Debat Ke-2 Pilbup Tanbu: “Wakil Komitmen” HM Rusli Bikin Bingung Alpiya, Mila Karmila Speechless PN Martapura Putuskan Camat Aluh-Aluh Melanggar Netralitas ASN Kembali, Duta Zona Selatan Batola Memenangi Atak Diang Kawal Pilkada Serentak, Polda Kalsel Komitmen Tegakkan Netralitas Tapin Berpotensi Tinggi di Sektor Energi Terbarukan, Pertanian, dan Parawisata

Dibuka Siang Ini, Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 5

- Apahabar.com Sabtu, 15 Agustus 2020 - 11:29 WIB

Dibuka Siang Ini, Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 5

Ilustrasi Kartu Prakerja. Foto-Net

apahabar.com, JAKARTA – Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 5 dibuka hari ini, Sabtu (15/8). Kuota yang dibuka pada sesi pendaftaran kali ini sama seperti gelombang sebelumnya, yakni 800 ribu peserta.

“Gelombang 5 akan dibuka pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB. Mereka yang belum menjadi penerima Kartu Prakerja dapat mendaftar di Gelombang V,” kata mantan Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Prakerja Panji Winanteya Ruky, Sabtu (15/8).

Untuk mendapatkan akses Kartu Prakerja, calon penerima wajib mendaftarkan diri pada Program Kartu Prakerja. Pendaftaran tersebut dilakukan secara daring melalui laman resmi program Kartu Prakerja.

Namun, sebelum mendaftarkan diri secara daring, calon peserta wajib mempersiapkan beberapa dokumen dan data pribadi, seperti data lengkap diri bersama Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP, nomor telepon aktif, dan email aktif.

Adapun persyaratan utama untuk menjadi calon penerima Kartu Prakerja yakni Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun, serta tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Jika memenuhi ketentuan itu, pendaftar bisa lanjut membuat akun Kartu Prakerja pada situs www.prakerja.go.id. Berikut tahapannya:
1. Masukan nomor ponsel atau alamat email yang aktif
2. Klik kolom Daftar
3. Kemudian pilih menu Metode Verifikasi
4. Masukan kode verifikasi yang diterima baik melalui SMS maupun email
5. Jika selesai, maka pendaftaran berhasil dan pendaftar sudah punya akun Kartu Prakerja

Setelah beres membuat akun Kartu Prakerja, calon penerima manfaat bisa langsung mendaftarkan diri:
1. Masuk ke laman prakerja.go.id, login akun yang sudah terdaftar, dan klik menu Daftar Kartu Prakerja
2. Isi formulir pendaftaran sesuai format yang disediakan
3. Klik Selanjutnya
4. Pendaftar kemudian diminta untuk mengisi tes kemampuan dasar
5. Jika sudah, klik Selesai

Pasca selesai mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar, pendaftar akan menerima pemberitahuan melalui akun yang sudah terdaftar. Jika tidak, pendaftar bisa juga langsung mengecek laman prakerja.go.id melalui akun yang didaftarkan, lalu klik menu Cek Status Pendaftaran.

Jika sudah berhasil memiliki Kartu Prakerja, peserta bisa mengikuti pelatihan. Kemudian, pemerintah bakal memberikan uang insentif sebagai biaya pelatihan yang akan diikuti.

Sementara dalam keadaan tertentu, pendaftaran program Kartu Prakerja dapat dilakukan secara Kuring melalui kementerian/lembaga atau pemerintah daerah (pemda). Keadaan tertentu yang dimaksud meliputi terbatasnya infrastruktur telekomunikasi, dan pelaksanaan kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Hari ini, pendaftaran program kartu pra kerja gelombang IV akan ditutup pukul 24.00 WIB. Selanjutnya pemberitahuan peserta yang diterima dari gelombang IV ini akan diumumkan pada Minggu 16 Agustus 2020 melalui SMS.

Namun demikian, tidak perlu khawatir. Sebab, pendaftaran program kartu pra kerja gelombang V akan dibuka pada Sabtu, 15 Agustus 2020.

“Gelombang V akan dibuka pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020, pukul 12.00 WIB. Mereka yang belum menjadi penerima Kartu Pra Kerja dapat mendaftar di Gelombang V,” ujar Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky dalam keterangan yang diterima Liputan6.com, Rabu (12/8/2020).

Hingga saat ini, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja mencatat jumlah pendaftar kali ini mencapai lebih dari 1,2 juta orang yang datang dari seluruh provinsi. Termasuk yang diusulkan oleh Kemenaker/BPJS-TK. Sementara kuota penerima Kartu Pra Kerja Gelombang IV adalah 800 ribu orang. (lip6)

Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Anak Terpapar Radikalisme di Kalteng akan Diberi Pendampingan
apahabar.com

Nasional

Vonis PTUN Soal Blokir Internet di Papua, Simak Tanggapan Menkominfo
apahabar.com

Nasional

Update Covid-19 di Indonesia: Pasien Sembuh 4.838, Positif Jadi 11.066 Orang
apahabar.com

Nasional

Kerap Lupa dengan Hari Ulang Tahun, Jokowi Syukuri dengan Kerja
apahabar.com

Nasional

Menpora Imam Nahrawi Katakan Akan Patuh Terhadap Masalah Hukum
apahabar.com

Nasional

Harapan Indah untuk Menikah Pupus Akibat Kekasih Diterjang Tsunami
apahabar.com

Nasional

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Kunjungan dan Transit WNA ke Indonesia Dihentikan Sementara
apahabar.com

Nasional

Tingkatkan Pengawasan Akhir Tahun, Bea Cukai Gencar Menindak
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com