Biang Kebakaran Hebat di Patmaraga Kotabaru Mulai Terungkap Nasib Terkini 505 Warga Korban Kebakaran di Patramarga Kotabaru Hari Ini, 30 Warga Balangan Dominasi Kasus Positif Covid-19 di Kalsel [FOTO] Penampakan Ratusan Rumah yang Terbakar di Patmaraga Kotabaru Kena PHP, Buruh Tebar Ancaman ke Wakil Rakyat Kalsel di Senayan

Daun Salam Ampuh Turunkan Gula Darah Hingga Asam Urat

- Apahabar.com Rabu, 26 Agustus 2020 - 08:00 WIB

Daun Salam Ampuh Turunkan Gula Darah Hingga Asam Urat

Ilustrasi daun salam. Foto-U Report U

apahabar.com, JAKARTA – Punya cita rasa yang khas, daun salam kerap digunakan sebagai penyedap masakan. Ternyata lebih dari itu, daun salam juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Ahli Herbal, dr. Inggrid Tania, M.Si, mengungkap, daun salam salah satunya dapat digunakan untuk menstabilkan atau menurunkan tekanan darah. Hal itu karena, selain bersifat antioksidan, kandungan daun salam juga mampu merelaksasikan pembuluh darah.

Lalu, bagaimana cara membuat ramuan dari daun salam untuk menurunkan tekanan darah? Dokter Inggrid, membagikan resepnya untuk Anda.

“Cara buatnya kita bisa pakai 10 lembar daun salam segar, direbus. Nah, sudah sebenarnya begini aja. Ini takaran untuk sekali minum, airnya dua cangkir, direbus hingga tersisa satu cangkir, kira-kira 15-30 menit. Diminum dua kali sehari,” ujarnya.

Inggrid menjelaskan, jika tekanan darah kita naik sedikit, kita bisa mengonsumsi minuman daun salam tersebut untuk menormalkan. Sedangkan untuk aturan minumnya, baiknya diminum sebelum sarapan dan sebelum makan malam. Tidak hanya itu, ternyata ramuan daun salam di atas juga bisa digunakan untuk menurunkan kolesterol tinggi dan asam urat.

“Kolesterol tinggi juga bisa dengan ramuan yang sama. Asam urat juga bisa, sama ramuannya ini. Karena daun salam itu ada senyawa yang menghambat namanya enzim xantin oksidase, sehingga kadar asam urat dalam darah itu bisa turun,” tutur dia.

Saking kaya manfaat, penyedap masakan ini juga dapat digunakan untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Menurut Inggrid, daun salam memiliki bahan-bahan aktif yang dapat mengurangi kadar gula darah dan menghambat absorbsinya. Berikut resep minuman untuk menurunkan gula darah.

“Kalau untuk menurunkan gula darah kita bisa pakai kira-kira 10 gram yang kering, kalau yang kering zat aktifnya sudah lebih terkonsentrasi. Brotowali kering kira-kira 5 gram. Jadi, kalau orang dengan diabetes, ini baik konsumsi ini,” kata dia.

Inggrid menyarankan, jika ingin digunakan untuk mengobati diabetes, minuman ini hendaknya dibuat untuk konsumsi satu hari saja. Untuk merebus bahan-bahan tadi, gunakan air 800 ml. “Kira-kira airnya itu 800 ml, direbus, nanti tersisa 400 ml, itu buat satu hari. Jadi pagi 200 ml, 200 ml yang sore atau malam,” kata dokter Inggrid. (Viva)

Editor: Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Tips ‘Terlihat’ Senyum Saat pakai Masker
apahabar.com

Gaya

Dengan Aa Gym, Deddy Corbuzier Bicara Kematian
apahabar.com

Gaya

Begini Cara Mudah Memilih Alpukat yang Sudah Matang
apahabar.com

Gaya

Arloji Pintar OPPO Segera Masuk Indonesia
apahabar.com

Gaya

Pecinta Motor Dua Tak: Pembina Brotherhood Of Two Stroke Sebut Dua Tak Juga Punya Kelas
apahabar.com

Gaya

Ratu Elizabeth II Selalu Bawa Tas, Apa Isinya?

Gaya

Adidas Luncurkan Sepatu Yeeze Bost 350 V2 “Zebra”
apahabar.com

Gaya

Ingat! Pakai Ban Serep Jangan Ngebut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com