kintap Tala: Cemburu, Suami Tebas Leher Istri Tiga Jadwal Krusial Persib di Liga 1 2020 Bulan Oktober, Madura vs Persib, Persib vs Bali United, PSM Makassar vs Persib Resmi, Mendagri Tunjuk Dua Pjs Wali Kota Banjarbaru dan Bupati Kotabaru BREAKING NEWS: Pelantikan Pjs Bupati Kotabaru dan Wali Kota Banjarbaru Segera Digelar

Bupati Banjar Ikuti Rakor Nasional Bahas Pengendalian Covid-19, Simak Paparan Mahfud MD

- Apahabar.com Kamis, 27 Agustus 2020 - 21:43 WIB

Bupati Banjar Ikuti Rakor Nasional Bahas Pengendalian Covid-19, Simak Paparan Mahfud MD

Bupati Banjar, H Khalillurrahman didampingi Kepala BPBD Banjar H Irwan Kumar Mengikuti Rapat koordinasi gubernur dan bupati/ walikota se-Indonesia yang digelar secara virtual, di Command Center Barokah Martapura, Kamis (27/8). Foto-istimewa.

apahabar.com, MARTAPURA – Bupati Banjar, H Khalillurrahman didampingi Kepala BPBD Banjar H Irwan Kumar mengikuti Rapat Koordinasi Gubernur dan Bupati/Walikota se-Indonesia yang digelar secara virtual, Kamis (27/8).

Rapat koordinasi tersebut dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M Tito Karnavian.

Hadir sebagai narasumber di antaranya Kepala BNPB, Doni Monardo, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Bahrullah Akbar, dan Ketua KPU Arief Budiman.

Pada Rakor tersebut dipaparkan arahan mengenai langkah-langkah pemulihan ekonomi dan kesiapan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19.

Dibahas pula persoalan dan dampak dari pandemi di Indonesia, antara lain bagaimana sinkronisasi upaya pencegahan dan percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia, dan bagaimana upaya pemerintah pusat kepada daerah-daerah yang banyak zona merahnya.

Baca juga :  Jaring Warga Tak Pakai Masker, Polres HST Beri Teguran hingga Sanksi Sosial

“Kita tidak bisa memprediksi kapan Covid-19 ini berakhir. Jika kita tidak siap, maka masalah-masalah sosial pasti akan timbul,” ujar Mahfud MD.

Mahfud menuturkan, sejumlah negara melaporkan adanya penurunan ekonomi, bahkan sebagian mengalami resesi akibat pandemi Covid-19. Resesi dianggap sebagai bagian yang tak terhindarkan dari siklus perekonomian suatu negara.

“Diharapkan semua daerah dapat bersama-sama memerangi wabah Covid 19 ini agar dapat segera terselesaikan. Dan semua akses baik dari roda per ekonomian pendidikan kegiatan kegitan keagamaan bisa kembali pulih dan berjalan dengan normal,” harap Mahfud.

Baca juga :  Sepekan Operasi Yustisi di HST, Puluhan Warga Masih Langgar Prokes

Terkait vaksin, Mahfud MD menyebut pemerintah masih berupaya melakukan riset. “Mengenai vaksin dan obat, pemerintah sedang melakukan riset dan uji laboraturium agar Indonesia bisa mendapatkan keabsahannya,” tutup Mahfud MD.

Sementara Mendagri Tito Karnavian menyampaikan penekanan Presiden Joko Widodo kepada kepala daerah dalam penanganan Covid-19 yang harus memberi kontribusi untuk mengendalikan daerahnya masing-masing.

“Terutama pelaksanaan langkah 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak) untuk masyarakat, dan 3T (testing, tracing, dan treatment) untuk pemerintah,” ujar Tito.

Melalui rakor ini diharapkan pemimpin daerah yang dikoordinatori oleh gubernur masing-masing, dapat saling bersinergi dengan bupati dan walikotanya.

Editor: Puja Mandela

Reporter: Hendra Lianor - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kabupaten Banjar

TMMD di Desa Biih Dibuka, Target 30 Hari Selesai
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Selama Pandemi, Aplikasi LAPOR Banyak Terima Aduan Ini
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Keluarga Korban Kesetrum di Martapura Dapat Santunan Puluhan Juta
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Suplai Air di Haul Guru Sekumpul, Pemkab Banjar Serahkan 120 Tandon Air
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar Nilai Penerapan Protokol Covid-19 di Rumah Ibadah Sudah Baik
apahabar.com

Kabupaten Banjar

2 Kampung Tangguh di Kabupaten Banjar Masuk Penilaian Tingkat Provinsi
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Bupati Banjar Minta ASN Jadi Contoh Penerapan Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kabupaten Banjar

Dongeng Legenda Batu Hapu Bawa Meisya Raih Juara Ketiga
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com