LSM Laporkan Denny Indrayana ke Bawaslu, Terindikasi Kampanye Jelang PSU Si Jago Merah Ngamuk di Cempaka 7 Banjarmasin, Jemaah Salat Tarawih Berhamburan Tensi Politik Memanas, Bawaslu RI Turun Gunung ke Kalimantan Selatan Buntut Video Guru Wildan, Bawaslu Klarifikasi PWNU Kalsel Resmi! PPKM Mikro di Banjarbaru Kembali Diperpanjang hingga 19 April

Detik-Detik HUT RI, Forkopimda HST Beri Penghormatan Kepada Kusuma Bangsa

- Apahabar.com Senin, 17 Agustus 2020 - 12:49 WIB

Detik-Detik HUT RI, Forkopimda HST Beri Penghormatan Kepada Kusuma Bangsa

Forkopimda HST usai menggelar Upacara Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Kesuma Bangsa, Senin (17/8). Foto-Istimewa

apahabar.com, BARABAI – Memperingati HUT ke 75 RI, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Hulu Sungai Tengah (HST) melaksanakan upacara kehormatan dan renungan suci.

Tepat pada pergantian hari, 16 ke 17 Agustus 2020, pukul 00.00, upacara digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa di Jalan Tanjung Pura Desa Pagat Kecamatan Batu Benawa. Acara beralangsung khidmat saat itu.

Rangkaian kegiatan memperingati Hari Kemerdekaan RI yang dilaksanakan sebelum detik-detik Proklamasi itu, dipimpim langsung Dandim 1002 Barabai, Letkol Inf Muh Ishak H Baharuddin.

Bupati HST, HA Chairansyah mengatakan upacara itu dilaksanakan dengan tujuan mengenang jasa para kusuma bangsa.

Kata Chairansyah, mereka yang gugur di medan perang dalam merebut kemerdekaan, di masa lampau, pengorbanan darah, harta dan nyawa menjadi taruhannya. Semua dilakukan tulus, ikhlas dan sukarela.

“Oleh karena itu, mari kita melanjutkan dan mengisi kemerdekaan ini dengan semangat patriotisme, nasionalisme dan rela berkorban untuk membangun Bumi Murakata menjadi lebih baik,” ajak Chairansyah yang didmpingi Wakilnya, Berry Nahdian Forqan usai apel tersebut.

Sebelumnya, dalam naskah apel kehormatan dan renungan suci yang disampaikan Dandim Muh Ishak, penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur atas keikhlasan dan kesucian pengorbanannya adalah bentuk pengabdian terhadap perjuangan. Tujuanny satu, demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan saudara adalah perjuangan kami pula. Jan kebaktian yang saudara-saudara tempuh adalah jalan perjuangan kami juga,” tegas Dandim saat apel.

Adapun yang gugur dan di kebumikan di TMP Kesuma Bangsa itu di antaranya, TNI AD 2 orang, Polri 2 orang, sipil 6 orang dan pejuang rakyat 79 orang.

Perlu diketahui, upacara dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Yakni, memakai masker serta mengatur jarak antar peserta upacara.

Kegiatan ini juga dihadiri Danyon 621 Manuntung, Paskibraka yang baru dikukuhkan, anggota TNI-Polri, Pramuka dan pejabat di lingkup Pemkab HST.

Editor: Puja Mandela

Editor: Reporter: HN Lazuardi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Suling Pekan Ke-185, Wabup Berry Ingatkan Sanksi Langgar Prokes
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Pemkab HST Ikuti Pelatihan Pengelolaan Keuangan Daerah di LPEM FEB UI

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Rancangan Awal RPJMD HST, Wabup Harap Masukan Masyarakat
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Penanggulangan Covid-19, Pemkab HST Sukseskan Grand Strategi Nasional
Penghargaan

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Sederet Penghargaan dan Bantuan untuk Pendiri HST hingga Korban Bencana

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Dongkrak Ekonomi Masyarakat HST, Puluhan Pengelola Wisata Ikuti Pelatihan
Rancangan RKPD 2022

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Sempurnakan Rancangan RKPD 2022, Bupati Minta Cermati Masalah di HST
apahabar.com

Pemkab Hulu Sungai Tengah

Kepengurusan Baru HIPMI HST 2020-2023, Bupati: Bersinergi dengan Pemerintah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com