PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata Debat Kedua Pilbup Tanbu: SHM – MAR Komitmen Majukan Pelaku UMKM di Bumi Bersujud

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Harus Dicuci

- Apahabar.com Selasa, 11 Agustus 2020 - 07:00 WIB

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Harus Dicuci

Ilustrasi bau sepatu. Foto-iStock

apahabar.com, JAKARTA – Kadang sepatu yang dikenakan mengeluarkan bau tidak sedap. Padahal, tujuan mengenakan sepatu adalah untuk tampil sopan dan menghargai seseorang.

Nah, mari kita mengetahui penyebab dan cara mudah mengatasinya.

Penyebab Bau Sepatu

Penyebab bau tidak sedap ini biasanya ditimbulkan oleh keringat yang dikeluarkan kaki. Meskipun sudah dicuci, bau ini kadang tidak hilang sepenuhnya. Setelahnya, bakteri pada kulit akan tubuh dan memakan keringat. Semakin banyak keringat yang dihasilkan oleh kaki, maka bakteri akan semakin berkembang dikarenakan keringat menjadi penyuplai makanannya.

Jika dibiarkan terus menerus, sepatu yang bau akan berdampak buruk pada penggunanya. Selain dijauhi oleh orang-orang sekitar, bau sepatu mungkin akan merangsang penyakit kesehatan lain seperti jamur pada kaki.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu

1. Cuka

Cuka dengan kadar asam yang tinggi juga efektif untuk membunuh kuman penyebab bau pada kaki. Caranya adalah dengan mencampur gelas cuka dengan 1 baskom air lalu rendam kaki selama 15 menit. Agar mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan cara ini rutin sekali seminggu. Namun, pastikan tidak ada luka terbuka di area kaki sebelum berendam.

2. Kantung Teh

Selain untuk diminum, kantung teh juga dapat digunakan untuk membersihkan kaki. Pilih teh dengan aroma yang tajam. Misalnya teh melati. Cukup gunakan dua kantung teh, lalu rebus dengan satu liter air selama 15 menit. Setelah itu tambahkan 2 liter air dingin dan tuangkan dalam bak atau mangkuk besar.

Rendam kaki selama 30 menit dan lakukan hal ini setiap satu kali seminggu. Asam yang dihasilkan dari kantung teh berguna untuk menutup pori-pori pada kaki sehingga bantu mengurangi jumlah keringat pada kaki.

3. Garam

Selain sebagai bumbu dapur yang ajaib, garam ternyata punya banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya yaitu sebagai alternatif penghilang bau kaki yang menyebabkan sepatu bau.

Garam bisa mengurangi kelembapan pada kaki dan juga membasmi bakteri penyebab bau kaki. Caranya pun sangat mudah. Campurkan garam dengan 1 baskom air hangat lalu rendam kaki selama 20 menit. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang lebih awet.

4. Kopi

Kopi memang biasa dikonsumsi sebagai minuman penghilang kantuk. Namun tidak hanya itu saja, kopi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu yang efektif. Pertama, pastikan sepatu dalam keadaan bersih dan kering. Masukkan bubuk kopi ke dalam sepatu yang telah dibungkus tisu.

Selain menggunakan tisu, kamu juga bisa membungkus kopi menggunakan kaos kaki yang sudah tidak terpakai. Diamkan bubuk kopi semalaman agar memberi hasil yang maksimal pada sepatu kamu.
5. Baking Soda

Selain digunakan untuk bahan campuran pembuatan kue, baking soda juga dapat kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan bau sepatu. Hal ini dikarenakan baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap bau yang tidak sedap.

Caranya cukup mudah, taburkan baking soda ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalaman. Lalu keesokan harinya, bersihkan baking soda di dalam sepatu kamu dengan menggunakan sikat.

6. Minyak Atsiri

Minyak atsiri adalah minyak esensial yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar. Cara menghilangkan bau sepatu dengan minyak ini adalah dengan memberi tetesan minyak atsiri secukupnya ke dalam sepatu.

Tambahkan beberapa lembar kertas ke dalam sepatu untuk mengunci bau minyak atsiri. Diamkan semalaman. Lalu, keluarkan kertas pada pagi harinya.

7. Koran Bekas

Koran bekas bisa menjadi media yang dapat menyerap bau tidak sedap pada sepatu. Caranya, pastikan sepatu dalam keadaan kering. Ambil koran bekas secukupnya, kira-kira cukup untuk membungkus sepatu. Bungkus seluruh permukaan sepatu dengan rapat dan rapi.

Terakhir, simpan sepatu yang sudah dibungkus tadi di tempat yang agak dingin selama semalam atau lebih hingga bau pada sepatu terserap dengan sempurna oleh koran pembungkusnya.

8. Spiritus

Spiritus dapat kamu temukan di toko khusus yang menjual bahan kimia. Caranya, campurkan spiritus dengan air, lalu semprotkan ke bagian dalam sepatu. Dengan cairan yang dikandung spiritus, bakteri penyebab bau akan mati.

9. Masukkan Sepatu ke dalam Kulkas

Cara yang berikut ini mungkin terdengar aneh dan konyol. Namun, sepatu yang dimasukkan ke dalam kulkas atau lemari es akan menghilangkan bau yang tidak sedap. Tapi pastikan orang-orang rumah mengizinkanmu melakukan cara ini. Kamu juga bisa membungkus sepatumu dengan kantong plastik sebelum dimasukkan.

10. Kenakan Kaos Kaki

Nah, untuk cara yang terakhir ini, kamu diwajibkan untuk mengenakan kaos kaki. Pasalnya, kaos kaki bisa menyerap keringat yang dihasilkan telapak kakimu. Namun, sering-seringlah mengganti kaos kaki. Jika kamu jarang mengganti kaos kaki, sepatumu akan tetap mengeluarkan bau tidak sedap karena kaos kaki telah menampung banyak bakteri kaki. (lip6)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Cara Jitu Jaga Kesehatan Selama Berpuasa
apahabar.com

Gaya

Ada Kabar Sedih dari iPhone 12
apahabar.com

Gaya

Demam Sepeda Lipat di Banjarmasin, Intip Kualitas Produk Lokal Ini
apahabar.com

Gaya

Rahasia Ratu Elizabeth II Panjang Umur
apahabar.com

Gaya

Google Akan Batasi Iklan yang Disisipkan Teknologi Ilegal
apahabar.com

Gaya

Tips Menghindari Petir Saat Hujan
apahabar.com

Gaya

Pria Juga Perlu Periksa Payudara Sendiri
apahabar.com

Gaya

5 Kedai Ngopi Asyik di Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com