Enam Bulan Pandemi Corona di Kalsel, ICU dan Ruang Isolasi Makin Sesak Resmi, Sandiaga Uno Dukung Cuncung-Alpiya di Pilbup Tanbu 2020 Bendera RI Rasa Polandia di SKPD Kotabaru, Sore Hari Baru Diturunkan Pulang dari Banjarmasin, 1 Anggota DPRD Tabalong Positif Covid-19 Hasil Liga Inggris, Kalah 3-1 dari Liverpool, Pelatih Arsenal Arteta Langsung Berburu Gelandang Kreatif

CRR di Bawah Nasional, Kalsel Kepayahan Sembuhkan Pasien Covid-19

- Apahabar.com Senin, 10 Agustus 2020 - 13:13 WIB

CRR di Bawah Nasional, Kalsel Kepayahan Sembuhkan Pasien Covid-19

CRR Kalsel masih di bawah nasional. Artinya, tingkat kesembuhan Covid-19 Kalsel masih di bawah rata-rata. Foto ilustrasi swab: apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) disebut masih kepayahan meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19.

“Memang tren kesembuhan pasien Covid-19 di Kalsel semakin menggembirakan, sebab jumlahnya terus bertambah melebihi jumlah pasien yang dirawat dan angka tingkat kesembuhannya atau case recovery rate (CRR) sudah lebih dari 50 persen,” ujar Anggota Tim Pakar untuk Percepatan Penanganan Covid-19 Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Hidayatullah Muttaqin, Senin (10/8).

Namun begitu angka CRR Kalsel masih di bawah nasional. Artinya, tingkat kesembuhan Covid-19 Kalsel masih di bawah rata-rata. Di Kalsel, jumlah pasien sembuh dilaporkan mencapai 3.798 orang. Dengan CRR sebesar 58,63 persen.

Menurutnya, diperlukan waktu yang lama untuk mendapatkan jumlah kesembuhan lebih besar dari jumlah pasien yang dirawat, yaitu 124 hari sejak kasus pertama pada 22 Maret 2020.

Baca juga :  Sah, Bernhard E Rondonuwu Emban Pjs Wali Kota Banjarbaru

Taqin menyatakan perlu waktu 12 hari bagi Kalsel untuk menarik jumlah kesembuhan lebih tinggi dari angka kematian sejak kasus meninggal pertama pada 9 April 2020.

Sementara untuk mengangkat jumlah kesembuhan dua kali lipat dari jumlah kematian diperlukan waktu 20 hari. Sedangkan untuk mencapai jumlah kesembuhan lima kali lipat dari jumlah kematian diperlukan 89 hari dan 107 hari untuk berada pada level 10 kali lipat.

Untuk meningkatkan angka kesembuhan, papar dia, selain peningkatan pelayanan kesehatan termasuk dari aspek psikologi pasien, juga diperlukan kecepatan dalam mendeteksi penduduk yang terinfeksi.

Jika keberadaan penduduk yang terinfeksi Covid-19 cepat diketahui, maka potensi kesembuhan pasien cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan yang terlambat ditangani.

Baca juga :  Bertambah 52 Orang, Kasus Covid-19 di Kalsel 10.289

“Karena itu strategi 3T yaitu test, tracing dan treatment adalah menjadi salah satu kuncinya. Strategi ini juga sangat penting untuk mengisolasi penyebaran Covid-19,” timpal dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM itu.

Kalsel mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah pusat mengingat tingginya angka penyebaran kasus Covid-19. Bahkan, daerah yang hanya berpenduduk 4.303.979 jiwa ini menduduki peringkat ke-6 kasus tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian, dan Penanganan Covid-19 di Kalsel, per 8 Agustus 2020 kasus terkonfirmasi positif di provinsi itu berjumlah 6.617 orang, 2.290 masih dirawat, 4.021 sembuh dan 306 meninggal dunia. (Ant).

Editor: Fariz Fadhillah

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Dari Launching Buku “Bang Dhin Tokoh Inspiratif Muda”, Merekam Perjalanan Panjang Anak Muda Inspiratif
apahabar.com

Kalsel

Perpustakaan Keliling Dispersip Kalsel Sasar RPTRA Banua Anyar
apahabarc.om

Kalsel

Lewat SAKIP, Pemprov Kalsel Tingkatkan Pelayanan Publik
apahabar.com

Kalsel

Wali Kota Banjarbaru Menilai Tepat Relokasi Pasar Bauntung ke Stadion Mini
apahabar.com

Kalsel

Personel Polsek Kintap Tingkatkan Pengamanan Markas Komando
apahabar.com

Kalsel

Sebelum Ditemukan Tewas Tergantung, Yusuf Lebih Sering Diam
apahabar.com

Kalsel

Positif Covid-19 di Tanbu Tambah 10 Orang
apahabar.com

Kalsel

Kampanye Hidup Sehat, PKB Ajak Warga Banjarmasin Gowes
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com